Menguak Makna Logo dan Maskot Asian Para Games 2018

Menguak Makna Logo dan Maskot Asian Para Games 2018

. 2 min read

Ajang kompetisi olahraga bagi atlet-atlet difabel di tingkat Asia atau yang dikenal dengan Asian Para Games tahun ini dilaksanakan padal 6 hingga 13 Oktober 2018 di Jakarta, Indonesia. Acara ini diorganisir oleh Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) bersama Asian Paralympic Committee (APC).

Indonesia sebagai tuan rumah tentu telah mempersiapkan acara ini dari berbagai aspek. Mulai dari opening ceremony, lagu resmi, tempat dan fasilitas acara, serta logo dan maskot Asian Para Games 2018.

Bicara tentang logo dan maskot, Asian Para Games 2018 memiliki logo dan maskot yang berbeda lho dengan Asian Games 2018. Penasaran seperti apa logo dan maskotnya?

Maskot Asian Para Games 2018

momo-asian-para-games-1Source: Kompas.com

Bagi para penggemar maskot Asian Games 2018, Bhin-bhin, Atung, dan Kaka, ini saatnya kalian move on ke maskot Asian Para Games 2018 yaitu Momo, yang berbentuk burung Elang Bondol (Haliastur Indus).

Momo merupakan kepanjangan dari motivasi dan mobilitas. Sesuai dengan kepanjangannya, maskot ini diharapkan dapat menyalurkan semangat para atlet yang kuat, berani, dan terus bergerak maju bagaikan burung elang.

Momo si burung elang juga digambarkan menggunakan medali, kain di leher, dan sabuk khas Betawi. Atribut tersebut menunjukkan simbol seorang juara sekaligus pahlawan budaya.

Logo Asian Para Games 2018

logo-asian-para-games-kompasSource: Kompas.com

Logo Asian Para Games tahun 2018 kali ini bentuk dasarnya diambil dari atap Stadion Gelora Bung Karno, yang terlihat seperti lingkaran. Kemudian, logo tersebut disempurnakan dengan konsep harmoni. Harmoni di sini berarti keseimbangan dalam lingkungan alam dan lingkungan kita dalam menjalani kehidupan.

Bentuk yang terlihat seperti lingkaran itu dibuat dengan beberapa warna berbeda. Terdapat lima warna berbeda yang mewakili filosofi Asia mengenai hidup dan kebersamaan. Mulai dari warna biru yang mewakili langit, oranye yang mewakili matahari, dan hijau yang mewakili alam. Selanjutnya ada juga warna ungu yang mewakili kebijaksanaan, kesetiaan, dan kebanggaan. Terakhir, ada warna merah yang mewakili semangat yang membara.

Selanjutnya siluet seorang pria bergerak di pusat lingkaran melambangkan bentuk pergerakan atlet Asian Para Games 2018 dalam meraih kemenangan. Sedangkan tiga kurva dalam tiga warna di sekeliling siluet pria melambangkan negara-negara Asia yang bergerak bersama sebagai satu kesatuan dalam harmoni untuk mencapai tujuan.

Logo dan maskot Asian Para Games tahun 2018 kali ini tidak kalah menarik dan lucu jika dibandingkan dengan Asian Games 2018 kemarin bukan? Jadi, mari sukseskan ajang Asian Para Games dengan terus mendukung rangkaian acaranya, mulai dari pembukaan, pertandingan hingga acara penutupannya ya!


Header image source: Kumparan.com