Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mob Psycho 100: Anak Indigo yang Ingin Hidup Normal

Mob Psycho 100: Anak Indigo yang Ingin Hidup Normal

Mempunyai kemampuan super atau kekuatan berlebih mungkin didambakan semua orang, tapi tidak dengan Shigeo Kageyama. Anak SMP kelas 8 yang biasa dipanggil Mob ini diberkati kekuatan supernatural yang luar biasa. Bisa dibilang Mob adalah anak indigo yang merupakan seorang cenayang dengan kemampuan psikis. Walau ia mempunyai semua kelebihan itu, ia hanya ingin hidup normal layaknya anak SMP yang jago olahraga, berprestasi, serta merasakan cinta remaja.

Hidup Mob selalu diganggu oleh makhluk mistis, seperti hantu atau arwah yang berkekuatan lemah hingga iblis. Karena ia tidak ingin orang-orang sekitarnya terlibat bahaya roh jahat, ia berusaha menekan kekuatannya itu, namun tidak ingin kehilangan kekuatannya pula.

mob
Sumber foto: mariviu.com

Cerita ini berasal dari seri manga web shonen Jepang karya ONE, yang juga pengarang dari serial One Punch Man. Mob Psycho 100 atau Mobu Saiko Hyaku (モブサイコ100) dimuat dalam bentuk web komik melalui Ura Sunday sejak tahun 2012, dan melalui MangaOne milik penerbit Shokagukan dalam format Tankoubon (manga monograf, bukan berseri) pada tahun 2014. Seri manga ini selesai pada tahun 2017 dalam 16 volume.


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Apa yang ingin diceritakan dalam manga ini adalah tentang bagaimana kekuatan yang besar harus digunakan dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, walaupun diri sudah dibekali kekuatan, kita tetap harus mengembangkan diri. Mob berhasil mengendalikan kekuatannya dengan menekan emosi bersama sang mentor di tempat kerjanya, yaitu Arataka Reigen.

Hal yang menjadi menarik pada Mob Psycho 100 adalah saat Mob harus bertarung dengan orang lain yang sama-sama mempunyai kekuatan supernatural. Manga ini juga memperlihatkan bagaimana Mob menyelesaikan konflik tanpa menggunakan kekuatannya untuk menyakiti orang lain, karena memegang prinsip kekuatannya tidak boleh untuk manusia.

Mob Psycho 100 telah memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award pada tahun 2017 untuk kategori shonen manga terbaik. Terbit juga spin-off dari manga ini yang menceritakan kisah sang mentor, dengan judul REIGEN, yang dimuat berseri pada MangaONE sejak tahun 2018-2019.

Manga ini sangat sukses hingga Studio Bones Inc mengangkatnya ke serial anime, dan diadaptasi dalam bentuk live action pada tahun 2018.

Season pertama anime Mob Psycho 100 sudah tayang sejak tahun 2016, dan season keduanya berlanjut pada tahun 2019. Serial anime ini sudah bisa ditonton lewat situs streaming Netflix. Dan setelah sukses dan mendapatkan euforia besar dari para penggemar pada season sebelumnya, banyak yang menunggu-nunggu kelanjutannya pada season ketiga.

Dikutip dari Devdisource.com (25/02/21), sang sutradara, Yuzuru Tachikawa mengatakan bahwa dia sedang mengevaluasi perubahan yang dapat dilakukan pada season ketiga. Tujuannya agar unik dan berbeda dari musim sebelumnya. Mob Psycho 100 season 3 yang rencananya tayang pada bulan April 2022 akhirnya resmi mulai tayang sejak 6 Oktober 2022 kemarin.

Pada akhir season kedua, Mob berhasil mengalahkan lawannya dan mengubahnya menjadi bom hidup. Tapi Mob kehilangan semua kekuatan dan jadi dianggap lemah. Season ketiga akan melanjutkan dari sisi cerita tersebut, dan akan kembali dengan karakter pendukung lainnya, seperti Dimple, Teruki Hanazawa, dan Reign Arataka. Selain itu akan ada karakter baru, yaitu Haruki Amakusa, yang memiliki motif utama untuk memburu aliansi monster spiritual, yaitu Hyakki.

Mob Psycho 100 memiliki salah satu pengembangan karakter terbaik di dunia serial anime dan manga. Karakternya memiliki kehidupannya sendiri dan setiap karakter ditampilkan dalam cahaya yang unik dan detail.

Sinopsis Mob Psycho 100:

Shigeo Kageyama akrab disapa “Mob” dikarenakan ia ‘kurang hadir’ dalam lingkup pergaulan di sekolahnya. Meskipun terlihat seperti orang biasa dan culun, ia adalah anak indigo SMP kelas 8, yang merupakan seorang cenayang, atau esper, diberkati dengan kemampuan psikis.

Semasa mudanya, Ia dapat membengkokkan sendok hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran. Namun, lambat laun Mob yang mempunyai kekuatan luar biasa sering kali kehilangan kesadaran akan kekuatan itu sendiri, hingga akhirnya ia menyadari betapa mengerikannya kekuatannya itu. Akhirnya, ia memilih untuk tidak memakai kemampuannya di ranah publik, lantaran ketakutan akan pandangan negatif masyarakat sekitarnya.

Mob hanya ingin menjalani kehidupan sebagai orang normal seperti yang lainnya, menjadi anak SMP seperti biasa, dan berambisi untuk mengajak kencan dengan primadona sekolahnya, Tsubomi.

Sayangnya, ia selalu terhalang oleh masalah-masalah yang menghampirinya. Bersama dengan sang mentor, Reigen Arakawa, seorang pemburu hantu gadungan, Mob bertualang mencari jati diri menemukan tujuan daripada kehidupannya.

Bagi kamu yang penasaran, baca sekarang yuk komiknya!

Seri Komik Mob Psycho 100

Mob Psycho 100 01

MobBeli Sekarang!

Shigeo Kageyama atau lebih akrab disebut "Mob" adalah seorang anak kelas 2 SMP yang mendambakan kehidupan yang normal namun kelihatannya kehidupan yang didambakannya itu agak sulit diwujudkan karena dirinya memiliki kekuatan supernatural! Banyak sekali orang yang ingin memanfaatkan kekuatannya. Sampai pada suatu hari, 'sesuatu' bangkit dalam diri Mob.

Mob Psycho 100 02

MobBeli Sekarang!

Mob baru saja menghancurkan suatu sekte  mencurigakan bernama 'LOL', sebuah sekte yang dapat membuat pengikutnya tertawa tidak terkontrol. Di sisi lain, ada Teruki Hanazawa atau lebih akrab dipanggil Teru, ketua rahasia SMP lain yang mengalahkan berandalan dari sekolah Mob dengan kekuatan supernaturalnya. Apa yang akan terjadi ketika dua remaja esper yang bertolak belakang ini saling bertemu?

Mob Psycho 100 03

MobBeli Sekarang!

Dalam pertarungan melawan Teru, yang merupakan ketua bayangan SMP Kurozu, Mob yang memiliki prinsip tidak melakukan kekerasan dihajar sampai dirinya pingsan. Saat pertarungan  kelihatannya sudah selesai, 'sesuatu' kembali bangkit dalam diri Mob. Kemudian dimulailah ceritanya Ritsu, adik dari Mob yang sangat mengagumi dan ingin menjadi seperti kakaknya!

Mob Psycho 100 04

MobBeli Sekarang!

Konflik saudara mulai muncul! Mob dan Ritsu akhirnya berselisih. Sang adik yang sangat mengagumi kakaknya yang memiliki kekuatan supernatural. Dirinya tiba-tiba mulai memiliki kekuatan supernatural dan isi hati yang selama ini dipendam oleh dirinya mulai muncul ke permukaan.

Mob Psycho 100 05

MobBeli Sekarang!

Ritsu, adik dari Mob diculik oleh organisasi esper! Mob sedang bertarung sengit dengan seorang esper dewasa namun di akhir pertarungan, esper itu malah menculik adiknya. Demi menyelamatkan adiknya, Mob, Dimple, dan Teru menyusup masuk ke dalam organisasi tersebut namun mereka dihadang oleh sejumlah esper yang dijuluki CLAW. Pertarungan antar esper pun akan dimulai!

Mob Psycho 100 06

MobBeli Sekarang!

Mob dan teman-temannya tertangkap oleh CLAW! Di sana muncul Reigen, sang mentor yang ternyata membuntuti mereka. Mob menjadi bimbang antara kabur atau menyelamatkan teman-temannya. Di tengah perasaan bimbang dan stres itu, apakah Mob akan mencapai 100 dan akhirnya meledak?

Mob Psycho 100 07

MobBeli Sekarang!

Reigen dan Mob kembali lagi bekerja di "Kantor Konsultasi Masalah Roh dan Semacamnya". Mereka bertemu dengan klien yang ingin memecahkan misteri legenda urban seperti kuchisake-onna (wanita bermulut robek), roh  jahat yang mengacaukan ladang, dan sekolah, mengawal orang ke spot hantu, dan sebagainya. Seiring bertambahnya pekerjaan yang mereka terima, Mob juga mulai mengalami perubahan dalam dirinya.

Mob Psycho 100 08

MobBeli Sekarang!

Kali ini Mob berhadapan dengan roh yang sangat jahat dan sangat kuat. Roh yang dihadapinya ini membuat Mob berada di situasi yang sangat genting! Mob dan Reigen pergi ke seorang hartawan untuk membasmi roh jahat yang merasuki anaknya namun ternyata roh jahat tersebut merupakan roh jahat kelas kakap dari cenayang terkenal yang mati membawa dendam. Mob pun harus memisahkan tubuh eteriknya demi menolong putri dari kliennya namun pemisahan tersebut membuat Mob terjebak dalam situasi yang tidak terduga!

Mob Psycho 100 09

MobBeli Sekarang!

Mob dan Reigen kembali ke keseharian mereka setelah menyelesaikan pembasmian roh. Suatu hari, Reigen kelepasan bicara sesuatu yang keterlaluan dan membuat Mob tidak datang ke kantor di hari berikutnya! Hubungan mereka menjadi retak? Di tengah masalah yang dihadapi, Reigen diundang untuk berbicara di televisi tapi suatu masalah terjadi?

Mob Psycho 100 10

MobBeli Sekarang!

Organisasi esper CLAW kembali beraksi dan kali ini berusaha menguasai dunia. Mob yang baru saja menyelesaikan maraton dari sekolahnya pulang ke rumah namun disambut oleh api! Ia pulang dan melihat rumahnya terbakar. Situasi pun menjadi semakin darurat! Anggota eksekutif CLAW yang sedang melakukan teror dengan kekuatan supernatural pun berhadapan dengan Mob dan Teru.


Sumber foto header: HBO Max

Penulis: Almira R. Natasya & Mohammad Fachrul Rozy


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter