Memperingati Isra Miraj, Ketahui dan Teladani Kisah Nabi Muhammad dari Buku

Memperingati Isra Miraj, Ketahui dan Teladani Kisah Nabi Muhammad dari Buku

. 5 min read

Dari peristiwa penting Isra Miraj, umat muslim mengenal wajibnya melakukan ibadah salat 5 waktu dalam sehari. Inilah asal mula datangnya perintah tersebut, dari peristiwa ini kita diingatkan akan kekuasaan Allah SWT yang bisa membawa Nabi Muhammad SAW menemuinya di langit ketujuh hanya dalam waktu satu malam.

Dikutip dari Kompas.com (09/03/21), Isra’ adalah peristiwa kala Nabi Muhammad pergi dari Mekah ke Masjid Aqsa di Yerusalem bersama Malaikat Jibril menaiki buraq. Binatang buraq berbentuk seperti kuda atau keledai yang bersayap, dan terbangnya sangat cepat.

Nabi Muhammad melanjutkan perjalannya ke langit ketujuh atau disebut dengan perjalanan Mi’raj. Pada puncak langit tersebut atau Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad bertemu dengan Allah dan mendapatkan perintah untuk melakukan salat 5 waktu.

Menurut pendapat dari sebagian besar ulama, peristiwa Isra Miraj ini terjadi di tanggal 27 bulan Rajab. Nah, dalam memperingati Isra Miraj, umat muslim di dunia biasanya melakukan beberapa amalan baik atau beribadah seperti berzikir atau berdoa. Biasanya mereka akan berkumpul untuk beribadah di masjid semalaman, dan ada juga yang menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad kepada anak-anak.

Nah, untuk menambah pengetahuan tentang perjalanan dan kehidupan Nabi Muhammad, serta mempelajari keteladanannya dari buku-buku. Berikut Admin kasih rekomendasi buku baru yang bisa kamu baca untuk memperingati Isra Miraj.

Sirah Nabawiyah Riwayat Imam Al-Bukhari

sirahTambah Ilmu Sekarang!

Buku ini menjelaskan kepribadian Rasulullah dan perjalanan hidupnya berdasarkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh ulama Imam Al-Bukhari. Hadits yang diriwayatkan tentu diakui validitas (keshahihannya) oleh para ulama di seluruh dunia, sehingga gambaran tentang Rasulullah dan perjalanan hidupnya bebas dari kekeliruan.

Biografi Keluarga Nabi

biografiTambah Ilmu Sekarang!

Dalam hadist riwayat Al-Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa fondasi Islam ialah mencintai sahabatnya dan anggota keluarganya. Untuk mengenal lebih dalam tentang siapa saja para sahabat dan kerabat dekat Nabi Muhammad SAW, buku ini wajib kamu masukkan ke list bacaan selanjutnya. Dari buku ini diceritakan bagian dari kehidupan keluarga Nabi yang mulia, seperti Hamzah bin Abdul Muththalib, al-Abbas bin Abdul Muththalib, Ali bin Abu Thalib, Fatimah Az-Zahra’, al-Husain bin Ali, al-Hasan bin Ali, Sayidah Zainab, dan Sayidah Nafisah r.a.

Kisah Wanita-Wanita di Zaman Rasulullah

kisahTambah Ilmu Sekarang!

Seorang wanita atau istri memiliki peran yang luar biasa penting dalam kehidupan manusia. Kisah-kisah perempuan hebat pada zaman Rasulullah akan dijabarkan secara jelas satu per satu lewat buku ini. Para muslimah yang sholehah, saatnya kamu miliki pengetahuan tentang perempuan pada jaman Rasulullah SAW, sehingga kamu bisa menjadikan sebagai teladan dalam mengarungi kehidupan ini.

Kisah Cinta Sejati Khadijah dan Rasulullah SAW

kisahTambah Ilmu Sekarang!

Khadijah dikenal sebagai wanita terbaik pada zamannya. Beliau adalah istri pertama Rasulullah SAW, dan beliau lah yang menemani Rasulullah SAW pada masa awal berdakwah. Mereka hidup saling mendampingi, mendukung, dan mengasihi satu sama lain.

Buku ini hadir untuk mengupas kisah cinta antara Khadijah dan Muhammad, menceritakan bagaimana kehidupan mereka sebelum dan sesudah menjalin rumah tangga, sikap di kala Muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul, apa keistimewaan Khadijah, bagaimana kehidupan para putri mereka, dan bagaimana hubungan mereka dalam berumah tangga. Dengan keluhuran dan kemuliaan sifat pasangan ini, keduanya menjadi sosok teladan umat muslim dalam menjalani kehidupan berumah tangga.


Setelah kisah-kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, kamu juga bisa mempelajari keteladanannya dalam menjalani kehidupan ini.

Buku-buku berikut ini akan memberikan contoh-contoh yang bisa kamu ikuti dan menjadikan beliau panutanmu dalam berkelakuan baik.

Hidup Minimalis Ala Rasulullah

hidupTambah Ilmu Sekarang!

Rasulullah SAW bekerja sebagai pedagang dan bisa dikatakan segala kemauannya bisa terwujud. Namun, Rasulullah memilih menjalani kehidupan yang serba biasa dan sederhana. Dari pakaian, makanan yang di makan, tempat yang ditinggali, dan segala hal yang ada pada diri beliau adalah bentuk kesederhanaan yang amat baik.

Prinsip "hidup minimalis dan secukupnya" bisa digunakan oleh generasi masa kini meski tidak harus sama persis. Dengan "sederhana", maka akan menjauhkan kita dari sikap dan sifat tercela, bahkan menjadikan kita salah satu hamba-Nya yang disayang karena meneladani sikap Rasulullah. Buku ini akan membedah banyak kebiasaan Rasulullah SAW, bagaimana kita perlu mengikuti ajaran tersebut, dan apa manfaat serta keberkahan jika kita mampu menjalaninya dengan baik.

Suamimu Bukan Muhammad Isterimu Bukan Khadijah

suamimuTambah Ilmu Sekarang!

Dari buku ini diceritakan sebagian riwayat shahih tentang keluarga Nabi, sahabat, para khalifah, tabi`in, ulama shaleh, ahli hikmah dan pemilik kearifan, lalu mengeluarkan hikmah serta pelajaran terbaiknya agar direnungi, dicontoh serta dijadikan inspirasi oleh suami istri yang ditakdirkan hidup di akhir zaman. Kisah-kisah mereka menjadi cermin untuk mengoreksi diri dan menjadi pesan dan nasihat terbaik untuk semua keluarga yang mendamba bahagia dan barakah.

Bila Masa Tua Tiba

bilaTambah Ilmu Sekarang!

Buku ini sebagai renungan dan pencerahan dalam menjalani kehidupan di masa tua tanpa ada rasa kekhawatiran. Kisah inspiratif dari masa tua Rasulullah SAW, para sahabat, tabi'in, ulama, dan orang shaleh terdahulu juga dijelaskan. Ada juga potret masa-masa indah Nabi bersama orang tua di masanya.

Penjabaran kisah inspiratif ini dimulai dari bagaimana mereka mengisi masa tua dengan beragam kebaikan dan amal shaleh abadi, serta menuntaskan janji kepada Allah sebelum akhirnya berpulang.


Memperkenalkan Rasulullah SAW sejak kecil bisa menjadi cara untuk menanamkan kecintaan anak pada sang kekasih Allah ini. Dengan begitu, para orang tua bisa menanamkan sejak dini perbuatan mulia Rasulullah SAW dan membantu anak dalam meneladani sifatnya.

Berikut buku-buku yang bisa membantu ayah dan bunda dalam mengenalkan anak pada keteladanan Nabi Muhammad.

Halo Balita - Kisah Nabi: Muhammad Teladanku (boardbook)

kisahTambah Ilmu Sekarang!

77 Adab & Akhlak Nabi Muhammad Untuk Anak

tujuhtujuhTambah Ilmu Sekarang!


Jangan pernah merasa 'kenyang' dalam menimba ilmu. Buku-buku ini juga bisa kamu baca untuk menambah ilmu dan imanmu.

Kun Bil Qur`ani Najman

kunTambah Ilmu Sekarang!

Menghafal Al-Qur’an akan memberikan banyak syafaat serta menjadikan kita orang yang berkududukan tinggi dan mulia di hadapan-Nya. Namun, kelemahan juga menyusup dalam dunia menghafal Al-Qur`an. Banyaknya para penghafal Al-Qur'an membuat kita semangat dan sangat menghargainya. Tapi kadang kala, kita juga semakin tak mengerti apa arti Al-Qur’an sesungguhnya. Buku ini mengumpulkan hal-hal fundamental dalam dunia menghafal Al-Qur’an, menjelaskan penyebab gagalnya melancarkan dan menghafal Al-Qur’an, dengan materi-materi yang bisa jadi solusi dalam menghadapi kegagalan tersebut. Ditutup dengan kisah-kisah nyata para bintang Al-Qur’an yang sesungguhnya.

Cahaya dari Madinah (Edisi Eksklusif)

cahayaTambah Ilmu Sekarang!

Buku ini adalah pelengkap dari buku “Cahaya dari Madinah: Mutiara Hikmah Penyejuk Jiwa” yang ditulis ulama dan pendakwah terkenal di Indonesia, Syekh Ali Jaber. Dalam mengenang beliau, materi dalam buku ini diambil dari ceramah-ceramahnya di berbagai tempat. Serta berisi tentang bagaimana pandangannya tentang Islam yang mendamaikan, memberikan kemajuan dan kemakmuran bagi segenap umat muslim, khususnya di Indonesia.

Yuk, ikuti pre-order-nya dan dapatkan diskon 20%, dengan bonus masker ekslusif. Ingat ya, promo ini hanya untuk pembelian di Gramedia.com dari 7-28 Maret 2021.

promoIkut Pre-Order Sekarang!


Sumber foto header: Pinterest (Rawpixel)