Mengenang Lagu-Lagu The Beatles dalam Film

Mengenang Lagu-Lagu The Beatles dalam Film

. 3 min read

Kalau bicara musik dari masa ke masa, tentunya perlu memasukkan salah satu grup legendaris The Beatles. Karena tanpa The Beatles, musik dunia akan kehilangan satu warna uniknya.

Kebetulan hari ini, 22 Maret, merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi The Beatles. Tepatnya pada 22 Maret 1963, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr untuk pertama kalinya merilis album mereka yang bertajuk Please Please Me.

Usai perilisan album pertama ini, langkah The Beatles terbilang mulus. Di era pertengahan 60-an, mereka berjaya dengan lagu-lagunya, seperti Strawberry Fields Forever. Hingga di awal 70-an mereka merilis Let It Be.

Sayangnya, band legendaris ini harus berakhir dengan perpecahan dan tragisnya di akhir Desember 1980, salah satu anggota mereka, John Lennon tewas dibunuh.

Namun, tahukah kalian jika hingga kini, nama The Beatles masih terus dikenang dan menjadi inspirasi banyak karya di luar musik. Misalkan saja lima film di bawah ini yang terinspirasi dari lagu-lagu The Beatles.

Film-film ini juga sebagai bentuk mengenang karya-karya John Lennon dan kawan-kawan. Apa saja film-film tersebut? Berikut daftarnya.

1. I am Sam

I
Sumber: Amazon

Film ini masuk menjadi salah satu nominee Grammy Award, untuk kategori soundtrack. Tentunya lagu-lagunya berasal dari The Beatles.

Filmnya sendiri dirilis 2001 lalu, bercerita tentang perjuangan sorang ayah untuk mendapatkan hak asuh putrinya. Sayang film ini, tak mendapat banyak pujian, karena dianggap kurang kuat dalam cerita dan penggarapannya.

2. The Rutles 2: Can't Buy Me Lunch

The
Sumber: Amazon

Dari judulnya saja pasti sudah bisa ditebak jika film yang dirilis pada 2005 lalu ini masih berkaitan dengan band rock british bernama The Rutles. Lalu apa hubungannya dengan The Beatles?

Pasalnya di salah satu album The Rutles, memiliki kesamaan dengan sampul album yang dimiliki oleh The Beatles, dan saat itu menarik perhatian pecinta musik. Di film ini sedikit dibahas mengenai hal tersebut.

3. Across The Universe

Across
Sumber: Amazon

Film musikal ini akan dimanjakan dengan lagu-lagu dan set yang memang menunjang alur cerita. Meski beberapa menganggap film ini mudah ditebak, tapi musik dan koreografi di dalamnya menghibur, khususnya bagi penggemar The Beatles.

Pasalnya film ini dirilis pada 2007 lalu ini memang menggunakan lagu-lagu The Beatles yang sudah dikuratori sejalan dengan kisah di dalam film.

4. Beatles

Beatles
Sumber: Imdb

Film produksi Norwegia ini sudah dirilis pada 2014 lalu. Ceritanya ditulis oleh Lars Saabye Christense.

Bercerita tentang lima pelajar laki-laki yang tinggal di Oslo. Mereka memiliki kesamaan, yaitu sama-sama penggemar berat dari The Beatles.

5. Yesterday

Yesterday
Sumber: Amazon

Film ini bergenre komedi musikal, disutradarai oleh Danny Boyle dan Richard Curtis sebagai penulis skenarionya. Ini adalah film layar lebar terbaru yang terinspirasi dari The Beatles, yang rencananya akan rilis Juni 2019 mendatang.

Ceritanya cukup unik, tentang seorang musisi yang mengalami kecelakaan. Ketika terbangun, ternyata hanya dirinya yang mengingat tentang The Beatles.


Selain kelima film di atas, masih banyak lagi film yang berkaitan dengan The Beatles, termasuk film dokumentari tentang mereka. Ingin lebih banyak tahu lagi tentang The Beatles, bagaimana kalau langsung membaca dari buku-buku tentang mereka? Yuk langsung pesan di Gramedia.com, atau langsung klik gambar di bawah ini.

Mengenang

Dapatkan bukunya di sini >>

Mengenang

Dapatkan bukunya di sini >>


Sumber foto header: bbc.co.uk