Mari Meningkatkan Minat Baca Si Kecil Sejak Dini

Mari Meningkatkan Minat Baca Si Kecil Sejak Dini

. 6 min read

Membaca memberikan manfaat yang besar terhadap tumbuh kembang anak. Kebiasaan membaca pada anak terbukti memberikan kecerdasan baik dalam kosakata penguasaan berbahasa, melatih imajinasi, kreativitas, serta daya ingatnya. Orang tua juga bisa lebih mudah menanamkan pendidikan moral lewat dongeng yang dibacakan.

Beruntungnya ada Hans Christian Andersen, seorang pengarang buku anak terkenal di dunia yang melahirkan banyak karya untuk bacaan anak. Jika kamu tahu cerita Putri Duyung, Si Itik Buruk Rupa, ataupun Gadis Penjual Korek Api, itu adalah karya otentik dari Bapak Dongeng Dunia ini, yang masih diterbitkan sampai sekarang (Tribunnews, 02/04/18).

meningkatkan
Sumber foto: perpustakaan.bsn.go.id

Hari lahirnya pada 2 April 1805, dijadikan sebagai Hari Buku Anak Sedunia, untuk mengenang jasa beliau dalam memperkaya cerita dan buku anak, untuk seluruh anak di dunia. Perayaan ini juga dimaksudkan untuk memupuk minat atau kebiasaan membaca, serta mengajak kita semua untuk lebih memberi perhatian pada perkembangan buku anak-anak.


Baca juga: Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak


Di masa serba digital seperti sekarang, tentunya susah susah gampang untuk mengajak buah hati membaca buku, dibandingkan bermain gadget. Nah, kamu bisa mencoba beberapa cara ini, yang sudah Admin rangkum dari beberapa sumber, agar minat baca si kecil bisa tumbuh dengan sendirinya.

Menjadi Contoh untuk Anak

meningkatkan
Sumber foto: Freepik

Jika kamu ingin si kecil senang membaca, tentunya kamu perlu memperlihatkan padanya bahwa kamu pun sering membaca buku. Orang tua adalah role model dan biasanya mereka akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Coba ceritakan pada si kecil buku apa yang sedang kamu baca, sehingga ia bisa ikut bersemangat mengetahui isi dari bukunya.

Bacakan Anak Buku Setiap Hari

Luangkan waktu untuk membacakan si kecil buku tiap harinya, agar ia merasa bahwa membaca adalah kebiasaan yang menyenangkan. Bacakan buku-buku yang menghibur sekaligus mendidik agar imajinasi, moral, dan pengetahuannya meningkat. Dengan sering meluangkan waktu bersama si kecil, kegiatan ini bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

meningkatkan
Sumber foto: Parade

Setelah itu, ajukan beberapa pertanyaan pada anak tentang cerita yang sudah disampaikan. Kamu bisa tanyakan bagian mana dan karakter siapa yang ia sukai. Selain meningkatkan pemahaman, si kecil juga diasah untuk bisa konsentrasi mendengarkan alur cerita yang ia dengarkan. Kamu juga bisa meminta si kecil untuk menceritakannya kembali pada esok harinya, untuk memancingnya ingin membaca buku dengan cerita yang lain lagi.


Baca juga: 7 Nilai Pendidikan Moral untuk Anak dari Membaca Dongeng


Kelilingi Anak dengan Buku

Membangun kebiasaan anak membaca buku bisa diawali dengan menyediakan berbagai macam buku yang menarik sesuai dengan usianya. Si kecil akan terbiasa dekat dengan bahan bacaan, dan memudahkannya mengakses buku, karena semua sudah tersedia di rumah.

meningkatkan
Sumber foto: rumah.com

Agar tidak bosan, coba buat perpustakaan mini dan tempat membaca yang nyaman. Penuhi dengan buku-buku bergambar agar si kecil senang untuk melihat bukunya berkali-kali. Selain menaruh di rak perpustakaan mini, coba taruh buku di mana pun, agar anak selalu dikelilingi buku dan terpancing untuk mengambil dan membacanya kapan pun.

Ajak Anak Memilih Bukunya Sendiri

Buatlah membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan. Maka dari itu, biarkan anak memilih sendiri buku yang ingin ia baca. Mereka akan lebih terikat dengan apa yang dibacanya, dan juga bersemangat untuk menerima informasi dari buku tersebut.

Dan coba sesekali mengunjungi perpustakaan dan ajak si kecil melihat lebih buku lainnya. Berikan mereka waktu melihat-lihat koleksi perpustakaan dan meminjamnya untuk dibaca di rumah. Dengan begitu, anak akan berulang kali pergi ke perpustakaan, yang tentunya akan menumbuhkan minat baca. Membuatkannya kartu anggota juga akan membuatnya senang dan bersemangat meminjam buku.

meningkatkan
Sumber foto: Tribunnews

Selain ke toko buku, coba ajak si kecil untuk memilih buku bersama di Gramedia.com. Bebaskan ia memilih buku yang ia suka, lalu tinggal tunggu deh bukunya sampai di rumah.

Berikut Admin bantu pilihkan buku-buku anak seru terbaru!

Aktivitas Balita Cerdas: Alam Sekitarku

aktivitasBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Buku aktivitas ini akan mengajak si kecil belajar sambil bermain. Ada 28 aktivitas seru yang bisa diikuti setiap harinya, dari menebalkan, berbahasa, berhitung, mewarnai,  menggunting & menempel gambar-gambar menarik, dan penuh warna tentang alam sekitar. Cocok untuk anak berusia 3-6 tahun.

Opredo Soft Contrast Book: Binatang

opredoBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Buku halus ini mampu merangsang perkembangan visual, motorik, dan otak bayi. Warnanya pun kontras di dominasi hitam dan putih. Sangat cocok untuk si kecil yang berusia 1-6 bulan dan baru bisa melihat warna kontras.

Ayo, Cari Tahu! Dunia Satwa

ayoBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Ajak si kecil kenali dunia satwa lewat buku yang penuh gambar, dan pengetahun seru seputar hewan mamalia, vertebrata, invertebrata, reptilia, amfibi, serangga, macam-macam habitat, serta fakta menakjubkan seputar dunia satwa lainnya! Ada banyak foto keren yang bisa diperlihatkan pada anak untuk belajar mengenal hewan, dan kuis seru yang bisa diikuti agar kegiatan membaca jadi lebih seru.

Opredo My First Board Book of Colors

opredoBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Board book dengan penuh warna ini akan membantu ayah dan bunda mengenalkan berbagai jenis warna, sekaligus memperkenalkan benda-benda lewat bahasa Indonesia dan Inggris. Cocok untuk balita usia 3 tahun keatas.

Moana – 500 Stiker

moanaBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Bermain stiker memberikan banyak manfaat untuk si kecil lho! Dari melatih motorik dan sensorik, mengasah konsentrasi, hingga imajinasi dan kreativitasnya. Buku stiker ini akan mengajak si kecil bertualang bersama Moana lewat 30 halaman lebih permainan seru yang menyenangkan!


Baca juga: Serunya Bermain Stiker untuk Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya!


Seri Nona, Sikap Baik di Tempat Umum: Tersesat di Pasar!

seriBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Buku cerita yang ringan dan penuh pengetahuan moral untuk membentuk karakter anak. Ayah dan bunda bisa bacakan cerita dari buku ini, yang menceritakan tentang Nona yang tanpa sadar kehilangan ibunya di pasar. Cocok untuk diceritakan pada anak berumur 3 tahun ke atas.

Fabel untuk Anak Hebat

fabelBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Membacakan dongeng pada anak bisa jadi satu cara untuk mengajarkan karakter kebaikan. Buku ini berisi 12 cerita fabel tentang pelajaran moral penting lewat karakter hewan-hewan yang menggemaskan. Bacakan dongeng untuk si kecil setiap hari, yuk!

Komik Next G Ulangan Mendadak

komikBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Ide cerita komik ini dari anak-anak juga lho. Jadi ceritanya akan sangat relate dan ringan dibaca oleh si kecil. Untuk anak ayah dan bunda yang sudah memasuki sekolah dasar, bisa ajak mereka membaca komik seru ini. Menceritakan tentang Davin dan Rehan yang lemah di pelajaran Matematika, namun ibu guru mengumumkan ulangan dadakan! Kisah serunya dalam menghadapi ulangan mendadak, bisa jadi bahan pembelajaran untuk anakmu.

Science Wonder Quest: Ayo Jelajahi Sistem Pencernaan Tubuh!

scienceBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Serunya membaca komik sambil mempelajari sistem pencernaan tubuh. Ken yang jago olahraga selalu saja kalah saat bertanding melawan Bu Sara. Katanya, itu karena Bu Sara tidak pilih-pilih makanan seperti Ken. Namun, dia tidak percaya! Bersama makhluk misterius bernama Crown, Ken dan Erika memutuskan untuk menjelajahi saluran pencernaan Bu Sara demi mencari tahu rahasia kekuatannya!

Why? People – Elon Musk

whyBeli untuk Si Kecil Sekarang!

Tokoh pengusaha sukses dan salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk. Kisahnya dalam memimpin perusahaan mobil listrik, Tesla, dan perusahaan transportasi luar angkasa, Space X, dikupas tuntas dengan cara yang asik dan menyenangkan lewat komik Pendidikan ini. Mari kenalkan si kecil atas kegigihan Elon Musk yang tak pernah berhenti belajar dan pantang menyerah untuk menyelamatkan lingkungan.

Di Hari Buku Anak Internasional ini, Admin berharap semakin banyak anak-anak yang gemar membaca, dan memperoleh manfaat yang sangat berguna bagi masa depannya nanti.

Nah, untuk Ayah dan bunda, Admin punya promo spesial nih. Nikmati Diskon 20% untuk Komik Pendidikan. Klik gambar di bawah untuk memilih buku-bukunya bersama sang buah hati ya.

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Oh ya, bulan April juga penuh flash sale! Pantau terus Gramedia.com untuk menjadi yang pertama tahu koleksi buku flash sale setiap harinya ya!

promoKlik untuk Ikutan Flash Sale!


Sumber foto header: Unsplash