Mob Psycho 100: Anak Indigo yang Ingin Hidup Normal

Mob Psycho 100: Anak Indigo yang Ingin Hidup Normal

. 4 min read

Mempunyai kemampuan super atau kekuatan berlebih mungkin didambakan semua orang, tapi tidak dengan Shigeo Kageyama. Anak SMP kelas 8 yang biasa dipanggil Mob ini diberkati kekuatan supernatural yang luar biasa. Bisa dibilang Mob adalah anak indigo yang merupakan seorang cenayang dengan kemampuan psikis. Walau ia mempunyai semua kelebihan itu, ia hanya ingin hidup normal layaknya anak SMP yang jago olahraga, berprestasi, serta merasakan cinta remaja.

Hidup Mob selalu diganggu oleh makhluk mistis, seperti hantu atau arwah yang berkekuatan lemah hingga iblis. Karena ia tidak ingin orang-orang sekitarnya terlibat bahaya roh jahat, ia berusaha menekan kekuatannya itu, namun tidak ingin kehilangan kekuatannya pula.

mob
Sumber foto: mariviu.com

Cerita ini berasal dari seri manga web shonen Jepang karya ONE, yang juga pengarang dari serial One Punch Man. Mob Psycho 100 atau Mobu Saiko Hyaku (モブサイコ100) dimuat dalam bentuk web komik melalui Ura Sunday sejak tahun 2012, dan melalui MangaOne milik penerbit Shokagukan dalam format Tankoubon (manga monograf, bukan berseri) pada tahun 2014. Seri manga ini selesai pada tahun 2017 dalam 16 volume.


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Apa yang ingin diceritakan dalam manga ini adalah tentang bagaimana kekuatan yang besar harus digunakan dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, walaupun diri sudah dibekali kekuatan, kita tetap harus mengembangkan diri. Mob berhasil mengendalikan kekuatannya dengan menekan emosi bersama sang mentor di tempat kerjanya, yaitu Arataka Reigen.

Hal yang menjadi menarik pada Mob Psycho 100 adalah saat Mob harus bertarung dengan orang lain yang sama-sama mempunyai kekuatan supernatural. Manga ini juga memperlihatkan bagaimana Mob menyelesaikan konflik tanpa menggunakan kekuatannya untuk menyakiti orang lain, karena memegang prinsip kekuatannya tidak boleh untuk manusia.

Mob Psycho 100 telah memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award pada tahun 2017 untuk kategori shonen manga terbaik. Terbit juga spin-off dari manga ini yang menceritakan kisah sang mentor, dengan judul REIGEN, yang dimuat berseri pada MangaONE sejak tahun 2018-2019.

Manga ini sangat sukses hingga Studio Bones Inc mengangkatnya ke serial anime, dan diadaptasi dalam bentuk live action pada tahun 2018.

Season pertama anime Mob Psycho 100 sudah tayang sejak tahun 2016, dan season keduanya berlanjut pada tahun 2019. Serial anime ini sudah bisa ditonton lewat situs streaming Netflix. Dan setelah sukses dan mendapatkan euforia besar dari para penggemar pada season sebelumnya, banyak yang menunggu-nunggu kelanjutannya pada season ketiga.

Dikutip dari Devdisource.com (25/02/21), sang sutradara, Yuzuru Tachikawa mengatakan bahwa dia sedang mengevaluasi perubahan yang dapat dilakukan pada season ketiga. Tujuannya agar unik dan berbeda dari musim sebelumnya. Mob Psycho 100 season 3 akan diluncurkan di Jepang pada bulan April tahun depan. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada update lagi pada kelanjutan season ketiga karena terpengaruh pandemi.

Pada akhir season kedua, Mob berhasil mengalahkan lawannya dan mengubahnya menjadi bom hidup. Tapi Mob kehilangan semua kekuatan dan jadi dianggap lemah. Season ketiga akan melanjutkan dari sisi cerita tersebut, dan akan kembali dengan karakter pendukung lainnya, seperti Dimple, Teruki Hanazawa, dan Reign Arataka. Selain itu akan ada karakter baru, yaitu Haruki Amakusa, yang memiliki motif utama untuk memburu aliansi monster spiritual, yaitu Hyakki.

Mob Psycho 100 memiliki salah satu pengembangan karakter terbaik di dunia serial anime dan manga. Karakternya memiliki kehidupannya sendiri dan setiap karakter ditampilkan dalam cahaya yang unik dan detail.

Sinopsis Mob Psycho 100:

Shigeo Kageyama akrab disapa “Mob” dikarenakan ia ‘kurang hadir’ dalam lingkup pergaulan di sekolahnya. Meskipun terlihat seperti orang biasa dan culun, ia adalah anak indigo SMP kelas 8, yang merupakan seorang cenayang, atau esper, diberkati dengan kemampuan psikis.

Semasa mudanya, Ia dapat membengkokkan sendok hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran. Namun, lambat laun Mob yang mempunyai kekuatan luar biasa sering kali kehilangan kesadaran akan kekuatan itu sendiri, hingga akhirnya ia menyadari betapa mengerikannya kekuatannya itu. Akhirnya, ia memilih untuk tidak memakai kemampuannya di ranah publik, lantaran ketakutan akan pandangan negatif masyarakat sekitarnya.

Mob hanya ingin menjalani kehidupan sebagai orang normal seperti yang lainnya, menjadi anak SMP seperti biasa, dan berambisi untuk mengajak kencan dengan primadona sekolahnya, Tsubomi.

Sayangnya, ia selalu terhalang oleh masalah-masalah yang menghampirinya. Bersama dengan sang mentor, Reigen Arakawa, seorang pemburu hantu gadungan, Mob bertualang mencari jati diri menemukan tujuan daripada kehidupannya.

Bagi kamu yang penasaran, baca sekarang yuk komiknya.

Mob Psycho 100 01

MobBeli Sekarang!

Mob Psycho 100 02

MobBeli Sekarang!

Mob Psycho 100 03

MobBeli Sekarang!

Kejutan untuk kamu penggemar Mob, seri keempat akan segera rilis dan sudah dibuka pre-order nya. Pesan dengan klik gambar di bawah ini ya!

Mob Psycho 100 04

MobBeli Sekarang!


Sumber foto header: HBO Max