Contoh Komik Pendidikan: Belajar Tidak Lagi Membosankan

Contoh Komik Pendidikan: Belajar Tidak Lagi Membosankan

. 6 min read

Komik Pendidikan - Bukan hanya orang dewasa yang merasa jenuh terus-terusan bekerja di rumah dan segala kegiatan jadi terbatas. Sama dengan anak-anak yang sekolahnya harus di rumah, dipenuhi banyak tugas, yang akhirnya membuat mereka bosan bahkan stres.

Mengajari anak di rumah bukan hal yang mudah untuk guru maupun orang tua di masa seperti ini. Beberapa anak mungkin jadi lebih sering melihat smartphone-nya dibanding buku. Nah, agar belajar semakin menyenangkan, sudah mencoba pakai buku komik pendidikan untuk anak-anak belajar?

Ada banyak sekali tema komik pendidikan yang cocok untuk anak-anak. Dari sains, teknologi, satwa, sejarah, agama, pengembangan diri, konsep-konsep hidup, biografi tokoh, dan masih banyak yang lainnya, baik pelajaran yang ada di sekolah maupun yang tidak.

Dikutip dari suara.com (2020), CEO Pendidikan.id, Santoso Suratso mengatakan, survey mereka membuktikan bahwa komik pendidikan jadi pilihan pertama yang paling disenangi ribuan murid di Indonesia. Hal ini bisa membangun kemauan anak belajar sendiri di rumah tanpa harus dipaksa.

Komik ini bukan sekadar hanya untuk hiburan, tapi ada banyak manfaatnya untuk anak-anak lho. Dari meningkatkan minat baca, meningkatkan daya imajinasi, dan tentunya belajar banyak pengetahuan baru dengan cara yang lebih fun! Nah, berikut manfaat membaca komik pendidikan yang sudah Admin dapatkan dari berbagai sumber.

Manfaat Baca Komik Pendidikan

1. Jadi Lebih Suka Membaca

Dibandingkan membaca buku pelajaran, komik pastinya akan lebih menarik perhatian anak-anak karena ada gambar berwarnanya. Komik pendidikan yang menjelaskan banyak pengetahuan seperti sains, akan terasa lebih ringan dibaca karena dipenuhi ilustrasi yang menarik.

manfaat
Sumber foto: bp-guide.id

Jika tadinya ayah dan bunda menganggap baca komik bisa mengganggu waktu belajar, coba pikirkan lagi dengan memberikan mereka komik pendidikan. Jika membaca komik bisa buat lupa waktu, berarti anak-anak bisa menyelesaikan satu komik dalam waktu cepat. Isi ilmu pengetahuan di dalamnya pun akan mudah terserap anak-anak, sehingga mereka ingin membaca buku baru lainnya lagi.

2. Banyak Ilmu yang Diserap

manfaat
Sumber foto: theurbanmama.com

Visualisasi pada gambar komik serta dialog alur cerita yang ringan, mempermudah anak-anak untuk memahami materi yang disampaikan. Segala pengetahuan yang mungkin sulit untuk dimengerti, akan lebih mudah dicerna dengan menikmati gaya komik yang khas. Bahkan anak-anak pun tidak akan merasa jika mereka tengah membaca buku ilmu pengetahuan.

3. Meningkatkan Daya Imajinasi dan Kreativitas

manfaat
Sumber foto: Republika Online

Membaca cerita bergambar dengan penuh warna akan membantu anak-anak memvisualisasikan jalan cerita dan menumbuhkan daya imajinasnya lewat gambar yang dibaca. Anak yang gemar membaca komik juga tercipta ruang untuk berimajinasi, yang akan berkembang jadi kreativitas. Kemungkinan besar mereka dapat belajar menggambar juga.

4. Mudah Memahami Konsep

Dalam komik pendidikan biasanya tidak secara gamblang menjelaskan sisi ilmu pengetahuannya, tapi lewat tokoh yang berperan dalam alur cerita, dan ada juga yang dibalut dengan komedi. Pelajaran sains yang mungkin sulit untuk dimengerti anak, akan lebih menyenangkan untuk dibaca, dan anak-anak akan lebih mudah mengerti konsep yang dijelaskan dalam cerita tersebut.

manfaat
Sumber foto: mnurulikhsansaleh.com

Penelitian dari Universitas PGRI Semarang menemukan bahwa media komik efektif terhadap kemampuan pemahaman siswa, dan meningkatkan minat belajar mereka (ejournal.upi.edu, 2016). Segala pengetahuan jadi lebih efektif disampaikan lewat cerita bergambar ini.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Visual pada komik membantu anak untuk mengingat dan memahami sesuatu dengan lebih cepat. Gambar tersebut yang membuat anak bisa cukup lama mengingat isi komik.

manfaat
Sumber foto: suara.com

Coba minta anak menceritakan kembali isi bacaan yang sudah mereka baca. Hal tersebut bisa merangsang kembali daya ingat dalam merekam alur ceritanya. Alur cerita yang menarik dan cukup mudah dipahami, juga memudahkan anak dalam menyerap dan mengingat isi dalam komik tersebut.

Selain itu, memperkenalkan anak dengan buku bisa membuat mereka untuk mencintai buku. Ada banyak sekali pilihan komik pendidikan di Gramedia.com yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelajaran sekolah dan untuk menambah ilmu pengetahuan buah hati.

Rekomendasi Komik Pendidikan yang Paling Laris

Why? Egypt

Belajar tentang negara Mesir jadi lebih seru! Gambar-gambarnya mendukung untuk memahami sejarah serta seluk beluk Mesir lebih dalam. buku komik pendidikan why egypt.

WhyBeli Sekarang!

Educomics: Keluarga Super Irit 37: Menggalang Dana Bersama

Komik Pendidikan ini Belajar berhemat sekaligus jadi melek finansial sejak dini. Kali ini Keluarga Super Irit menghadapi masalah saat mengikuti tren ekonomi terbaru, yaitu crowdfunding.

keluargaBeli Sekarang!

Lewat cerita Sogeum, Deollong, dan teman-teman, mereka berusaha membantu perkebunan Kakek Chaeun yang terkena dampak angin topan lewat bantuan dari crowdfunding sambil menjelaskan apa itu crowdfunding dengan lebih sederhana.

Pelajaran olahraga selain dilakukan secara langsung untuk menguji fisik, ada prinsip sainsnya juga lho!

cookieBeli Sekarang!

Pelajaran sepak bola, bulu tangkis, lari, renang, dan lainnya terdapat prinsip sains yang bisa menambah ilmu anak-anak terhadap pelajaran olahraga di sekolahnya.

Komik Pintar: X-Venture the Golden Age - Kemurkaan Sang Mumi

Alex yang ingin jadi petualang nomor satu di dunia, pergi ke Mesir untuk mencari Kereta Kuda Emas legendaris milik Ramses II. Ketika kapal udaranya kandas di tengah gurun, dia diselamatkan oleh Amon, pemiliki penginapan yang baik hati.

komikBeli Sekarang!

Ikuti petualangan mereka menjelajahi Mesir dan mencari benda legendaris sambil belajar sejarah mumi di buku komik pendidikan ini!

Why? People - Elon Musk

Biografi Elon Musk si pengusaha yang memimpin era Revolusi Industri ke-4, dijelaskan secara lengkap kesuksesannya memimpin perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX melalui Komik Pendidikan ini.

whyBeli Sekarang!

Kisah perjuangan dan kegigihannya dalam berinovasi untuk menyelamatkan manusia dan lingkungan sangat inspiratif, dan bisa memberikan pelajaran hidup untuk anak-anak!

Why? Medication And Treatment

Kenapa sih kita harus minum obat? Obat itu berasal dari mana? Cara membuatnya bagaimana? Siapa yang meracik obat? Apakah obat bisa membahayakan juga?

whyBeli Sekarang!

Nah, buat para orang tua yang bingung menjelaskan hal-hal mengenai pengobatan kepada si kecil, bisa banget coba pakai komik Pendidikan ini. Dalam bukunya akan dijelaskan secara ringan seluk beluk masalah obat, khasiat, serta keamanan dari obat yang beredar di pasaran.

Why? Matematika 4

Belajar matematika jadi lebih mudah lewat cerita bergambar. Pada buku ini akan mempelajari tentang STEAM atau kepanjangan dari Science (ilmu pengetahuan), Technology (teknologi), Engineering (teknik), Art (kesenian), dan Mathematics (matematika).

whyBeli Sekarang!

Unsur ini saling berpengaruh dalam memajukan kehidupan kita. Dari buku Komik Pendidikan ini, anak akan dibantu dalam pemecahan soal dengan sudut pandang yang kreatif, lebih penting daripada berlatih mengingat dan menghitung ketika belajar matematika.

Educomics Plants VS Zombies: Makhluk Prasejarah

Petualangan Plants VS Zombie kali ini mencari tahu makhluk prasejarah yang lebih dulu ada di Bumi. Ada beragam fakta menarik mengenai makhluk prasejarah, seperti prokariota, ganggang, dinosaurus, mammoth, dan lainnya.

plantsBeli Sekarang!

Komik pendidikan ini berisikan kumpulan cerita lucu yang berkaitan dengan pengetahuan sains. Ditemani karakter dari permainan terkenal Plants VS Zombie, komik ini membuat anak lebih mudah belajar dan memahami sains populer.

Good Morning Teacher! Lesson 01

goodBeli Sekarang!

Belajar sambil bereksplorasi, berpetualangan, dan merasakan serunya dunia sains bersama si usil Rain, si pintar Sean, dan si baik hati Stone di sekolah mereka, yuk! Belajar sains jadi tak membosankan dan lebih seru bersama mereka.

Semua barang-barang seperti listrik atau peniti, hmm.. siapa yang menemukan ya?

cookieBeli Sekarang!

Cari tahu dalam buku ini yang menceritakan berbagai penemuan dengan teknologi canggih, seperti serat pembangkit tenaga listrik pribadi, hyperloop, dan bio plastik, namun ada pula penemuan yang terlahir dari teknologi sederhana, seperti peniti, plester sekali pakai, dan celana dalam.

Itu dia rekomendasi komik pendidikan yang bisa diberikan ke anak-anak untuk mengisi waktu luang mereka. Selain menghilangkan kebosanan, bisa juga menambah ilmu pengetahuan.

Yuk, beli sekarang selagi ada diskon menggiurkan!

promoKlik untuk Lihat Koleksi Komik Pendidikan Lainnya!


Sumber foto header: mommiesdaily.com