Mampu Mengasah Otak, Ini Manfaat Belajar Coding untuk Anak-Anak

Mampu Mengasah Otak, Ini Manfaat Belajar Coding untuk Anak-Anak

. 4 min read

Ketika mendengar coding, mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa ini adalah hal yang rumit. Coding yang biasa dilakukan oleh para ahli IT ini, adalah sebuah bahasa pemrograman yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah perintah pada komputer atau gawai, dalam membuat website, aplikasi, memproses data, menggerakan robot, membuat animasi, atau bahkan menciptakan game.

Nah, di era digital seperti sekarang, anak-anak pun tumbuh dalam dunia teknologi yang serba cepat. Tak mengherankan jika kini mereka begitu dekat dan pandai menggunakan gawai. Alih-alih hanya memainkannya, kita bisa mengajak anak lebih jauh mengenal ke balik pembuatan aplikasi atau game itu sendiri.

Ya, coding bisa dikenalkan pada anak-anak untuk bisa mengajak lebih dari sekadar memainkan game. Coding bisa menjadi bekal untuk masa depan anak dalam menghadapi perkembangan teknologi dan mengembangkan soft skill. Apalagi, kini berkarier di bidang IT menjadi ladang yang paling bergengsi dan banyak dibutuhkan industri.

Lalu, apa sih manfaat mengenalkan anak pada coding sejak dini?

Manfaat Belajar Coding untuk Anak-Anak

1. Fasih Berteknologi

Dengan memahami bahasa pemrograman ini, tentunya anak-anak jadi lebih siap menghadapi perkembangan teknologi. Anak diajak lebih dekat dalam pembuatan teknologi itu sendiri, di mana mereka tak sekadar memainkan aplikasi dalam gawai atau komputer, tapi mereka yang membuatnya.

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang positif dalam menanamkan daya saing anak di masa depan. Apalagi, skill ini sangat mampu menjadi bekal dalam masa depan karir anak.

kelas
Manfaat Belajar Coding untuk Anak (sumber gambar: thestempedia.com)

2. Mengasah Kreativitas dan Computational Thinking

Coding memungkinkan kita untuk bermain logika. Konsep algoritma sederhana dalam coding, mengasah kemampuan anak dalam berpikir secara runtut, terstruktur, sistematis, dan kreatif.

Dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau membuat game, tentunya anak terdorong untuk mengembangkan imajinasinya untuk membuat animasi, memunculkan gambar, tulisan, suara, atau membuat variasi lainnya. Dengan begitu, anak terpacu untuk membuat sesuatu yang kreatif, dan konsep berpikir logisnya pun akan terbentuk.

kelas
Manfaat Belajar Coding untuk Anak (sumber gambar: scratchfoundation.org)

3. Melatih Problem Solving

Untuk yang berkecimpung di dunia pemrograman, pasti sering menghadapi kesalahan dalam menyusun kode. Nah, saat anak menemukan kesalahan dalam pemrogramannya, otak anak dituntut untuk memecahkan masalah yang terjadi, dan mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut dengan menuliskan kode yang tepat.

Manfaatnya begitu besar, bukan? Jadi, tak ada salahnya untuk mengenalkan anak pada kemampuan ini. Namun, hanya mengenalkannya saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan praktik. Jika kamu belum mahir dalam mengajari anak sendiri, kamu bisa ajak anak untuk mengikuti kelas di Kodingbean.

Kodingbean, Kelas Private Online Coding Khusus Anak

Kodingbean memberikan kelas eksklusif secara online dan private 1 on 1, dengan menyediakan materi ajar koding kepada anak-anak untuk umur 6 hingga 17 tahun.

Kodingbean menyajikan kurikulum teknologi yang holistik, di mana mencakup dasar pengkodean, eksplorasi ilmiah, bagaimana pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, hingga rancangan berpikir. Semua materi ini dapat tersampaikan dengan baik lewat kelas private-nya, yang memungkinkan anak untuk mampu menyerap dan memahami konsep materi dengan optimal.

Pengajar di Kodingbean berasal dari lulusan jurusan teknik di kampus ternama dan menguasai multibahasa. Bahasa pengantar di kelas Kodingbean pun bisa dilakukan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Dengan mengikuti kelas di Kodingbean, anak-anak akan mampu mengembangkan aplikasinya sendiri, dan mampu membuat games serta situs web sendiri. Dengan begitu, kemampuan anak mulai dari kreativitas, logika berpikir, problem solving, design thinking, hingga cognitive flexibility, dapat terasah dengan maksimal.

Dibagi dalam lima tingkatan kelas, anak-anak bisa memulai kelas sebanyak 1-2 kali seminggu, dengan durasi selama 1 jam. Setiap kelas tentu akan mendapatkan sertifikasi dan menghasilkan karya sendiri.

kelas
Tingkatan Kelas di Kodingbean

Coding bisa menjadi bekal untuk masa depan anak dalam menghadapi perkembangan teknologi dan mengembangkan soft skill. Apalagi, kini berkarier di bidang IT menjadi ladang yang paling bergengsi dan banyak dibutuhkan industri. Selama anak sudah terbiasa menggunakan gawai dan sudah bisa membaca, yuk ajak si kecil membuat game hingga aplikasinya sendiri bersama Kodingbean!

Pendaftaran kelas sudah bisa dilakukan di Gramedia.com dengan harga spesial! Ada diskon 30% untuk seluruh kelas yang bisa langsung diikuti anak-anak. Klik gambar di bawah ini untuk temukan seluruh kelasnya!

rekomendasiTemukan Kelasnya di Sini!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Kodingbean di Gramedia.com, kamu bisa menghubungi customer service kami di nomor WhatsApp 081370708828.

Selamat mencoba bersama si kecil! 🧑‍💻


Sumber gambar header: scratchfoundation.org

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!