Cara Merawat Buku Agar Tetap Sempurna dan Tidak Rusak

Cara Merawat Buku Agar Tetap Sempurna dan Tidak Rusak

. 3 min read

Buku akan menjadi aset berhargamu yang menyimpan ratusan ilmu pengetahuan yang tak lekang oleh zaman. Tapi sayang, kita sering lupa untuk menjaga buku-buku itu tetap dalam kondisi aman. Bahkan hanya membaca dan asal menyimpannya saja.

Pernah menghadapi kertas yang menguning, cover terkelupas, lembar halaman yang kotor atau terlipat? Yuk, coba rawat bukumu agar tidak rusak dan tetap bisa kita lihat dengan indah pada sudut ruanganmu.

Dikutip dari Kompas.com (17/03/21), berikut cara agar bukumu tetap terlihat sempurna walau dimakan oleh zaman.

Gunakan Sampul

Selamatkan cover bukumu dengan membungkusnya pakai sampul plastik. Hal ini akan menjaga bukumu tetap bersih, tidak terkena debu, dan mencegahnya terkelupas. Coba pilih plastik bening yang lebih tebal dan tidak lengket.

merawat
Sumber foto: thebookielooker.com

Perhatikan cara menyampulnya juga ya, jangan terlalu ketat agar sampul buku tidak ikut terlipat saat kita membuka bukunya. Setelah membeli buku baru, lebih baik kamu langsung membungkusnya dengan sampul ya.

Jaga Kertas Tetap Lurus dan Simpan Berdiri

Alih-alih melipat halaman untuk menandai sudah sampai mana kamu membacanya, lebih baik gunakan pembatas buku agar kertas tidak terlihat lusuh karena terlipat. Selalu simpan bukumu dengan tertutup saat kamu tidak membacanya. Bentuknya bisa dipertahankan lebih lama jika tidak dibiarkan terbuka atau terbalik.

merawat
Sumber foto: refra.eu

Menaruh buku jangan ditumpuk ya, tapi posisikan berdiri. Menumpuk buku hanya akan membuat buku lembab, dan bisa menimbulkan jamur yang membuat kertas jadi saling menempel dan tinta huruf memudar. Posisi buku yang berdiri akan memberikan udara jalan untuk masuk ke sela-sela buku.


Baca juga: Hilangkan Jamur pada Buku Kesayanganmu!


Gunakan Kamper atau Silica Gel

merawat
Sumber foto: yukepo.com

Untuk menjaga kertas agar tidak terkena ngengat atau rayap, kamu bisa menyelipkan silica gel untuk menyerap kelembaban, atau menebar kamper di rak untuk mengusir ngengat dan bau. Bisa juga menggunakan tanaman herba kering tertentu untuk mengusir ngengat.

Perhatikan Tempat Penempatan Buku

Simpanlah buku pada tempat terbuka, agar suhu udara tetap stabil. Tempat yang lembab hanya akan menjadi celah jamur untuk tumbuh. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Suhu ideal untuk mencegah jamur adalah antara 19-22 derajat celcius. Tingkat kelembaban pun harus dijaga pada 44-45% agar halaman tidak mengering.

merawat
Sumber foto: bramblefurniture.com

Sesekali keluarkan buku dari rak dan biasakan menukar letak buku. Biarkan buku menghirup udara bebas sejenak. Bersihkan buku dari debu-debu menggunakan kemoceng atau lap. Biasakan sesekali buka dan baca buku-buku lamamu kembali, agar tiap lembarannya tidak menempel.

Nah, kalau kamu mau menambah koleksi buku, pas banget nih momennya. Karena di Gramedia.com sedang ada Promo Buku Paling Diburu dengan diskon sampai 20%. Sebelum promonya selesai di tanggal 11 April 2021, pilih buku sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini.

promoKlik untuk Puluhan Buku Diskon Lainnya!

Selama bulan April Gramedia.com juga ada flash sale setiap harinya, lho! Yuk, jadi yang pertama tahu koleksi buku flash sale dan langsung masukkan ke keranjang belanja!

promoKlik untuk Ikutan Flash Sale!


Sumber foto header: Unsplash