Manga Legendaris yang Belum Tamat Sampai Sekarang

Manga Legendaris yang Belum Tamat Sampai Sekarang

. 2 min read

Manga atau yang biasa kita kenal dengan sebutan komik merupakan kumpulancerita dengan ilustrasi bergambar yang berasal dari Jepang. Kini, manga sudah tersebar dan terkenal di berbagai belahan dunia. Buktinya, kita bisa menemukan manga hampir di setiap toko buku atau perpustakaan di seluruh dunia.

Manga memiliki dua tipe, manga lepasan dan manga berseri. Manga lepasan adalah manga yang ceritanya langsung tamat dalam satu buku, sedangkan manga berseri adalah manga yang ceritanya belum tamat dalam satu buku.

Manga berseri tidak memiliki batasan episode/volume dalam membuat manganya. Tergantung dari sang komikus atau biasa disebut mangaka. Ada yang hanya lima volume, belasan volume, dan ada juga yang berpuluh-puluh volume.

Manga yang memiliki berpuluh-puluh volume biasanya sudah memiliki ratusan episode, dan pastinya memakan waktu pembuatan yang lama. Tidak heran kalau sekarang ada manga yang sudah dibuat berpuluh-puluh tahun lamanya namun belum tamat-tamat episodenya.

Penasaran manga apa saja yang belum tamat-tamat dari tahun '90an hingga sekarang? Berikut daftarnya.

1. Detective Conan

for-blog-fixed---conan
Detective Conan adalah sebuah serial manga detektif karangan Aoyama Gosho yang sudah ada sejak tahun 1994 dan hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan tamat. Manga ini menceritakan tentang seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya mengecil setelah dipaksa meminum sebutir pil misterius dari suatu organisasi hitam. Pertama kali cerita ini dipublikasikan pada majalah mingguan Shonen Sunday yang terbit di Jepang.

Seiring berjalannya waktu Detective Conan berhasil terkenal hingga ke seluruh dunia. Selain serial TV, cerita tentang tokoh detektif ini juga diterbitkan dalam bentuk drama televisi, animasi video asli, film layar lebar, serta permainan video.

2. One Piece

for-blog-fixed---one-piece
One Piece adalah manga hits karangan Eiichiro Oda yang terbit sejak tahun 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha. Hingga kini manga tersebut masih terus berlanjut dan sudah memiliki ratusan episode. One Piece menceritakan tentang petulangan pria muda berbadan karet bernama Luffy yang ingin menjadi raja bajak laut. Saking terkenalnya One Piece diciptakan versi animenya pada Oktober 1999 yang hingga saat ini masih terus ditayangkan di berbagai negara.

Selain itu, One Piece juga telah memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak, dan hingga kini catatan penjualannya pun sudah mencapai lebih dari 300.000.000 eksemplar. One Piece banyak mendapat pujian dari para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan juga jalan ceritanya.

3. Hai, Miiko!

for-blog-fixed---miiko
Hai, Miiko! (Kocchi Muite! Miiko) adalah manga terkenal karangan Ono Eriko yang menceritakan tentang kehidupan gadis mungil yang periang, kelas 5 SD bernama Yamada Miiko beserta dengan teman-temannya. Pertama kali Manga ini dipublikasikan oleh Ciao terbitan Shogakukan pada tahun 1995 dan sempat diadaptasi menjadi serial anime di TV pada tahun 1998-1999. Manga Hai, Miiko! telah memiliki puluhan seri yang masih berlanjut hingga sekarang.


Nah, sekarang percaya kan kalau ada manga yang sampai setua itu?

Penasaran dengan ceritanya kenapa bisa tidak tamat-tamat? Langsung beli dan baca saja di gramedia.com! Banyak koleksi manga lainnya yang nggak kalah seru lho!