Hal-hal Menarik di Makassar International Writers Festival 2019

Hal-hal Menarik di Makassar International Writers Festival 2019

. 2 min read

Hai Grameds! Sudah siapkah menyambut salah satu festival literasi yang akan diadakan dalam waktu dekat?

Salah satu festival literasi terkenal dari wilayah timur Indonesia, Makassar International Writers Festival, hadir kembali tahun ini tepatnya tanggal 26-29 Juni 2019.

Festival yang pertama kali diadakan pada tahun 2011 ini diselenggarakan oleh Rumata Artspace, sebuah komunitas mandiri di Makassar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini mengambil tema besar untuk serangkaian acaranya. Adapun tema besar tahun ini adalah 'People' atau Orang yang menitikberatkan tentang hubungan dan eksplorasi antar manusia.

Tema ini pun berhasil mendapat apresiasi positif dari netizen di media sosial.

Dilansir dari situs resminya Makassarwriters.com, festival yang berlangsung selama 4 hari ini akan dimeriahkan dengan kehadiran sederet penulis-penulis kenamaan Indonesia bahkan luar negeri.

Penulis-penulis terkenal dari berbagai genre seperti Joko Pinurbo, Henny Triskaidekaman, M. Aan Mansyur, Intan Paramaditha, Trinity dan masih banyak penulis-penulis lain akan hadir di festival ini.

Tak hanya itu, turut serta penulis-penulis muda berbakat Indonesia di festival tahun ini seperti Marchella FP, Clarissa Goenawan dan Lala Bohang.

Di tahun ini juga, Makassar International Writer Festival menghadirkan penulis-penulis kenamaan dari Inggris seperti Roseanne Watt, Rufus Mufasa dan William Letford.

Tentunya, Grameds sudah tidak sabar mengintip keseruan rangkaian acaranya bukan?

Hingga saat ini, Makassar International Writer Festival terus membagikan lewat akun instagramnya rangkaian acara yang terdiri dari berbagai seminar, talkshow, workshop, pop-up library, pertunjukan musikal atau teater, dan masih banyak lagi.

Berbagai macam acara digelar dengan tema dan pembicara yang tak hanya membahas tentang dunia penulisan buku.

Terdapat pula talkshow tentang digital content dengan pembicara Riri Riza dan workshop tentang script writing yang dibawakan oleh Yandy Laurens.

Fun fact, Makassar International Writer Festival juga mengumumkan bahwa festival tahun ini akan diadakan dengan mengusung gerakan zero waste atau bebas sampah.

Tak hanya untuk penyelenggara dan tenant-tenant yang berpartisipasi, seluruh pengunjung dihimbau untuk meminimalisir sampah dengan membawa botol minum sendiri, tas belanja dan tidak menggunakan barang-barang bermaterial plastik.

Makassar International Writer Festival juga menghadirkan Zero Waste Information Centre pada festival tahun ini agar semakin banyak orang tergerak untuk lebih menjaga lingkungan dengan gerakan zero waste.


Sumber gambar header: Makassarwriters.com