Beralih Baca E-book? Ini 7 Manfaat yang Perlu Kamu Tahu

Beralih Baca E-book? Ini 7 Manfaat yang Perlu Kamu Tahu

. 2 min read

Zaman semakin canggih. Segala sesuatu kini bisa didapati melalui satu media, smartphone. Buku cetak pun ikut berevolusi menjadi buku elektronik atau lebih dikenal sebagai e-book.

Meski masih sering dipandang sebelah mata, e-book sebenarnya lebih memiliki keunggulan dibanding pendahulunya, si buku cetak. Padahal di Amerika Serikat, buku cetak mulai kalah eksis dari e-book, lho!

Kira-kira apa saja sih keunggulannya? Ini dia, 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membaca e-book.

1. Lebih Murah

Ingin banyak baca buku tapi kantong masih sulit diajak bersahabat? E-book solusinya! Dibanding buku cetak, e-book bisa kamu dapatkan dengan harga lebih murah. Ini menjadi alasan utama para pembaca buku beralih ke e-book.

Jangan kaget ya, karena kamu bisa saja mendapati buku yang sama persis dengan harga yang 2 hingga 3 kali lebih murah!

2. Anti Rusak

Karena tidak memiliki bentuk fisik, kamu tidak perlu takut lagi jika bukumu akan tertekuk, kotor, ataupun sobek. Selama tidak ada virus dalam smartphone kalian, dijamin, buku kalian tersimpan aman!

3. Mudah Dibawa

Karena buku kini sudah sebesar genggaman, tidak ada alasan lagi dong untuk tidak membaca buku?

Berbeda dengan buku cetak yang akan memakan ruang di dalam tasmu, atau menambah beban di tanganmu. E-book juga memungkinkan kita untuk membawa banyak buku dalam satu waktu, cukup disimpan dalam flashdisk ataupun memori smartphone-mu.

4. Mudah Ditandai

Seringkali buku tidak kita selesaikan dalam satu waktu. Menandai buku cetak hanya akan merusak bukumu. Sayang kan kalau dilipat? Bahkan meskipun kamu sudah menandai buku itu dengan pembatas buku yang tipis, buku bisa jadi melengkung, lho.

Nah, e-book memungkinkan kalian untuk menandai halaman baca terakhir karena memiliki fitur bookmark. Nggak perlu takut buku rusak lagi deh.

5. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan e-book, kita telah membantu mengurangi penggunaan kertas yang bahan bakunya berasal dari pohon. Tinta pun menjadi tidak perlu lagi.

Yakin kamu aktivis lingkungan? Sudah ganti bukumu dengan e-book belum?

6. Tidak Perlu Takut Kehabisan Stok

Nah ini yang paling menyenangkan. Kapan pun kamu ingin beli e-book, pasti akan selalu ready stock. Tanpa perlu cek sana sini toko buku mana yang masih menyediakan buku tersebut.

7. Bisa Atur Kenyamanan

Kenyamanan di sini bisa banyak hal. Mulai dari pencahayaan, ukuran tulisan, sampai media yang kalian gunakan untuk membaca.

E-book akan memudahkan kalian yang merasa tulisannya terlalu kecil, ataupun pencahayaan sekitar yang kurang mendukung karena bisa dibaca melalui smartphone.

Kamu pun bisa membacanya melalui tablet ataupun laptop jika dirasa itu lebih nyaman.


Jadi, sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak membaca? Apalagi kini Gramedia Digital hadir dengan koleksi yang lebih update dan lengkap.

Gramedia Digital menyediakan konten-konten digital seperti Buku, Majalah, Koran, dalam bentuk digital dengan lebih dari 45 ribu judul buku yang didukung lebih dari 800 penerbit dari dalam maupun luar negeri.

Dengan harga yang lebih terjangkau, kamu pun bisa menemmukan buku-buku favoritmu dengan mengunduhnya di Aplikasi Gramedia Digital yang tersedia di Google Playstore dan App Store.

View this post on Instagram

Gramedia Digital is back! Dengan ribuan eBook dari buku terlaris, buku anak-anak, manga, biografi, majalah terpopuler, dan surat kabar dari berbagai dunia, sekarang Anda bisa baca dimana saja dan kapan pun lewat smartphone-mu. Jelajahi bacaan yang Anda suka melalui kategori terlengkap. Anda bisa mobile reading sewaktu lagi bosan menunggu, dengan pengalaman membaca yang lebih nyaman, seperti hadirnya fitur zoom, pilih ukuran font, tandai halaman dengan bookmark dan ‘sunset mode’ dengan tampilan temaram. Hayo, mau baca dimana sekarang? Menikmati novel di dalam pesawat, baca komik di toilet, atau merenung sejenak di pinggir pantai dengan buku puisi? Download sekarang aplikasi Gramedia Digital di App Store dan Google Play Store, banyak promo dan buku menarik menunggumu. Happy e-reading!

A post shared by Gramedia Digital (@gramediadigital) on


Header image source: GeekWire