Metode Catat Materi Belajar yang Efektif

Metode Catat Materi Belajar yang Efektif

. 4 min read

Menerima pelajaran dari guru, mendengarkannya menjelaskan pelajaran, apakah kamu sudah yakin bisa mengingat semuanya dengan baik? Sebaiknya, kamu membuat catatan agar tidak lupa pada hal-hal penting. Dibandingkan mencari-cari materi yang banyak di buku, catatan ini membantu kita untuk menyiapkan bahan ujian dan mudah saat mengulang materi. Apalagi, tulisan tangan dikatakan membuat kita lebih mudah mengingat pelajaran loh.

Agar teknik mencatatmu efektif, ini dia metode-metode yang bisa kamu ikuti:

1. Mind Map / Peta Konsep

Mind
Sumber foto: studytheworldd.tumblr.com

Caranya adalah mengkoneksikan satu topik besar ke topik-topik yang lebih kecil sampai ke akar-akarnya. Metode ini membuat kita berpikir dari satu titik kemudian terpecah ke berbagai arah.

Kamu bisa menuliskan topik utamanya, lalu sub-topik dari poin-poin penting, sub-bab, dan lainnya yang menurutmu penting. Dengan membuat ini, kamu bisa mengerti bagaimana hubungan konsep yang satu dengan yang lain.

2. Cornell / Rangkuman Ringkas

Cornell
Sumber foto: ewafebri.com

Metode ini cara mencatatnya dengan membagi tiga kolom. Catatan ini juga membuat tulisan kita jadi lebih rapih dan terstruktur.

Pada bagian sebelah kanan, untuk mencatat seperti biasanya pada saat di ruang kelas ketika guru menjelaskan. Mulai dari judul, topik-topik, dan hal-hal penting lainnya.

Nah, untuk yang sebelah kiri, diisi dengan istilah-istilah penting, baik tahun, tokoh, atau poin utama lainnya yang bisa kamu buat untuk membantu mengingat materi ketika ingin ujian. Pada bagian ini bisa dilakukan ketika kita mengulas kembali setelah pelajaran di kelas selesai.

Terakhir kolom di bawah, berisi rangkuman atas inti pemahaman kamu dari materi tersebut. Pakai bahasa sendiri ya biar lebih mudah saat dibaca kembali. Kira-kira, caranya seperti gambar di bawah ini yaa.

Cornell
Sumber foto: comprehensionhart.weebly.com

3. Studyblr: Kreasi Catatan yang Indah dan Estetik

Studyblr
Sumber foto: pinterest.com (RecreoViral)

Bagi yang suka menggambar atau doodling, punya teknik handwriting dan lettering yang apik. Catatan ini cocok untuk kamu mengembangkan bakat, sekaligus buat catatan jadi lebih menarik dibaca. Cara ini cukup tren di media sosial, banyak pengguna membagikan foto kreasi catatan mereka yang warna-warni, estetik, dan membuat kita lebih mudah mencerna pelajaran, dengan gambar cerahnya yang tidak monoton.

Karena teknik ini mengedepankan visual yang tidak membosankan ketika dibaca, sebaiknya jangan tulis materi terlalu panjang. Jadikan penjelasannya lebih singkat ke dalam ilustrasi sederhana. Dan gambar tersebut bisa membantu kamu mengingat topik-topik penting, loh.

Oh ya, supaya catatanmu menarik untuk dibaca dan makin semangat belajarnya, jangan lupa buat warna-warni visual catatanmu. Buat yang rapi agar pelajaran lebih mudah dimengerti. Yang biasanya suka mampir ke toko buku untuk pilih-pilih alat tulis lucu tapi di masa pandemi ini jadi sulit keluar, tenang saja.. karena Gramedia.com sudah menyiapkan itu semua.

Deli
Sumber: Gramedia.com

Highlighter ini akan membuat catatanmu semakin terang berwarna. Jadi, hal-hal penting bisa langsung terlihat. Menariknya lagi, kamu bisa dapat langsung 2 highlighter dengan harga Rp4.000-an aja! Beli sekarang di sini.

Standard
Sumber: Gramedia.com

Pasti membutuhkan spidol dong agar tulisan jadi lebih tebal? Kamu bisa dapatkan dari warna merah, biru, dan hitam, dengan harga cuma Rp8.000-an. Klik sesuai warna untuk beli spidolnya yaa.

Standard
Sumber: Gramedia.com

Kebetulan isi tinta pulpen habis? Tinta pulpen warna merah ini sekarang harganya cuma Rp2.000-an. Murah banget kan? Beli sekarang di sini.

Notebook
Sumber: Gramedia.com

Mau buat catatan tentu harus punya bukunya dulu dong. Notebook ini juga lagi ada penawaran menarik, buy 3 get 3, hanya Rp13.500. Coba beli di sini ya.

sticker
Sumber: Gramedia.com

Biar catatanmu semakin menarik, bisa ditambahkan sticker dan postcard book karya Naela Ali. Beli sekarang di sini.

Di kemeriahan Online Book Fair yang sedang berlangsung, selain buku-buku yang di diskon, semua alat tulis di atas juga diskon hingga 70% lho. Tapi ingat, cuma dari tanggal 2-7 Februari 2021.  Jadi beli sekarang yuk sebelum kehabisan dan ketinggalan promonya. Langsung cek di Gramedia.com.


Sumber foto header: unsplash.com