Meningkatkan Kualitas Diri dari Buku Fiksi

Meningkatkan Kualitas Diri dari Buku Fiksi

. 5 min read

Siapa yang masih merasa membaca cerita fiksi hanya untuk hiburan semata? Walaupun berisi kisah imajinatif, buku fiksi juga sama-sama memberikan pengetahuan baru untuk kita.

Cerita fiksi berlatar dari imajinasi kreatif, yang tidak secara ketat berdasarkan sejarah atau fakta ternyata bisa membawa manfaat positif. Terlebih untuk pengembangan kualitas diri kita lho. Dari cerita fiksi, penggambaran sang penulis dari berbagai sudut pandang dan lokasi juga bisa membawa kamu dalam memahami banyak arti hidup di dunia ini.

Dikutip dari artikel di Medium oleh Brooke Meredith (08/02/21), mari simak penjelasan bagaimana membaca buku fiksi bisa meningkatkan kualitas diri kita.

1. Fiksi Dapat Mengunggah Empati

meningkatkan
Sumber foto: pexels.com

Dengan membaca buku fiksi, kamu mendapatkan temuan baru dari perspektif, pengalaman dan kehidupan orang lain yang mungkin tidak akan kamu rasakan atau pernah kamu alami sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengerti dan mengetahui perasaan orang lain pada beberapa kesempatan sekaligus. Membaca fiksi juga membuat kita bisa membuka pemikiran dengan memandang dunia dari sisi lain.

2. Memahami Dunia Lebih Baik

meningkatkan
Sumber foto: Shutterstock

Dari buku fiksi, kamu bisa masuk dan merasakan ke semua pengalaman, waktu, dan tempat yang belum kamu ketahui sebelumnya. Kamu bisa mengetahui budaya pada suku atau negara lain, bagaimana rasanya mempunyai penyakit keras, atau seperti apa hidup di era abad 18. Sehingga kamu bisa menambah ilmu baru yang lebih luas.

3. Pikiran jadi Lebih Terbuka

meningkatkan
Sumber foto: Unsplash.com

Fiksi bisa mengubah gagasan kamu tentang dunia, cinta, hingga kehidupan. Alur cerita dan kejutan dalam cerita fiksi bisa memicu kamu jadi lebih open minded. Jika kamu membaca buku dengan sudut pandang yang berbeda, hal itu memperluas perspektif, membuka hati dan pikiran kamu, dan menyebabkan kamu memeriksa kembali atau skeptis akan berbagai hal yang mungkin terjadi di dunia ini.

4. Memberikan Inspirasi Baru

meningkatkan
Sumber foto: Unsplash.com

Membaca cerita dengan karakter yang mengesankan dan mengagumkan, bisa membuat kamu seperti berada di sekitar orang-orang yang menginspirasi. Karena dari situ kamu dapat mengamati bagaimana si karakter mengambil tindakan dan mengambil pilihan akan masalah dalam ceritanya. Kamu pun juga bisa merasa telah bertemu dengan orang yang unik dan menarik, sampai mendapatkan ide-ide baru untuk cara berpikir dan gaya hidup, hanya dengan mengamati karakter tokoh-tokoh dalam ceritanya.

5. Mengurangi Stres

meningkatkan
Sumber foto: healthline.com

Studi dari Journal of College Teaching and Learning mengatakan, membaca buku 30 menit setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan frekuensi detak jantung, dan menurunkan perasaan stres. Sama efektifnya dengan melakukan yoga, loh.

6. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

meningkatkan
Sumber foto: Unsplash.com

Coba kamu baca cerita tentang detektif, misteri, atau kriminalitas. Dengan buku-buku tersebut, otak kamu akan dirangsang dan terlatih dalam pemikiran analitis dan keterampilan observasi. Kamu juga akan jadi lebih baik dalam mengamati, mendeteksi pola, memecahkan masalah, lebih fokus dan teliti, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Nah, ternyata bukan hanya sekadar hiburan, tapi dari membaca buku fiksi kamu bisa meningkatkan kualitas hidup dalam banyak hal, serta bisa memperluas pemikiranmu akan dunia ini.

Berikut rekomendasi buku fiksi anyar yang bisa kamu jajal.

The Rooster Bar

RtheBeli Bukunya

Di Amerika, buku ini masuk di puncak buku terlaris pada akhir 2017 lalu. Buku yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia ini berkisah tentang tiga mahasiswa hukum yang ingin mengubah dunia. Saat mereka akan lulus, mereka menyadari bahwa mereka telah ditipu dan berutang sangat banyak untuk biaya kuliah di sekolah hukum yang mutunya sangat jelek. Pemilik sekolah juga pengelola hedge fund yang memiliki bank dengan spesialisasi pinjaman untuk mahasiswa, dan ketiga kawan itu pun menyadari telah terjebak dalam penipuan. Ikuti jalan ceritanya untuk mengetahui cara mereka keluar dari hutang dan membeberkan penipuan tersebut.

7 Tahun Kegelapan (7 Years of Darkness)

7Beli Bukunya

Kisah mengerikan 7 tahun lalu yang belum berakhir. Berawal dari ditemukannya seorang anak tewas di Danau Seryeong yang terkenal angker, tersimpan rahasia gelap dari ayah anak tersebut dan dua petugas keamanan. Bentrokan terjadi di waduk yang mengakibatkan tragedi massal, salah satu petugas keamanan tersebut ditahan atas tuduhan pembunuhan. Selama tahun-tahun berikutnya, Choi Seo-won hidup di balik bayang-bayang kejahatan ayahnya dan ada seseorang yang selalu mencoba menguak identitasnya sebagai anak seorang pembunuh. Suatu hari ia menerima paket yang konon akan mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di Danau Seryeong.

Armada Matahari

armadaBeli Bukunya

Berlatarbelakang sejarah tentang kepiawaian diplomasi Syamsuddin atau Laksamana Cheng Ho dalam merintis jalur perdagangan yang kini dikenal sebagai Jalur Sutra (The Silk Road). Dengan sikap, tutur kata, dan kecerdasannya yang mampu menaklukkan para pembesar dan orang terpandang dalam pembukaan jalur perdagangan baru. Upaya Syamsuddin tak selalu mulus, ada perebutan kekuasaan, perseteruan antar-kabilah, serta fitnah yang dilancarkan membuat upaya ini kian pelik. Kamu bisa mendapatkan inspirasi baru dari Syamsuddin dalam menunjukkan kemampuan berdiplomasi dan membangun kepercayaan dari buku ini.

Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Buket Bunga Kematian

kisahBeli Bukunya

Enola memutuskan menyamar jadi wanita cantik untuk mencari Dr. John Watson yang menghilang. Sherlock dan Mrs. Watson juga berusaha mencari keberadaan sang dokter, namun tidak menemukan petunjuk yang berarti. Kecuali sebuah buket bunga misterius yang dikirimkan ke kediaman Watson, sejak hari di mana ia menghilang. Apakah Enola dapat menemukan sang dokter, saat Mycroft mengetahui sesuatu tentang penyamarannya selama ini?

Dosenku Suamiku

dosenkuBeli Bukunya

Dira, mahasiswa yang tetap harus lapang dada karena ponsel kesayangan barunya jatuh dan rusak karena menabrak Pak Rey, dosennya yang bersifat dingin. Saat meminta dibelikan lagi ponsel dengan ayahnya, Dira malah harus menyetujui syarat konyol dahulu, yaitu menikah dengan pria yang dipilihkan sang ayah. Dan ternyata, pilihan Ayahnya adalah dosen di kampusnya yang menyebabkan ponsel Dira rusak. Bagaimana kisah kelanjutannya? Apakah Dira akan mengikuti syarat sang ayah? Cari tahu yuk dari buku yang merupakan karya dari Wattpad, yang sudah dibaca hingga 40 juta kali.

Psst, masih banyak pilihan buku fiksi rekomendasi dan terpopuler yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Mulai hari ini sampai 14 Februari 2021, belanja dan melakukan pembayaran menggunakan OVO, kamu akan mendapatkan cashback 50% maks Rp10.000 ke OVO Points kamu untuk pembelian seluruh buku terbitan Gramedia. Asyik banget kan?

Selamat membuka wawasan baru!👐📖


Sumber foto header: Goalcast