Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Manfaat Menulis Cerita pada Anak Usia Dini

Manfaat Menulis Cerita pada Anak Usia Dini

Umumnya anak mampu mendengar dan berbicara secara natural dengan sendirinya karena pengaruh dari lingkungan. Tapi, keterampilan menulis biasanya berada pada tahapan akhir seseorang berbahasa, karena membutuhkan latihan dan proses lama untuk dikuasai seseorang. Jika anak Bunda sudah mampu menulis, maka anak Bunda bisa dikatakan telah berada pada satu level di atas kecerdasan anak pada umumnya.

Saat ini, sudah banyak media literasi untuk anak yang bisa menjadi tempat mereka mencari bacaan sekaligus menjadi wadah untuk mereka berkreasi, yakni KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya), Komik Next G, hingga ke rentang remaja seperti PBC (Pink Berry Club). Tentunya untuk bisa menuangkan karya ke penerbit-penerbit ini juga membutuhkan proses kurasi yang panjang, Bun, sehingga mengharuskan anak untuk terus mengasah kemampuan menulisnya lebih dalam lagi.

Kenapa, sih, menulis membutuhkan proses latihan yang lebih banyak? Sebab manfaat dari menulis itu sendiri juga beragam dan tentunya sepadan dengan tingkat kesulitannya, lho, Bun! Mau tahu apa saja manfaat-manfaat menulis pada anak sejak dini? Simak terus artikel ini selengkapnya, ya!

Manfaat Menulis pada Anak Sejak Dini

1. Memperluas Wawasan dan Meningkatkan Intelegensi

Menulis juga membutuhkan proses membaca lebih banyak yang dapat menutrisi otak anak itu sendiri. Sama seperti saat anak bisa berbicara, anak harus sudah lulus dalam mendengar banyak kosa kata yang bisa dia ikuti. Tidak heran kalau menulis itu adalah satu level kecerdasan yang berbeda dari seorang anak. Bukan cuma dia mampu membaca banyak, dia pun mampu untuk menciptakannya sendiri.

Dengan membaca banyak referensi, seorang anak akan mendapatkan wawasan yang lebih luas. Menulis juga memaksa anak untuk menyusun kosa kata, memilih topik, dan berpikir secara sistematis yang membantu perkembangan intelegensi otaknya secara signifikan.

trauma
(Sumber Gambar: https://peninsulakids.com)

2. Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi

Membuat suatu tulisan memerlukan ide yang kreatif. Menulis bisa menjadi ruang untuk anak mengungkapkan banyak hal yang ada dalam imajinasinya, sehingga kreativitas dan inovasinya akan terus berkembang.

Selain dapat meningkatkan kecerdasan, anak akan terus mengasah kreativitas dan inovasi terbaru yang selama ini tidak bisa dia terapkan di kehidupan sehari-hari. Sebagai gantinya, Bunda juga bisa menilai dan mengevaluasi karakter anak melalui tulisannya, sebab anak akan menulis semua yang ada di pikirannya.

3. Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak

Beberapa treatment penyembuhan kesehatan mental adalah menulis catatan harian, sebab tulisan itu bisa menjadi refleksi terhadap emosi yang dirasakan penderita. Berlaku juga pada anak yang belajar menulis, hal ini mampu melibatkan emosi anak, di mana ia akan menuangkan isi kepala dan hatinya, sehingga kecerdasan emosinya juga akan meningkat.

Selain itu untuk menulis sebuah cerita, anak akan mengembangkan karakter tokoh-tokoh yang dia ciptakan menggunakan imajinasi dan refleksinya terhadap emosi manusia yang dia pelajari selama ini, sehingga menulis bisa menjadi sarana mengembangkan kecerdasan emosi anak.

4. Melatih Kemampuan Problem Solving

Apabila mengembangkan karakter dalam cerita dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak, maka menentukan jalan cerita dan akhir cerita dapat melatih kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.

Anak dapat melatih kemampuan ini melalui cerita sebab menulis cerita membutuhkan pembukaan cerita yang menarik, susunan konflik yang jelas, dan solusi terhadap konflik tersebut. Dari sini akan terlihat bagaimana seorang anak melihat suatu masalah tertentu dan bagaimana ia ingin bertindak dari masalah tersebut.

trauma
(Sumber Gambar: https://staracademykids.com)

Nah, itu dia beberapa manfaat menulis bagi anak usia dini yang tidak hanya menstimulasi imajinasi, tetapi juga bisa mengembangkan kecerdasan emosinya. Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, semoga Ayah dan Bunda dapat mempertimbangkan untuk terus melatih keterampilan berbahasa anak di bidang menulis.

Gramedia Writing Project menyadari permasalahan ini. Bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda, kami berniat meningkatkan minat pada anak generasi ini melalui aktivitas kelas menulis pada webinar Cara Asyik Menulis Cerita! bersama BIP dan GWP. Kegiatan yang akan berlangsung pada 29 Oktober 2022 ini merupakan bagian dari rangkaian acara Generation 5.0 Festival.

AnakKlik untuk Info Lebih Lengkap!

Bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengajak anak-anaknya untuk berlatih menulis melalui kelas dan kompetisi, maka acara ini akan sangat membantu! Webinar ini akan dihadiri oleh penulis dari Bhuana Ilmu Populer, Nindya Maya, dan akan dihadiri oleh pembicara keren lainnya seperti editor dari Bhuana Ilmu Populer, serta Community Development dari Gramedia Writing Project. Tips menulis cerita pada anak akan dibagikan pada acara ini, termasuk dari sudut pandang editor dan publisher!

Selain webinarnya akan berisi talkshow serta kelas menulis yang bermanfaat, acara ini juga menjadi awal dari kompetisi yang bisa menjadi peluang untuk si kecil mengasah kemampuan menulisnya. Pastinya kelas dan kompetisi ini tidak bisa dilewatkan, yuk, segera ajak si kecil untuk ikut acara ini!

Rangkaian Acara Generation 5.0 Festival

Jangan lewatkan pula rangkaian Generation 5.0 Festival lain yang tidak kalah menarik. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Gramedia Digital bersama Komunitas Ibu Pembelajar Indonesia menghadirkan acara ini dimulai dari tanggal 28-30 Oktober 2022.

Dengan semangat kampanye #SahabatTanpaBatas, konten edukasi akan diberikan melalui empat webinar inspiratif dan dua aktivitas interaktif untuk segala usia, mulai dari anak, remaja, orang tua, hingga profesional dan pelaku usaha. Berikut jadwal lengkapnya:

1. Mengelola Mental, Menabung Kebahagiaan - 28 Oktober 2022

Acara ini akan membahas cara menjaga kesehatan mental untuk kebahagiaan bersama Hendrick Tanuwidjaja selalu penulis buku "Mindful is Mind-Less" dan Psikolog Klinis, Nidya Dwika Puteri, M.Psi., pada Jumat, 28 Oktober 2022 pukul 16.00.

AnakKlik untuk Daftar Webinar!

2. SADARI & Sayangi Payudaramu!

Sebagai edukasi mengenai kesehatan fisik yang akan memberikan informasi penting mengenai deteksi dini kanker payudara pada tanggal 28 Oktober 2022 pukul 19.00 malam. Acara akan dihadiri oleh dr. Eka Setya Rahardja, Sp.B, K-Onk., selaku dokter spesialis onkologi dan seorang penyintas kanker payudara dari komunitas Love Pink yaitu Roza Martalisa.

AnakKlik untuk Daftar Webinar!

3. Bisnisku, Passion-ku

Bincang menarik dari para wanita yang berkarya lewat passion-nya. Mulai dari menciptakan produk yang ramah lingkungan hingga memiliki wedding organizer berkonsep less waste, akan disampaikan melalui webinar yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2022 pukul 14.00 siang bersama Sista Mauli, pemilik brand Asal Usul Natural Goods, dan Soraya Ayu Hapsari, pemilik Savitri Wedding.

AnakKlik untuk Daftar Webinar!

4. Warna-Warni Hewan-Hewan Nusantaraku

Spesial untuk anak-anak, Penerbit Bhuana Ilmu Populer akan mengenalkan karakter BIPBIP, hewan endemik Indonesia kepada para peserta. Setelah itu anak-anak akan diajak mewarnai bersama, yang bisa mengasah kemampuan menggambar si kecil. Acara akan berlangsung pada tanggal 30 Oktober 2022 pukul 10.00 bersama Disa Pracita selaku ilustrator dan desainer BIPBIP.

AnakKlik untuk Daftar Webinar!

5. Taktik Jitu Bikin Konten Slay

Pada hari yang sama di jam yang berbeda akan ada sharing session dari penulis yang merupakan praktisi marketing dan penulis berbagai buku untuk melakukan pemasaran di media sosial, yaitu Jefferly Helianthusonfri, yang akan memberikan kiat-kiat mudah dalam melakukan digital marketing dan content creation. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 30 Oktober 2022 pada pukul 14.00 siang.

AnakKlik untuk Daftar Webinar!

Nah, itu dia serangkaian acara Generation 5.0 Festival yang pastinya menarik, seru, dan bermanfaat untuk diikuti! Jangan sampai lewatkan seluruh acara ikuti seluruh acaranya, segera daftarkan dirimu atau anak-anak pada tautan berikut!

Acara ini TERBUKA dan GRATIS untuk kamu SEMUA pelanggan Full Premium Package Gramedia Digital dan BOOKR Class! Kalau kamu merasa sudah berlangganan, langsung saja daftar untuk ikut webinarnya!

AnakKlik untuk Info Lebih Lengkap!

Admin tunggu kehadiranmu di ruang Zoom Webinar yaa! Sampai bertemu! 🤗


Sumber foto header: parenting.firstcry.com

Penulis: Shaza Hanifah

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus