Memilih Libur Lebaran ke Desa atau Kota?

Memilih Libur Lebaran ke Desa atau Kota?

. 3 min read

Libur Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan. Pemerintah sendiri telah menetapkan tanggal 13, 14, 18, dan 19 Juni 2018 sebagai cuti bersama. Itu artinya total hari libur nasional untuk hari raya Idul Fitri adalah enam hari. Terbilang cukup lama, bukan? Nah, setiap orang tentunya memiliki cara yang berbeda untuk mengisi waktu liburannya. Beberapa di antaranya memilih suasana di pedesaan. Sebagian yang lain memilih berwisata di kawasan perkotaan.

Orang-orang yang memilih berlibur di desa ataupun di kota memiliki alasan masing-masing. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa hal yang tidak dapat kita temui di kota saat berada di desa atau sebaliknya. Bagi kalian yang bingung untuk memilih antara dua tempat tersebut, berikut beberapa pertimbangan untuk berlibur di wilayah perkotaan atau pedesaan.

Kelebihan Berlibur di Wilayah Pedesaan

1. Suasana Alam yang Asri

A wide angle view of a small hillside village in Lake Geneva.
Photo by Dino Reichmuth / Unsplash

Berlibur di desa dipilih sebagian besar orang kota karena wilayahnya masih alami. Di desa banyak dijumpai pepohonan hijau, pemandangan yang indah, dan udara yang segar. Hal tersebut tentunya dapat menghilangkan kelelahan rutinitas harian dan kepenatan karena lingkungan yang padat dan bising.

2. Biaya Terjangkau


Photo by Robert Collins / Unsplash

Saat kantong menipis tapi tetap ingin liburan, maka berlibur ke desa adalah pilihan yang tepat. Kuliner, tiket wisata, maupun transportasi cenderung lebih murah. Ada beberapa alasan kenapa lebih murah, misalnya untuk kuliner. Penduduk lokal biasanya membuat makanan khas mereka dengan bahan makanan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar, sehingga biaya produksinya lebih terjangkau dan saat dijual juga murah. Tidak jarang beberapa penjual makanan mempersilakan para wisatawan mencicipi makanan yang mereka jual sebelum membeli.

3. Menemukan Keunikan Tradisi Penduduk Setempat


Photo by Ali Yahya / Unsplash

Indonesia memiliki kekayaan budaya dan tradisi. Jika berwisata ke desa, kalian akan menemukan pengalaman yang baru seperti tradisi setempat dan adat istiadat yang masih dipertahankan oleh penduduk desa. Misalnya, jolenan (perayaan hasil panen) di Purworejo, Jawa Tengah. Selain itu, penduduk desa terkenal dengan keramah-tamahannya. Mereka terbiasa untuk saling tegur sapa jika bertemu di jalan. Percayalah, kalian akan senang melihatnya.

Kelebihan Berlibur di Wilayah Perkotaan

1. Petualangan Modern


Photo by Gede Suhendra / Unsplash

Ingin merasakan pesona lain yang berbeda? Dengan berlibur ke kota, kalian akan banyak menemui hal-hal baru yang berbalut teknologi, infrastruktur modern, dan pengelolaan tempat wisata yang profesional. Bangunan yang tinggi, tempat hiburan kekinian, wahana pacu adrenalin, wahana fantasi, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya tersaji dengan apik di kota besar seperti Jakarta. Kalian pun dapat dengan bebas memilih wahana yang paling disukai.

2. Akses Arena Wisata Mudah


Photo by chuttersnap / Unsplash

Di kota, kalian dapat menggunakan segala jenis transportasi dan akomodasi untuk memudahkan akses berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain. Mulai dari yang harganya murah hingga yang paling mewah juga ada. Kalian pun dapat memilih sesuai kebutuhan, keuangan, dan keinginan.

3. Ketersediaan Fasilitas yang Lengkap

A woman’s hand with a ring and a polished nail holding an iphone towards a laptop on a desk with a distant flash drive.
Photo by William Iven / Unsplash

Berbeda dengan di desa, pembangunan perkotaan pada umumnya lebih cepat, termasuk dalam pembangunan fasilitas dan sarana infrastruktur. Seperti halnya fasilitas kamar mandi, tempat ibadah, ATM, dan akses internet. Tidak perlu khawatir untuk mencari akses tersebut jika dibutuhkan saat berwisata.

Untuk selanjutnya, kalian bisa memilih sesuai keinginan. Selamat berlibur!