5 Momen Unik di Upacara Pembukaan Asian Games 2018

5 Momen Unik di Upacara Pembukaan Asian Games 2018

. 2 min read

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung sukses pada Sabtu (18/08) malam lalu. Acara yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan tersebut bahkan disebut-sebut sangat megah. Saking megahnya, perhelatan ini sempat merajai trending topic, tak hanya di dalam negeri namun juga manca negara lho.

Sepanjang acara berlangsung banyak momen-momen unik yang tersaji. Mulai dari aksi teatrikal arti-artis ibu kota, aksi tari ribuan dancer, hingga kemegahan panggung yang spektakuler. Acara ini juga berhasil menampilkan banyak kejutan, salah satunya penampilan spesial dari Presiden Joko Widodo.

Berikut kami rangkum momen-momen unik nan spesial yang menghiasi upacara pembukaan Asian Games 2018. Apa saja?

1. VT Jokowi

Sebuah momen unik sukses mengawali upacara pembukaan Asian Games 2018. Di awal acara diputarkan sebuah VT (video tape) yang menampilkan perjalanan Presiden Joko Widodo dari Istana Negara menuju Stadion GBK.

Puncaknya di sebuah adegan yang memperlihatkan Jokowi mengendarai motor gede karena terhambat macet. Bak seorang rider sejati, ia pun melakukan freestyle. Dalam perjalanan, Jokowi juga sempat membantu anak-anak sekolah menyeberang jalan.

Penampilan Jokowi pada VT tersebut sukses menjadi bahan perbincangan. Banyak yang memuji, namun tak sedikit pula yang mengkritisi aksinya tersebut. Nah lho, kalau menurut gimana?

2. Tari-tarian dari Sabang sampai Merauke

Upacara pembukaan Asian Games 2018 menampilkan total 21 tarian dengan menampilkan ribuan penari. Beberapa jenis tarian di antaranya adalah Tari Ratoh Jaroe, Tari Sipitu Cawan, Gending Sriwijaya, Tari Piring, dan masih banyak lagi.

Tari-tarian tersebut merupakan garapan dari desainer Rinaldy Yunardy serta koreografer Eko Supriyanto dan Denny Malik. Meski memiliki ciri khas yang berbeda di setiap daerah, namun justru hal itulah yang membuat tarian semakin unik dan indah saat ditampilkan bersama-sama. Hal ini melambangkan persatuan Indonesia yang sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

3. Doa bersama untuk korban gempa Lombok

Satu hal yang tidak terlupakan bahwa terjadinya gempa bumi di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya terjadi menjelang perhelatan Asian Games 2018. Kejadian tersebut telah memakan banyak jumlah korban. Untuk itu, di tengah kegiatan pembukaan Asian Games 2018 terdapat protokol yang memandu penonton untuk mengheningkan cipta sejenak dan mendoakan para korban yang tengah terkena bencana.

4. Persatuan delegasi Korea

Hal yang tidak kalah unik pada saat terjadinya upacara pembukaan Asian Games 2018 adalah terobosan diplomatik baru tentang aksi perdamaian antar bangsa, yaitu antara negara Korea Utara dengan Korea Selatan. Kedua Negara tersebut sebelumnya dikabarkan pernah bersitegang. Namun pada momen ini, mereka tampil dalam satu barisan dalam naungan satu bendera saat parade kontingen. Adegan antara kedua negara tersebut sukses menyentuh hati para penonton yang hadir dan juga dunia.

5. Parade atlet-atlet senior berprestasi

Acara ini juga menampilkan atlet-atlet senior yang pernah berprestasi pada masanya. Perwakilan atlet-atlet senior ini diberi kesempatan untuk membawa bendera Olympic Council of Asia sebagai wujud penghormatan kepada mereka yang pernah mengharumkan nama bangsa.


Itu dia momen-momen unik yang menghiasi perayaan upacara pembukaan Asian Games 2018. Kesuksesan acara tersebut membuktikan bahwa bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan sebuah event berskala internasional, yang tentunya tidak kalah dengan negara lainnya. Setuju?