Memperingati Isra Miraj, Teladani Kisah Nabi Muhammad dari Buku-Buku Ini

Memperingati Isra Miraj, Teladani Kisah Nabi Muhammad dari Buku-Buku Ini

Dari peristiwa penting Isra Miraj, umat muslim mengenal wajibnya melakukan ibadah salat lima waktu dalam sehari. Inilah asal mula datangnya perintah tersebut, dari peristiwa ini kita diingatkan akan kekuasaan Allah SWT yang bisa membawa Nabi Muhammad SAW menemuinya di langit ketujuh hanya dalam waktu satu malam.

Penjelasan Singkat tentang Isra Miraj

Isra’ adalah peristiwa kala Nabi Muhammad pergi dari Mekah ke Masjid Aqsa di Yerusalem bersama Malaikat Jibril menaiki buraq. Binatang buraq berbentuk seperti kuda atau keledai yang bersayap dan terbangnya sangat cepat.

Nabi Muhammad melanjutkan perjalannya ke langit ketujuh atau disebut dengan perjalanan Mi’raj. Pada puncak langit tersebut atau Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad bertemu dengan Allah dan mendapatkan perintah untuk melakukan salat lima waktu.

Menurut pendapat dari sebagian besar ulama, peristiwa Isra Miraj ini terjadi di tanggal 27 bulan Rajab. Nah, dalam memperingati Isra Miraj, umat muslim di dunia biasanya melakukan beberapa amalan baik atau beribadah seperti berzikir atau berdoa. Biasanya mereka akan berkumpul untuk beribadah di masjid semalaman, dan ada juga yang menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad kepada anak-anak.

Nah, untuk menambah pengetahuan tentang perjalanan dan kehidupan Nabi Muhammad, serta mempelajari keteladanannya, berikut Admin rekomendasikan buku-buku yang bisa kamu baca untuk memperingati Isra Miraj.

Rekomendasi Buku untuk Mempelajari Kisah Nabi Muhammad SAW

1. Sirah Nabawiyah Riwayat Imam Al-Bukhari

Buku ini menjelaskan kepribadian Rasulullah dan perjalanan hidupnya berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh ulama Imam Al-Bukhari. Hadits yang diriwayatkan tentu diakui validitas (keshahihannya) oleh para ulama di seluruh dunia, sehingga gambaran tentang Rasulullah dan perjalanan hidupnya bebas dari kekeliruan.

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

2. Sirah Muhammad: Meneladani Jejak-Jejak Kehidupan Sang Rasul

Nabi Muhammad diakui sebagai salah satu sosok yang paling berpengaruh dalam sejarah kemanusiaan dan banyak orang yang ingin mengetahui tentang beliau. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi untuk mengenal sosoknya.

Riwayat kehidupannya diceritakan dengan jelas, mulai dari perjuangannya, kawan dan lawannya, sikapnya menghadapi konflik dan masalah, perannya sebagai seorang dai, pemimpin masyarakat, panglima militer, pedagang, pengembala, ayah, hingga suami.

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

3. Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW

Setiap kehidupan Nabi Muhammad SAW selalu memberikan kisah dan pelajaran yang indah. Apalagi, tanda-tanda kerasulan beliau sudah terlihat sejak masih anak-anak, di mana seorang pendeta bernama Bahira menyaksikan pohon-pohon dan batu bersimpuh sujud saat Muhammad kecil melintasinya.

Dari buku ini kita akan mengetahui lika-liku hidup Nabi Muhammad. Dari yang berkerabat dekat dengan orang-orang, namun sejak memulai dakwah, kehidupannya berubah total dan membuatnya menjadi orang yang paling dimusuhi. Buku ini membagikan kisah pada kita bagaimana beliau tetap menghadapinya dengan kesabaran yang luar biasa.

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

4. Sejarah Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Buku ini tak hanya membicarakan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW, namun kita diajak untuk benar-benar melihat akan suri teladan dari apa yang beliau lakukan. Kita akan melihat pada dimensi keteladanan dari kepribadian Rasulullah, yang dapat dicontoh, ditiru, diteladani, dan dipedomani, sehingga kita akan menjalani hidup tanpa kehilangan arah.

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

5. Biografi Keluarga Nabi

Dalam hadist riwayat Al-Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa fondasi Islam ialah mencintai sahabatnya dan anggota keluarganya. Untuk mengenal lebih dalam tentang siapa saja para sahabat dan kerabat dekat Nabi Muhammad SAW, buku ini wajib kamu masukkan ke list bacaan selanjutnya.

Dari buku ini diceritakan bagian dari kehidupan keluarga Nabi yang mulia, seperti Hamzah bin Abdul Muththalib, al-Abbas bin Abdul Muththalib, Ali bin Abu Thalib, Fatimah Az-Zahra’, al-Husain bin Ali, al-Hasan bin Ali, Sayidah Zainab, dan Sayidah Nafisah r.a.

biografiTambah Ilmu Sekarang!

6. Kisah Cinta Sejati Khadijah dan Rasulullah SAW

Khadijah dikenal sebagai wanita terbaik pada zamannya. Beliau adalah istri pertama Rasulullah SAW dan beliau lah yang menemani Rasulullah pada masa awal berdakwah. Mereka hidup saling mendampingi, mendukung, dan mengasihi satu sama lain.

Buku ini hadir untuk mengupas kisah cinta antara Khadijah dan Muhammad, tentang kehidupan mereka sebelum dan sesudah menjalin rumah tangga, sikap di kala Muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul, apa keistimewaan Khadijah, bagaimana kehidupan para putri mereka, dan bagaimana hubungan mereka dalam berumah tangga. Dengan kemuliaan sifat pasangan ini, keduanya bisa menjadi sosok teladan dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

kisahTambah Ilmu Sekarang!

Rekomendasi Buku untuk Meneladani Kehidupan Nabi Muhammad SAW

Rekomendasi Buku untuk Meneladani Sikap Nabi Setelah kisah-kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, kamu juga bisa mempelajari keteladanannya dalam menjalani kehidupan ini.

Buku-buku berikut ini akan memberikan contoh-contoh yang bisa kamu ikuti dan menjadikan beliau panutanmu dalam berkelakuan baik.

1. Buku Pintar Salat, Doa, dan Zikir Sesuai Tuntunan Rasulullah

Buku ini hadir untuk memantapkan diri kita dalam beribadah sehari-hari sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah. Segala amalan harian dari yang wajib hingga sunnah, bisa kita pelajari dalam buku ini. Dengan buku ini, kita bisa mempelajari dan memantapkan lagi kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

2. Hidup Minimalis ala Rasulullah

Rasulullah SAW bekerja sebagai pedagang dan bisa dikatakan segala kemauannya bisa terwujud. Namun, Rasulullah memilih menjalani kehidupan yang serba biasa dan sederhana. Dari pakaian, makanan yang di makan, tempat yang ditinggali, dan segala hal yang ada pada diri beliau adalah bentuk kesederhanaan yang amat baik.

Prinsip "hidup minimalis dan secukupnya" bisa digunakan oleh generasi masa kini dalam menjauhkan kita dari sikap dan sifat tercela. Buku ini akan membedah banyak kebiasaan Rasulullah SAW yang begitu sederhana, bagaimana kita perlu mengikuti ajaran tersebut, dan apa manfaat serta keberkahan jika kita mampu menjalaninya dengan baik.

hidupTambah Ilmu Sekarang!

3. Kiat Sukses Berbisnis ala Rasulullah SAW

Nabi Muhammad SAW sangat handal dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Jika kamu tengah merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis, buku ini akan mengupas tuntas cara-cara hebat yang dilakukan Rasulullah dalam membangun bisnisnya yang begitu sukses.

Diawali dengan penjelasan tentang bisnis dalam Islam, lalu kita akan mengetahui sejarah aktivitas bisnis Rasulullah, dan apa saja strategi bisnis maupun pemasaran yang dilakukan beliau.

hidupTambah Ilmu Sekarang!

4. Jurus Sehat Rasulullah

Di masa pandemi seperti ini, wajib bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Yuk, kita ikuti pola hidup sehat ala Rasulullah yang selalu menjaga kesehatannya secara optimal.

Tubuhnya sangat bugar hingga membuatnya hanya mengalami dua kali sakit selama hidupnya. Semua itu karena konsep pencegahan dan peningkatan kesehatan yang dijalankan berlandaskan pada wahyu Allah SWT. Nah, buku ini akan memberikan beragam resep sehat dari Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatannya yang masih bisa dilakukan hingga sekarang.

hidupTambah Ilmu Sekarang!

5. Bila Masa Tua Tiba

Buku ini sebagai renungan dan pencerahan dalam menjalani kehidupan di masa tua tanpa ada rasa kekhawatiran. Kisah inspiratif dari masa tua Rasulullah SAW, para sahabat, tabi'in, ulama, dan orang shaleh terdahulu juga dijelaskan. Ada juga potret masa-masa indah Nabi bersama orang tua di masanya.

Penjabaran kisah inspiratif ini dimulai dari bagaimana mereka mengisi masa tua dengan beragam kebaikan dan amal shaleh abadi, serta menuntaskan janji kepada Allah sebelum akhirnya berpulang.

bilaTambah Ilmu Sekarang!

6. Suamimu Bukan Muhammad Istrimu Bukan Khadijah

Dari buku ini diceritakan sebagian riwayat shahih tentang keluarga Nabi, sahabat, para khalifah, tabi`in, ulama shaleh, ahli hikmah dan pemilik kearifan, lalu mengeluarkan hikmah serta pelajaran terbaiknya agar direnungi, dicontoh serta dijadikan inspirasi oleh suami istri yang ditakdirkan hidup di akhir zaman.

Kisah-kisah mereka menjadi cermin untuk mengoreksi diri dan menjadi pesan dan nasihat terbaik untuk semua keluarga yang mendamba bahagia dan barakah.

suamimuTambah Ilmu Sekarang!

7. Parenting ala Rasulullah

Orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan baik dan lebih sholeh maupun sholehah dibandingkan mereka. Caranya, kita harus tahu betul cara mendidik anak, apalagi mereka adalah amanah besar yang Allah SWT berikan kepada kita.

Rasulullah SAW adalah sosok terbaik untuk kita tiru cara mendidik anak hingga cucu-cucunya. Buku ini membahas secara mendalam tentang langkah orang tua dalam mendidik anak, dimulai dari konsep anak dan pendidikannya dalam kacamata Islam, hingga teladan yang diberikan Rasulullah SAW dalam mengasuh dan mendidik anak yang bersumber dari al-Qur'an dan hadits.

suamimuTambah Ilmu Sekarang!

Rekomendasi Buku untuk Mengenalkan Anak dengan Nabi Muhammad SAW

Memperkenalkan Rasulullah SAW sejak kecil bisa menjadi cara untuk menanamkan kecintaan anak pada sang kekasih Allah ini. Dengan begitu, para orang tua bisa menanamkan sejak dini perbuatan mulia Rasulullah SAW dan membantu anak dalam meneladani sifatnya.

Berikut buku-buku yang bisa membantu ayah dan bunda dalam mengenalkan anak pada keteladanan Nabi Muhammad.

1. Halo Balita - Kisah Nabi: Muhammad Teladanku (boardbook)

kisahBeli Sekarang untuk si Kecil!

2. 77 Adab & Akhlak Nabi Muhammad untuk Anak

tujuhtujuhBeli Sekarang untuk si Kecil!

3. Kisah Nabi Muhammad SAW

tujuhtujuhBeli Sekarang untuk si Kecil!

Itulah beberapa buku yang membagikan kisah hidup Nabi Muhammad dengan segala keteladanannya yang patut kita ikuti. Dengan meneladani sifat, karakter, dan segala yang dilakukannya, mampu mendatangkan banyak manfaat, sekaligus menjadikan kita sebagai hamba yang dicintai Allah SWT, karena telah mengikuti Rasulullah SAW.

Jadikan momen Isra Miraj ini sebagai alat untuk kita mengingat kembali bahwa Rasulullah bisa menjadi pedoman hidup kita. ❤️

Segera dapatkan seluruh buku-bukunya hanya di Gramedia.com dan jangan lupa untuk cek berbagai promo yang bisa kamu gunakan di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Tak perlu takut ongkir mahal, sekarang belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil dari toko-toko Gramedia terdekat di kotamu!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: Unsplash

Penulis: Almira Rahma Natasya & Nur Qomariyah


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter