Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mengenali Diri melalui Self Love Journaling

Mengenali Diri melalui Self Love Journaling

Hidup tak luput dari mencari jati diri. Tak jarang juga kita bingung mengenali diri sendiri karena banyaknya tuntutan dari masyarakat, apalagi setelah hadirnya media sosial, yang memungkinkan kita melihat kehidupan orang lain. Hal-hal ini mempengaruhi dirimu sendiri sebagai halangan untuk menjadi dan mencintai dirimu seutuhnya. Namun, bukan hidup namanya kalau kamu tidak belajar untuk mengenal dirimu dari segala sisi.

Ketahuilah, bahwa kamu punya banyak kelebihan dan keunikan yang bisa kamu eksplorasi. Ada banyak cara untuk lebih mengetahui dan mencintai dirimu sendiri. Self love journaling adalah salah satunya. Self love journaling juga sedang populer di kalangan orang-orang yang sedang fokus untuk mengembangkan diri sendiri. Self love journaling disebut sebagai salah satu media yang bermanfaat untuk merawat kesehatan mental, mencari jati diri, dan mencintai diri sendiri.

Banyak juga orang-orang terkenal yang melakukan self love journaling, mulai dari Ernest Hemmingway, Thomas Edison, hingga mantan presiden Amerika, Ted Roosevelt. Terkadang, journaling membantu karir dan mengembangkan mereka diri juga, seperti Ernest Hemmingway yang selalu menulis dan mencatat ide-ide yang ia miliki untuk dikembangkan dan Ted Roosevelt yang mempelajari self acceptance. Apa saja manfaat self love journaling?

Simak di bawah ini, yuk!

Manfaat Self Love Journaling

Mengolah Stress

Untuk kamu yang rawan dengan stress, kamu bisa coba journaling untuk melepas keluh kesahmu. Dengan menuliskan pengalaman dan perasaanmu, kamu bisa melihat penyebab stress (stressor) kamu dengan lebih jernih. Selain itu, dengan menuliskan semua hal di jurnalmu, kamu dapat mengatasi perasaan buruk yang tak kunjung hilang dengan lebih baik.

Sumber: freepik.com

Memperbaiki Kondisi Fisik dan Mental

Kebiasaan yang baik bisa membuat kehidupanmu lebih baik lagi. Mencatatkan semua aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari di jurnal bisa membantumu untuk memperbaiki fisik dan mental. Dari jurnalmu, kamu bisa merefleksikan kebiasaan-kebiasaan buruk dan menanam kebiasaan yang lebih baik lagi.

Selain itu, lewat journaling, kamu bisa menjadi lebih produktif. Journaling bisa bantu kamu merencanakan aktivitas-aktivitas yang akan kamu lakukan untuk beberapa waktu ke depan.

Merekam Perubahan Kondisi dan Meningkatkan Perasaan Positif

Semua orang pasti ingin menjadi lebih baik dalam melakukan suatu hal. Journaling bisa membantumu dalam hal ini. Dengan mencatat perkembanganmu lewat journaling, kamu bisa merekam kondisimu. Kamu bisa mengecek apa yang mempengaruhi kondisimu dan apa saja yang membuat kamu merasa lebih baik. Kamu juga bisa belajar untuk mempertahankan kondisimu dengan mengamati perkembanganmu.

Sumber: freepik.com

Mengeksplorasi Keinginan dan Tujuan Hidup

Kamu butuh banyak eksplorasi untuk mengetahui lebih dalam tentang kehidupanmu. Untuk melakukan hal ini, seseorang harus belajar lebih dalam lagi tentang keinginan mereka. Journaling menyediakan tempat untuk merefleksikan pilihan-pilihan penting dan makna kehidupan di hidupmu. Kamu bisa menggali lebih dalam apa yang ingin kamu lakukan ke depan dan menguatkan pencarian makna kehidupan yang lebih dalam.

Belajar Lebih Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri itu tidak pernah mudah, apalagi bila kamu membuat banyak kesalahan selama kamu hidup. Hidupmu akan terasa lebih tenang kalau kamu belajar untuk berdamai dengan kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu. Journaling membantumu untuk menumpahkan keresahan dan merefleksikan perbuatanmu. Kamu bisa antisipasi perasaan negatif dan perbuatan yang buruk.

Nah, journaling pastinya bisa membantumu untuk lebih mengenal diri sendiri dan menjaga kesehatan mentalmu. Mau mencoba journaling dengan buku jurnal yang bisa memotivasi kamu untuk bekerja atau belajar? Kamu bisa coba beli buku Self Love Journaling dari Stress Management Indonesia!

Self Love Journaling dari Stress Management Indonesia

Dirancang dengan pendekatan berbasis sains, buku Self Love Journaling dari Stress Management Indonesia ini merupakan journal yang tepat untuk kamu yang ingin memulai perjalanan mencintai diri sendiri dengan cara journaling.

Selama 6 bulan, journal ini akan menjadi teman kamu dalam berbagi keseharian kamu. Tidak hanya berisi pertanyaan harian yang berguna untuk mencatat aktivitas kamu, buku ini juga berisi afirmasi positif yang dapat membantu kamu healing.

Sumber: Dok. Gramedia

Buku ini merupakan journal yang interaktif dan praktis. Disusun oleh para ahli dalam bidang kesehatan mental dan wellness, Self Love Journaling memfokuskan diri kamu pada pengembangan potensi diri, peningkatkan kepercayaan diri, serta penerimaan diri.

Desainnya yang menarik dan user-friendly juga menjadi nilai tambah bagi journal ini. Dengan mengikuti panduan pengisian journal, kamu diharapkan untuk mencapai kesejahteraan emosional, mental, dan spiritual, untuk menjalani kehidupan yang seimbang dan bahagia.

Sumber: Dok. Gramedia

Wah, menarik banget, kan, Grameds?😍

Tidak hanya berguna, jurnal cantik ini juga bisa kamu dapatkan dengan harga murah meriah, yaitu Rp150.000,00!

Buku Self Love Journaling ini merupakan salah satu new arrival item yang bisa kamu dapatkan di beberapa Gramedia store, yaitu:

  1. Gramedia Bogor Botani Square
  2. Gramedia Emerald Bintaro
  3. Gramedia Central Park
  4. Gramedia Emporium Pluit
  5. Gramedia Pondok Indah
  6. Gramedia Mall Puri Indah
  7. Gramedia Matraman
  8. Gramedia Gandaria City
  9. Gramedia Puri St Moritz
  10. Gramedia AEON BSD

Segera dapatkan buku Self Love Journaling di toko Gramedia kesayangan kamu, dan mulailah perjalanan mencintai diri sendiri lewat setiap lembarnya!💓

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Dok. Gramedia

Editor: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter