5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

. 5 min read

Waktu luang terasa lebih banyak di masa pandemi ini. Lalu, sudah berapa jam yang kalian gunakan hanya untuk scroll timeline di media sosial? Dan sudah berapa banyak buku yang kamu baca?

Tidak masalah untuk membuka media sosial, namun jika terlalu lama menatap layar smartphone, bisa mengurangi daya penghilatan pada mata loh. Sedangkan membaca buku, memiliki segudang manfaat. Selain menghibur, membaca buku juga menambah wawasan dan bahkan bermanfaat bagi kesehatan!

Dikutip dari klikdokter (19/01/21) dan halodoc (18/05/20), ini dia manfaat sering membaca buku untuk kesehatan otak:

1. Meningkatkan Konektivitas Otak

Karena kita membaca tulisan, aktivitas ini memicu hubungan pada temporal cortex kiri atau area terkait penenerimaan bahasa. Riset dari Emory University’s Center for Neuropolicy mengungkapkan hubungan ini akan meningkatkan neuron di otak.

manfaat
Sumber foto: Unsplash

Ketika kita memproses huruf, kata, kalimat, hingga cerita, semua akan mengaktifkan saraf-saraf dan otak akan bekerja lebih keras. Dan membaca dapat melatih memori otot kita dan meningkatkan konsentrasi.

2. Meningkatkan Aktivitas Sensorik

manfaat
Sumber foto: Shutterstock

Ketika kita membaca, neuron pada aera sulkus-sentral otak yang bekerja terhadap aktivitas motorik sensorik primer, aktif dan menciptakan sensasi cerita yang sedang kita baca. Cerita yang kita baca tak hanya membentuk imajinasi atau theatere of mind, tapi benar-benar memengaruhi proses biologi dalam otak. Maka dari itu, membacakan buku pada anak juga sangat berpengaruh positif terhadap sensoriknya.


Baca juga: Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak


3. Meningkatkan Daya Ingat

Buat kamu yang punya masalah short-term memory atau sering banget kambuh pelupanya, coba jadikan membaca buku menjadi kegiatan sehari-hari. Saat membaca, kita memproses sebuah narasi dan informasi secara linier dan otak memerlukan waktu untuk mencernanya. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan memori jangka panjang.

manfaat
Sumber foto: forafinancial.com

Otak tidak hanya menguraikan kata-kata yang sedang kita baca, tapi neurobiologis kita juga memproses gambar dan ucapan yang muncul. Otak mengatur penglihatan dan bahasa secara bersama, untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan mudah diingat saat membaca. The Best Brain Possible mengatakan bahwa hal inilah yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Kegiatan membaca sangat melatih banyak fungsi otak, seperti proses visual, kesadaran fonemik dan pemahaman, serta pendengaran. Penelitian dari Haskins Laboratories for the Science of the Spoken and Written Word menjelaskan bahwa membaca memberikan banyak waktu untuk memproses, berpikir, serta membayangkan narasi. Aktivitas membaca sama dengan meningkatkan kapasitas memori.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit ini biasa diderita oleh lansia yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Tahukah kamu bahwa sampai saat ini belum ada obat penawar Alzheimer? Maka dari itu, untuk mengisi waktu luang kita isi dengan baca buku yuk!

manfaat
Sumber foto: iStockphotos

Karena membaca buku dapat meningkatkan daya ingat seseorang, tentunya hal ini juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Jika kamu sering membaca, otak kamu akan dirangsang dan stimulasi secara teratur dapat membantu pencegahan gangguan otak.


Baca juga: 5 Cara Mudah Membaca Banyak Buku


5. Mencegah Stres

Siapapun bisa merasakan stres kapan saja dan di mana saja. Baik karena pekerjaan, keluarga, kemacetan, atau mungkin cinta. Biasanya seseorang akan menonton film, mendengarkan musik, atau jalan-jalan untuk mengusir penat dan mengurangi rasa stres. Tapi tahukah kamu bahwa baca buku mampu menurunkan stres lebih ampuh dibanding kegiatan lain?

manfaat
Sumber foto: Getty Images

Dilansir dari Huffpost, dibanding berjalan kaki atau mendengarkan lagu, membaca buku lebih efektif menurunkan stres. Ada juga penelitian di Inggris yang melibatkan sejumlah peserta dalam kegiatan yang memicu kecemasan, dan mereka diberikan waktu melakukan sejumlah aktivitas. Terbukti orang-orang yang membaca telah menurunkan tingkat stres mereka hingga 67%.

Penelitian dari University of Sussex juga mengungkapkan bahwa dengan membaca  buku selama 6 menit, level stres bisa berkurang hingga 68%, karena imajinasi yang muncul mampu melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

Membaca terbukti memberikan efek yang besar terhadap otak kita bukan? Hal ini sama dengan saat kita jogging yang melatih jantung, sedangkan membaca melatih fungsi memori otak.


Baca juga: Coba Cara Ini agar Mudah Terbiasa Membaca Buku


Nah, buat para Grameds yang lagi mencari 'ransum' bacaan baru, Admin mau kasih rekomendasi buku seru dan ringan yang bisa kalian coba. Check this out!

Hai, Miiko! 33

haiBeli dan Baca Sekarang!

Membaca komik memang selalu menarik, terlebih karena ceritanya yang ringan dan bisa cepat diselesaikan. Di volume ini, jadi momen terakhir Miiko sebagai anak SD. Teman-temannya pun berusaha melakukan cara agar Tappei dan Miiko lebih dekat sebelum mereka masuk ke SMP. Dijamin cerita Miiko ini bisa buat kalian tersenyum sendiri!

Buku Minta Disayang

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini adalah kumpulan puisi karya Rintik Sedu, yang juga penulis novel best seller, Geez & Ann. Mblo dan Mblu hadir kembali dalam buku ini loh. Nah, kalau kemarin bukunya Minta Dibanting, sekarang Minta Disayang. Hayoo, jadi makin penasaran kan sama puisi-puisinya?🤭

Ten Years Challenge

TenBeli dan Baca Sekarang!

Novel yang ringan dan penuh pesan kehidupan. Mengangkat tema "rebirth", sang tokoh utama dihadapkan pada kecelakaan, yang ternyata membawanya kembali ke masa 10 tahun lalu. Ia pun berusaha memperbaiki kesalahannya yang lalu. Namun, hidup selalu punya rencana lain yang membuatnya bimbang pada pilihan lain. Baca sekarang biar nggak penasaran dengan rencana yang dilakukannya ya!

Ada Alien di Luar Angkasa?

adaBeli dan Baca Sekarang!

Baca buku buat otak jadi pintar, baca buku bisa tambah wawasan. Buat kamu yang penasaran akan jawaban dari pertanyaan seperti pada judul buku ini, wajib baca buku ini. Penuh dengan gambar berwarna yang nggak akan buat kamu boring, buku ini akan menceritakan misi besar dalam pencarian makhluk asing dan membahas segala hipotesis tentang dunia luar angkasa!

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

youBeli dan Baca Sekarang!

Selain tingkatkan kinerja otak, baca buku juga tambah ilmu dan bisa meningkatkan kualitas diri lho! Buku ini cocok bagi kamu yang merasa pekerjaanmu itu tidak sesuai dengan apa yang kamu suka, passion yang ternyata tidak menghasilkan pundi-pundi, atau galau akan karir dan masa depan sendiri. Di dalamnya ada tips untuk bisa mengenal diri sendiri lebih dalam, agar kamu bisa menemukan jawaban bahwa hidup kamu, karir, bisnis, hubungan, dan keuangan, akan menjadi ekstensi dirimu sendiri.

Nah, Grameds, mari kita mulai hari ini untuk rutin membaca ya. Bisa dimulai dengan baca 10 halaman per hari, hingga nantinya kamu terbiasa membaca buku setiap hari, lalu rasakan manfaatnya dalam hidup kamu!


Sumber foto header: Unsplash