Berkenalan dengan Nagini Sebelum Muncul di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

Berkenalan dengan Nagini Sebelum Muncul di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

. 3 min read

Nama Nagini ramai diperbincangkan saat sosoknya akan diekspos dalam porsi besar di film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, yang rilis pada 16 November 2018 ini.

Sebelumnya, Nagini memang sudah dimunculkan dalam buku berseri Harry Potter ataupun di filmnya. Namun, di sepanjang seri Harry Potter, sosok Nagini masih menjadi misteri.

Nagini, yang nantinya diperankan oleh aktris Claudia Kim, selama ini hanya diceritakan sebagai seekor ular kesayangan Lord Voldemort.

Kini, sosok Nagini tak lagi hanya seekor ular. Di film ini, Nagini dikisahkan sebagai seorang perempuan yang terlahir dengan darah yang dikutuk, dan satu waktu kutukan itu membuatnya berubah menjadi hewan secara permanen.

Lalu apa yang terjadi dengan Nagini sampai dirinya berakhir menjadi hewan kesayangan Voldemort sekaligus menjadi salah satu Horcrux? Mungkin pertanyaan ini akan terjawab di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

NAGINI
Source: TeenVogue

Namun sebelum kisah Nagini terungkap, mari kembali menengok dan berkenalan dengan sosok Nagini dilihat dari kemunculannya di buku-buku berseri The Harry Potter. Berikut potongan kisah-kisahnya.

1. Pertama kali muncul di Harry Potter and The Goblet of Fire

Saat itu Nagini diceritakan tengah menyerang muggle bernama Frank Bryce. Di sini juga diketahui bahwa Nagini dan Lord Voldemort saling terhubung.

Hal lebih mengejutkan juga terungkap, bahwa Voldemort dengan sengaja memanfaatkan Nagini untuk tetap bisa bertahan hidup dan mengumpulkan kekuatannya.

2. Punya ikatan erat dengan Voldemort

Mengingat Voldemort adalah Parselmouth alias bisa berbahasa ular, mereka pun bisa saling berkomunikasi. Karena itu mereka menjadi sangat dekat dan bahkan bisa bertelepati.

Salah satu komunikasi mereka bisa dilihat saat Arthur Weasley diserang di seri Harry Potter and the Order of the Phoenix. Keduanya memiliki keterikatan luar biasa yang tak terbayangkan. Itu sebabnya Voldemort menjaga Nagini tetap berada di dekatnya.

3. Perpanjangan tangan Voldemort saat mencabut nyawa orang

Voldemort bisa memerintahkan Nagini langsung atau bahkan bisa merasukinya. Banyak tokoh penting yang menderita karenanya.

Hal paling nyata saat Voldemort enggan membunuh Severus Snape secara langsung. Voldemort cukup melepaskan Nagini untuk membunuh Snape, seperti yang diceritakan di seri Harry Poter and the Deathly Hallows.

4. Tak bisa kembali menjadi manusia, namun bisa menyamar

Beberapa kali Nagini muncul di sepanjang seri The Harry Potter, namun salah satu yang paling menonjol adalah saat Nagini menyamar menjadi Bathilda Bagshot.

Saat itu Harry Potter bersama Hermione mengunjungi Bathilda Bagshot dan tak menyadari jika Bathilda telah meninggal.

Di saat Harry Potter dan Hermione lengah, Nagini pun membuka kedok aslinya dan berubah wujud menjadi ular.

NAGINI
Source: harrypotter.wikipedia

5. Wujud Nagini erat dengan sisi kegelapan

Bagi fans Harry Potter tentunya sadar Nagini hanya satu dari sekian ular yang muncul di sepanjang cerita. Bahkan Basilisk di seri Harry Poter and the Chamber of Secrets juga berupa seekor ular yang dipelihara Salazar Slytherin untuk membunuh mereka yang terlahir dari para muggle.

Tanda kegelapan Voldemort juga mengandung unsur ular, berupa tengkorak yang dilengkapi dengan lidah ular. Tak lupa leluhur Voldemort, keluarga Gaunts, memiliki lambang ular di pintu tempat tinggalnya.

6. Sangat istimewa bagi Voldemort

Nagini bukan hanya Horcrux yang terakhir dihancurkan, namun juga terakhir dibuat. Karena itu, Voldemort benar-benar menyiapkan perlindungan ekstra untuk Nagini.

Saat Nagini dalam bahaya, Voldemort membuatnya terbungkus dalam selaput tembus pandang seperti bola. Perlindungan itu membuatnya aman dari serangan apapun.

Hal itu menjadi tanda bahwa Harry Potter perlu dibuat mati hingga Voldemort akan merasa aman. Kemudian dia melepaskan Nagini dari perlindungan tersebut.

Di saat Voldemort lengah, Harry Potter menugaskan Neville untuk menghancurkan Horcrux terakhir tersebut.

7. Bukan animagus

Buat fans Harry Potter pasti tahu jika ada penyihir yang bisa mengubah dirinya menjadi hewan yang diinginkannya, dan kemudian kembali ke wujud semula. Penyihir tersebut disebut animagus.

Nah, Nagini bukan seperti penyihir tersebut. Karena sebagai maledictus, yang darahnya dikutuk, di satu waktu, Nagini tak bisa mengubah dirinya ke bentuk semula untuk selamanya.

Jadi, jangan lagi salah ya membedakan animagus dan maledictus!

NAGINI
Source: Youtube

Penasaran dengan sosok Nagini di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald? Kamu harus sabar karena film ini baru akan tayang pada pertengahan November 2018.

Sambil menunggu filmnya tayang, nggak ada salahnya baca-baca buku terbaru dari J.K Rowling terlebih dahulu, yang berjudul Harry Potter and the Cursed Child.

Buku yang diadaptasi dari naskah skenario ini akan bercerita tentang kehidupan Harry Potter dewasa yang telah memiliki 3 anak. Buku ini berfokus pada kisah anak keduanya, Albus Severus Potter. Ulasan bukunya bisa kamu baca di sini.

Buat kamu yang ingin membeli bukunya, bisa langsung pesan di Gramedia.com.

HARRY POTTER


Header image source: Pottermore.com