Merasakan Atmosfir Amerika Latin dari Buku Rekomendasi Ini

Merasakan Atmosfir Amerika Latin dari Buku Rekomendasi Ini

. 5 min read

Amerika bukan hanya New York dengan kemegahan lampu di Times Square atau Patung Liberty. Dari wilayah geografis, kita menurun sedikit ke arah Selatan. Ada banyak sekali kekayaan budaya, kritik politik, dan berbagai kisah peristiwa lainnya dari Amerika Latin yang sangat menarik untuk bisa kita rasakan.

Karya sastra dari Amerika Latin selalu mempunyai sentuhan tulisan magis. Tiap kamu membacanya, kamu akan terhisap masuk dalam dunia baru, dan merasakan POV (Point of View) seru sebagai tokoh yang berada di belahan bumi Latin.

Bagi kamu penyuka sastra dunia, pasti sudah tak asing dengan penulis bernama Gabriel Garcia Marquez atau Miguel Angel Asturias, yang juga peraih penghargaan Nobel.

Tapi untuk kamu yang ingin membaca karya-karya sastra terbaik dari wilayah selatan Benua Amerika ini, berikut Admin rekomendasikan yang patut dimasukkan dalam list TBR (To Be Read) kamu.

Di Tengah Musim Dingin (In the Midst of Winter)

Richard Bowmaster, seorang profesor lanjut usia, menabrak mobil Evelyn Ortega, imigran gelap dari Guatemala, saat badai salju dahsyat terjadi di Brooklyn. Evelyn datang meminta pertolongan Richard ke rumahnya, dan ia tak tahu mesti bagaimana. Ia pun meminta saran kepada Lucia Maraz, penyewa di rumahnya yang berasal dari Chili.

diBeli Bukunya Sekarang!

Insiden tersebut membuat kehidupan ketiga orang ini saling terkait, dan masing-masing mulai menemukan kebenaran tentang betapa mereka telah dibentuk oleh berbagai tragedi yang mereka saksikan. Sementara itu, tanpa disangka Richard dan Lucia menemukan cinta yang sesungguhnya telah lama ada di antara mereka.

Para Peziarah yang Janggal (Strange Pilgrims)

strangeBeli Bukunya Sekarang!

Berisi 12 cerita pendek dengan 192 halaman, buku ini menceritakan tentang kehidupan orang-orang Amerika Latin di Eropa. Ada cerita tentang kemuraman, kegigihan, duka lara, dan aspirasi dalam menjalani kehidupan di negeri asing. Lalu tentang seorang pelacur Brazil yang mulai uzur melatih anjing-anjingnya untuk menangis di makam yang telah dipilihnya untuk dirinya sendiri. Hingga wanita yang mencari nafkah dengan menjual mimpi-mimpinya.

Sang Jenderal di Dalam Labirinnya (The General in His Labyrinth)

Ini adalah kisah politis nan tragis dari Jenderal Simón Bolívar yang berusaha menyatukan sebuah benua. Ia dikenal sebagai El Libertador atau sang Pembebas dan pahlawan yang paling dihormati di negara-negara Amerika Latin, juga di wilayah Barat.

sangBeli Bukunya Sekarang!

Menceritakan tentang perjalanan terakhirnya pada tahun 1830 dari Sungai Magdalena menuju laut, menapaktilasi tempat-tempat dia pernah memperoleh kejayaan, sambil meratapi impiannya yang pupus untuk negeri-negeri Amerika bersatu.

Meski sudah disingkirkan dari kekuasaan, diintai para pembunuh, fisiknya ringkih dan menua sebelum waktunya akibat penyakit fatal, sang Jenderal masih tetap sosok yang sangat berapi-api dan tak bisa ditebak. Menjelang akhir hayatnya, ia berkelana dalam labirin masa lalu yang masih kuat melekat di benaknya, di tengah puing-puing kekuasaannya.

Cinco Esquinas (Lima Sudut)

Dua pasangan kaya raya dari kalangan elite di Lima terlibat skandal seks yang berujung pada pemerasan. Hal ini terjadi di era 1990-an, pada masa pemerintahan Presiden Alberto Fujimori yang korup dan penuh gejolak. Enrique, seorang pengusaha berpengaruh, mendapat kunjungan Rolando Garro, editor tabloid bereputasi buruk.

cincoBeli Bukunya Sekarang!

Garro menyimpan foto-foto cabul Enrique dan memaksanya berinvestasi di tabloid Destapes yang dikelola Garro. Enrique menolak, dan esok harinya foto-foto itu muncul di halaman depan tabloid tersebut. Ketika Garro tewas terbunuh, serangkaian peristiwa terjadi susul-menyusul dan melibatkan berbagai kalangan yang ingin mengungkap maupun menutupi kasus tersebut.

Tuan Presiden (El Senor Presidente)

Mengisahkan diktator keji di sebuah negara Amerika Latin dan rencana-rencana licin untuk menghabisi lawan politiknya. Novel ini dipuji oleh para kritikus, karena penggambarannya yang mencengangkan atas dampak psikologis suatu pemerintahan totaliter.

tuanBeli Bukunya Sekarang!

Mengambil sebagian dari pengalamannya sendiri bekerja sebagai wartawan di bawah situasi politik yang represif, sang penulis mengerahkan segala perangkat sastranya dan memakai banyak penggambaran surealis untuk menunjukkan dampak negara tentara terhadap psikologi individual warganya.

Dalam pidato penerimaan Hadiah Nobel Sastra 1967, Asturias berkata, “Karya saya akan terus mencerminkan suara orang kebanyakan, mengumpulkan mitos-mitos dan keyakinan tradisional mereka, dan pada saat yang sama melahirkan suatu kesadaran universal mengenai problematika Amerika Latin.”

Kekasih Jepang (The Japanese Lover)

Ini kisah cinta rahasia yang bertahan hampir 70 tahun lamanya, namun terpisahkan karena perang dunia. Pada tahun 1939, Alma Belasco tinggal bersama pamannya di rumah besar dan mewah di San Francisco, setelah Polandia jatuh ke tangan Nazi. Di sana, Alma bertemu Ichimei Fukuda, anak laki-laki yang tenang dan pendiam, anak tukang kebun berkebangsaan Jepang. Tanpa diketahui orang-orang, rasa cinta yang lembut mulai berkembang di antara mereka.

kekasihBeli Bukunya Sekarang!

Ketika Jepang menyerang Pearl Harbor, mereka berdua terpaksa berpisah. Ichimei dianggap musuh dan dipindah dengan paksa ke kamp-kamp internir. Sebetulnya, Alma dan Ichimei berulang kali bertemu, namun cinta mereka ditakdirkan untuk selalu dirahasiakan dari dunia.

Puluhan tahun kemudian, Alma tinggal di panti werda di masa-masa akhir hayatnya dan bertemu Irina Bazili yang bekerja di panti tersebut. Irina dan Seth, cucu Alma, jadi berteman dan mereka penasaran oleh sejumlah hadiah dan surat misterius yang dikirimkan kepada Alma. Dari situ sedikit demi sedikit mereka mengetahui tentang Ichimei dan kisah cinta rahasianya bersama Alma.

Cinta di Tengah Wabah Kolera (Love in the Time of Cholera)

Masih dengan cerita cinta yang tak bersama di masa lalu. Hampir 52 tahun berlalu semenjak Fermina Daza menolak cinta Florentino Ariza dan menikahi Dr. Juvenal Urbino. Selama itu, Florentino jatuh ke banyak pelukan wanita, namun cintanya hanya untuk Fermina. Setelah bersumpah setia, Florentino menunggu-nunggu hari ketika ia dapat menjumpai Fermina lagi.

cintaBaca E-Booknya Sekarang!

Ketika suami Fermina meninggal sewaktu mencoba menangkap burung nuri kesayangannya yang kabur ke pohon mangga, Florentino mengambil kesempatan untuk menyatakan cintanya yang abadi kepada Fermina. Tetapi bisakah cinta masa muda bersemi kembali pada masa-masa senja kehidupan mereka?

Pedro Paramo

Demi memenuhi janji terakhir kepada ibunya, Juan Preciado pergi ke Comala untuk mencari ayahnya, Pedro Páramo. Alih-alih menemukan kota yang selalu diceritakan dengan penuh nostalgia kebahagiaan, ia tiba di Comala yang gersang dan ditinggalkan. Namun, Comala tak sepenuhnya mati.

pedroBeli Bukunya Sekarang!

Kota itu dipenuhi bayang-bayang dan gumaman, dan Juan Preciado pun mendengar berbagai kisah muram bagaimana Comala menderita dalam cengkeraman kekuasaan Pedro Páramo. Di celah-celah tipis antara yang hidup dan yang mati, Comala masih didiami penghuni-penghuni terakhirnya yang tak mau dan tak bisa pergi.

Nah, itu dia buku-buku dari sastrawan Amerika Latin yang patut kamu baca. Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com atau langsung baca e-booknya di Gramedia Digital.


Sumber foto header: internationalinvestment.net & Dok. Gramedia.com