Menguak Makna Tersembunyi di Balik Logo HUT RI ke-73

Menguak Makna Tersembunyi di Balik Logo HUT RI ke-73

. 3 min read

Untuk menyambut peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2018 ini, pemerintah melalui Sekretariat Negara Republik Indonesia telah meluncurkan logo resmi pada 12 Juli lalu.

Dilansir dari laman Setneg.go.id, logo tersebut ditujukan untuk seluruh elemen masyarakat agar mereka dapat menggunakannya sebagai branding bersama dalam menyelenggarakan acara-acara tertentu untuk memperingati HUT RI ke-73.

Nah, di antara sahabat Grameds di sini, ada yang penasaran nggak sih dengan makna di balik logo tersebut? Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Bersanding dengan logo Asian Games

Ada yang berbeda dari logo HUT Republik Indonesia ke-73 kali ini. Selain desain logonya yang makin keren, logo tersebut juga memuat logo Asian Games yang disematkan bersanding dengan angka 73. Hmm, kira-kira apa ya maksudnya?

Yap, seperti yang kita tahu tahun 2018 ini Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games. Ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali ini akan dihadiri oleh negara-negara peserta se-Asia.

Pelaksanaan pembukaan Asian Games bersinergi dengan pelaksanaan upacara kemerdekaan yang nantinya dihelat di Istana Merdeka. Rencananya pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti, tepat sebelum penurunan bendera pusaka, obor Asian Games akan diberikan pada Presiden Jokowi. Setelahnya obor akan dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk opening ceremony Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus 2018.

2. Visualisasi angka 73

Simbol angka 73 pada logo menampilkan bentuk garis-garis dinamis, yang berarti suatu kemajuan dalam bekerja dan melambangkan semangat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Uniknya, pembuatan visual angka 73 tersebut dibuat dengan proporsi dan perhitungan tersendiri dengan tujuan untuk menjaga konsistensi dan citra karakter logo, sekaligus menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.
Logo-HUT-RI-73-Gramedia.com-1

3. Slogan Kerja Kita, Prestasi Bangsa

Di bawah logo angka 73 terdapat slogan “Kerja Kita, Prestasi Kita”. Slogan tersebut terinspirasi dari identitas Asian Games XVIII, “The Energy of Asia” dan cerminan dari masa pemerintahan Presiden Jokowi yaitu “Kerja”. Kerja dan energi pada logo itu digambarkan dengan garis dinamis yang melambangkan kemajuan.

Warna primer yang digunakan dalam pembuatan logo adalah warna merah, putih, dan hitam. Pemilihan warna tersebut sama dengan tahun sebelumnya, yaitu melambangkan bendera negara Indonesia. Untuk sahabat Grameds yang bingung dengan komposisi warna yang digunakan, pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran penggunaan kode warnanya. Warna kodenya adalah RED #DA1F26, WHITE #FFFFFF, dan BLACK #414042. Sementara untuk slogannya menggunakan typeface bernama Geometria.

5. Tema utama

Tema utama dalam perayaan kemerdekaan tahun ini adalah “Energi dan Kerja”. Pemilihan tema tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu bagi masyarakat agar dapat bekerja sama menyukseskan Asian Games 2018. Dengan harapan, Indonesia mampu membuktikan dirinya mampu menjadi tuan rumah yang baik di mata internasional.


Nah, sekarang sudah tahu kan apa makna yang tersirat di balik logo HUT RI ke-73? Bukan sembarang design, namun logo tersebut juga menyimpan filosofi-filosofi menarik yang lekat dengan semangat kemerdekaan dan juga Asian Games.

Jangan sedih, suatu hari nanti kamu juga bisa kok terlibat dalam proses kreatif pembuatan official logo ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Jika kamu punya passion di bidang graphic design, kamu bisa mulai dengan membaca rekomendasi-rekomendasi buku berikut ini.

Teknik Design Ilustrasi dan Karakter dengan Photoshop

ID_TDI2018MTH07TDI__w200_hauto

Ragam Tutorial Design Grafis bagi Pemula

9786020477961_Ragam-Tutoria__w200_hauto

Desain Kartun & Karikatur dengan Adobe Ilustrator

9789792960570_jual_buku_desain_kartun_karikatur_dengan_adobe_ilustrator__w200_hauto

Design to Grow

ID_KPG2016MTH04DTGR_C__w200_hauto