Menentukan Buku yang akan Dibaca Selanjutnya dengan Tepat

Menentukan Buku yang akan Dibaca Selanjutnya dengan Tepat

. 5 min read

Setelah selesai membaca buku, pernah merasa bingung harus lanjut baca buku apa lagi? Ketika banyak buku bagus dengan tanggal rilis secara bersamaan, jadi galau pilih buku mana yang harus dibaca duluan. Atau tertarik sama satu buku yang sampulnya bagus, tapi ternyata saat dibaca tidak sesuai ekspektasi? Jika rasanya itu kamu banget, ini dia tips yang bisa bantu kamu lebih mudah memilih buku untuk dibaca selanjutnya.

Pilih Buku yang Kamu Sukai

Menentukan
Sumber foto: Unsplash

Pilih di sini, maksudnya adalah pilih berdasarkan dari genre apa yang kamu suka. Apakah sampul dan blurb-nya (tulisan di balik buku) menarik perhatian kamu, atau mungkin penulisnya yang buat kamu tertarik. Biasanya kalau kamu sudah suka dengan salah satu penulis, maka kamu akan lebih mudah memahami ide dan gaya penulisannya.

Ternyata banyak buku yang mau kamu baca? Kamu bisa coba lakukan “Only-Option Test”. Pertanyakan pada diri kamu sendiri, “jika hanya ada buku ini yang tersisa, apakah buku itu akan membuat aku senang?”. Lalu pisahkan buku tersebut berdasarkan mana yang kamu jawab “ya” dan mana yang “tidak”.

Buat Daftar Prioritas

Menentukan
Sumber foto: TeachStarter.com

Buku-buku yang sudah kamu pilih tadi, jangan lupa diseleksi lagi. Kamu bisa buat daftar prioritas dengan cara mengurutkan buku berdasarkan tujuan membaca kamu. Apakah untuk belajar keterampilan baru atau hanya untuk hiburan semata. Lalu, mana yang paling ingin dibaca dan buat penasaran. Buat daftarnya secara berurutan, karena langkah ini bisa jadi bantuan kamu dalam menentukan buku mana yang akan dibeli dan dibaca terlebih dahulu. Sisanya, bisa masuk wishlist ya.

Pertimbangkan Baca Lebih dari Satu Buku secara Bersamaan

Menentukan
Sumber foto: Readitforward.com

Siapa bilang baca buku harus satu-satu sampai habis dahulu, lalu lanjut baca yang lainnya lagi? Hehe.. kamu boleh aja kok membaca buku lain secara bersamaan, karena kamu benar-benar suka dan penasaran dengan isinya. Daripada galau dan bingung pilih buku yang mana, dan buang-buang waktu hanya di sesi memilih buku saja kan? :D

Jadikan Pembelajaran pada Kesalahan Pilih Buku Sebelumnya

Menentukan
Sumber foto: Bedford Hills Free Library

Jangan pernah merasa buang-buang waktu setelah membaca buku yang kamu pilih, tapi ternyata tidak sesuai ekspektasi. Sebut saja kalau kamu sedang mengumpulkan informasi, tidak hanya dari buku itu sendiri, tetapi tentang selera dan minat kamu yang terus berkembang. Dan tentunya hal ini akan membantu kamu membuat pilihan yang lebih baik dan tepat untuk apa yang akan dibaca selanjutnya.

Baca Sinopsis, Ulasan, Lihat dari Kategori Rekomendasi dan Best Seller di Gramedia.com

Menentukan
Sumber foto: Gramedia.com

Penting dan patut dicermati! Kalau sudah bingung mau pilih buku mana yang harus dibaca selanjutnya, Gramedia.com sudah siap memberi kamu banyak pilihan di menu Rekomendasi Untukmu, Buku-Buku Terpopuler, Novel Paling Laris, atau di Komik-Komik Pilihan. Setelah tertarik pada satu buku, jangan lupa baca deskripsi buku dan ulasannya ya. Semuanya langsung terlihat saat kamu klik buku yang kamu pilih. Nah, dengan membacanya, kamu akan mendapatkan gambaran pembahasan isi dan informasi mengenai buku tersebut. Lengkap kan di Gramedia.com?

Kalau begitu, saatnya Admin merekomendasikan buku baru yang seru. Buku-buku ini semua bisa kamu beli dengan harga diskon tentunya. Cara ordernya gampang banget, tinggal klik judulnya ya. Dan asyiknya lagi, kamu bisa mendapatan diskon spesial di Online Book Fair yang berlangsung hingga 7 Februari 2021.

Ten Years Challenge

Ten
Sumber: Gramedia.com

Mengangkat tema "rebirth", sang tokoh utama dihadapkan pada kecelakaan yang ternyata membawanya kembali ke masa 10 tahun lalu. Ia pun berusaha memperbaiki kesalahannya yang lalu. Namun, hidup selalu punya rencana lain yang membuatnya bimbang pada pilihan lain. Buku yang ringan dan penuh pesan kehidupan.

Words on Bathrooms Walls

Words
Sumber: Gramedia.com

Buku terjemahan baru ini menceritakan tentang Adam yang didiagnosis mengidap skizofrenia. Mendapatkan penilaian tinggi, kisah seru ini sudah diadaptasi ke film layar lebar pada tahun 2020 lalu lho. Dikisahkan, remaja 16 tahun ini sering mendengar dan melihat sesuatu yang tak bisa didengar dan dilihat orang lain, hingga ia sulit membedakan antara kenyataan dan sekadar ‘penampakan’. Ia pun akhirnya menjadi objek dalam uji klinis obat jenis baru. Obatnya pun bekerja, Adam akhirnya menemukan gadis yang disukainya dan menemukan cinta. Tapi tubuhnya akan kebal terhadap obat itu dan “kegilaannya” mungkin akan segera diketahui banyak orang.

#TemanTapiMenikah (Living in a Campervan)

Teman
Sumber: Gramedia.com

Setelah mengeluarkan buku pertamanya yang menceritakan bagaimana pertemanan Ayudia dan Ditto sebelum menikah. Lalu pada buku kedua, kita bisa mengikuti kisah mereka setelah baru menikah dan mempunyai Sekala (anak), dan kedua bukunya menjadi Mega Best Seller. Nah, pasangan ini kembali merilis bukunya mengenai kesukaan mereka dalam traveling dan ingin keliling dunia bersama selamanya. Setelah vlog mereka di YouTube, mereka menuliskan keseruaannya bepergian dan berkeliling di luar negeri dengan campervan.

Hai, Miiko! 32

Hai
Sumber: Gramedia.com

Si mungil nan lucu, Miiko, akhirnya kembali lagi dengan kawan-kawannya yang akan pergi wisata sekolah!  Cerita seru dari rasa gugup semacam "butterfly in stomach" saat menyiapkan barang-barang untuk bepergian, serta kegelisahan persahabatan teman sekamar. Apapun itu, Miiko pasti akan membawa tawa ceria, dengan berbagai kisahnya yang bikin gemes!

Apa yang Kita Pikirkan Ketika Kita Sendirian

Apa
Sumber: Gramedia.com

Berisi kumpulan renungan dan pikiran penulis selama masa pandemi, Desi Anwar mencoba menunjukkan bahwa kesendirian bukanlah siksaan atau penderitaan yang harus ditakuti dan dihindari. Apabila dinikmati secara utuh, kesendirian menjadi seni yang mencerahkan sekaligus menyembuhkan. Dimana banyak pelajaran yang beragam dan bermanfaat, dari berhubungan kembali dengan diri sendiri.

Nah, saatnya membaca buku yang kamu suka!


Sumber foto header: Bookaholic Belle