Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Manfaat Baca Ensiklopedia bagi Anak

Manfaat Baca Ensiklopedia bagi Anak

Anak-anak mempunyai imajinasi dan keingintahuan yang besar. Ensiklopedia bisa jadi bantuan untuk memberikan pengetahuan dan ilmu berdasarkan fakta yang sebenarnya. Apalagi, sekarang sudah banyak pilihan ensiklopedia khusus anak-anak dengan gambar yang menarik dan bahasa yang ringan, sehingga lebih mudah dimengerti. Ensiklopedia bisa jadi tambahan sumber edukasi yang baik.

Selain menumbuhkan kebiasaan gemar membaca, ensiklopedia juga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Kira-kira apa lagi ya manfaatnya?

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Manfaat
Sumber foto: Tanotofoundation.org

Ensiklopedia bisa membuka wawasan anak-anak tentang berbagai ilmu ataupun pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya mereka tidak ketahui. Seperti kesehatan, tanaman, teknologi, sains, sejarah, agama, budaya, dan lain-lain. Sangat bermanfaat bagi anak-anak yang saat ini masih sekolah.

2. Mengetahui Suatu Hal dengan Rinci dan Sesuai Fakta

Manfaat
Sumber foto: my-best.id

Ensiklopedia berisi informasi yang valid dan benar. Oleh karena itu, ensiklopedia bisa menjawab pertanyaan anak tentang sesuatu hal atau kejadian yang mungkin mereka tanyakan asalnya. Hal-hal yang dibahas juga dijelaskan secara detail dan rinci sesuai dengan fakta yang ada. Sehingga anak akan tahu lebih banyak lagi. Ensiklopedia juga bisa jadi bahan rujukkan untuk mengerjakan tugas sekolah.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Manfaat
Sumber foto: careforkids.com.au

Membaca buku apapun, bisa melatih buah hati fokus dan tidak mudah teralihkan saat melakukan sesuatu. Hal ini karena konsentrasi akan meningkat ketika sedang membaca. Kebiasaan membaca juga membuat otak mengingat berbagai hal dengan mudah, daya ingat pun akan semakin terasah. Nah, semua ilmu baru dari ensiklopedia, bisa mudah diingat anak dan menambah wawasannya

Saat ini di Gramedia.com sudah tersedia banyak ensiklopedia baru yang cocok untuk anak-anak. Klik judul untuk beli bukunya, yuk.

Wow! Ensiklopedia 4D: Dinosaurus

Wow!
Sumber: Gramedia.com

Ensiklopedia Saintis Junior: Sains

Ensiklopedia
Sumber: Gramedia.com

Wow! Ensiklopedia 4D: Rahasia Samudra

Wow
Sumber: Gramedia.com

Ensiklopedia Cerdas: Sekolah

Ensiklopedia
Sumber: Gramedia.com

Wow! Ensiklopedia 4D: Keajaiban Dunia

Wow
Sumber: Gramedia.com

Ensiklopedia Balita Cerdas : Emosi

Ensiklopedia
Sumber: Gramedia.com

Ensiklopedia Mini: Alam Semesta

Ensiklopedia
Sumber: Gramedia.com

Ayah dan bunda boleh ikut dampingi anak membaca ya, bisa dengan membantu menceritakannya dengan sederhana. Nah, aktivitas tersebut juga akan meningkatkan kedekatan antara anak dan orangtua, lho.

Di Gramedia.com tersedia ensiklopedia dengan berbagai macam topik serta gambar-gambarnya yang menarik. Lalu ada juga potongan harga hingga 90%. Pantau terus dari tanggal 2-7 Februari 2021 untuk ikuti semarak Online Book Festival!


Sumber foto header: briebrieblooms.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter