Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mengenal K-Pop di Masa Dahulu, Kini, dan Nanti Lewat Komik Why

Mengenal K-Pop di Masa Dahulu, Kini, dan Nanti Lewat Komik Why

BTS, EXO, SEVENTEEN, BLACKPINK, TWICE, ITZY. Nama-nama idol group ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K-Pop. Selain mereka pun, masih ada banyak idol group baik cowok, cewek, maupun campuran yang aktif di dunia musik Korea yang kini semakin mendominasi dunia musik internasional.

Masyarakat dunia mungkin belum lama mengenal K-Pop, namun ternyata K-Pop telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum lahirnya BTS, BLACKPINK, dan idol group lainnya yang sangat dikenal saat ini, dunia musik Korea di tahun 1990-an telah lebih dahulu diwarnai oleh idol group seperti H.O.T., Sechs Kies, S.E.S., juga Fin.K.L., yang mungkin cukup asing namanya bagi penggemar K-Pop saat ini. Bisa dibilang, merekalah yang menjadi akar dari perkembangan K-Pop.

martin
Sneakpeak Why? K-POP (Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo)

K-Pop, atau Korean Pop Music lahir dari fenomena Hallyu (gelombang Korea) di wilayah Asia Timur pada akhir tahun 1990-an. Tapi ternyata, tidak semua musik populer Korea dianggap sebagai K-Pop. Sebab, yang menciptakan dan menggunakan istilah K-Pop justru bukan orang Korea. Singkatnya, ‘K-Pop’ adalah ‘musik populer Korea yang didefinisikan oleh orang asing’, atau bisa juga disebut sebagai ‘genre musik global yang lahir di Korea’.

Kemunculan K-Pop pun kemudian menjadi nuansa baru bagi pencinta musik. Aliran musik ini semakin sukses menembus pasar Asia yang lebih luas setelah tahun 2000-an. Apalagi dengan kemunculan lagu ‘Gangnam Style’ yang dinyanyikan oleh PSY.

Dunia pun tiba-tiba seakan tersihir oleh irama dan tarian lucu yang dikenal sebagai ‘tarian kuda’ ala PSY. Ketenaran K-Pop yang diperkirakan akan langsung berakhir hanya dengan satu lagu hit, kini justru berhasil berdiri tegak di pasar musik dunia dalam 20 tahun.

Bukti kesuksesan dan kepopuleran K-Pop adalah dianggapnya aliran ini sebagai aliran baru dengan pencapaian yang paling mencolok mata di industri musik dunia abad ke-21. Di tahun 2017, tangga lagu Billboard yang paling dipercaya publik dan terkenal di seluruh dunia bahkan membuat ‘tangga lagu K-Pop’.

Selain itu, situs penyedia musik dunia juga membuat kategori ‘K-Pop’ secara terpisah. Begitu pula dengan media sosial global seperti Twitter dan YouTube yang menekankan secara resmi bahwa mereka bekerja sama dengan industri K-Pop.

Kesuksesan K-Pop tidak hanya membuat musik dan para idolnya dikenal luas, bidang lain seperti budaya, pariwisata, bahasa, film, drama, hingga makanan Korea pun kini semakin menarik perhatian masyarakat dunia. Jumlah orang yang mempelajari bahasa Korea dan yang mengunjungi Korea juga terus meningkat setiap tahunnya.

martin
Sneakpeak Why? K-POP (Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo)

Apa sih yang sebenarnya membuat dunia menggilai idol K-Pop dan musik mereka? Apa rahasianya hingga K-Pop dapat menjadi salah satu bagian utama dalam dunia musik internasional? Lalu bagaimanakah masa depan K-Pop?

Penerbit Elex Media Komputindo mengulasnya secara lengkap dalam ‘Why? K-POP’, sebuah buku tentang K-Pop yang dihadirkan dalam format komik.

KpopBeli, Baca, dan Koleksi Sekarang!

Buku ini akan mengungkapkan rahasia para idol group dan musik mereka, pesona yang menarik hati para penonton, perjalanan gelombang ini hingga menjadi bagian dari sejarah musik dunia, serta rekor apa saja yang telah dicapai oleh BTS, idol group Korea paling terkenal saat ini!

Masih ada banyak seri lainnya yang memudahkan anak-anak mengetahui banyak hal tentang pengetahuan, cek di sini >>> Seri Why?

Koleksi semua serinya dan jangan sampai ketinggalan diskon spesial yang ada di Gramedia.com! Cek semua promo dari diskon hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Oleh: Diana Hayati, Editor Komik Pendidikan – Penerbit Elex Media Komputindo

Sumber foto header: Dok. Elex Media Komputindo


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus