Lima Kuliner Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Lima Kuliner Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

. 3 min read

“Dan Bandung, bagiku, bukan cuma masalah geografis. Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.”

Tentunya kamu sudah familiar dengan kata-kata Pidi Baiq yang dikutip dari novelnya, Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, kan? Nyatanya, Bandung bukan cuma bikin rindu karena kenangan-kenangan manis seperti yang terjadi antara Dilan dan Milea, tetapi banyak pula makanan dengan rasa lezat yang bikin kamu kangen terus dengan suasana di sana.

Kuliner Bandung tak cuma terkenal akan Wedang Ronde Alkateri, atau Bola Ubi Gardujati-nya. Bukan juga sekadar brownies kukus dan panggang dari Amanda dan Prima Rasa. Di pinggir jalan Bandung, kamu bisa menemukan rumah makan atau restoran tenda yang selalu ramai pengunjung. Sebab, tak hanya mereka menghidangkan makanan dengan rasa yang lezat dengan harga yang terjangkau, tetapi kamu juga tidak akan bisa menikmati hidangan yang sama dengan suasana serupa di Bandung.

Bakso Arief

Tempat makan yang terletak di Jalan Wira Angun Angun No. 20 ini terkenal akan bakso goreng kejunya yang gurih dan renyah. Buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-17.00, orang-orang sudah ramai berburu bakso keju sejak pagi untuk menghindari kehabisan di sore hari.

Bakso Arief memang menjadi legendaris karena bakso kejunya. Namun, terdapat pula menu-menu lainnya juga tak kalah enak. Bakso Arief juga menjual mie yamin dan mie bakso kuah dengan berbagai jenis bakso, yaitu bakso urat, bakso rica, bakso keju, dan bakso jamur.

Bebek Sambal Mangga Cak Khohar

Sekilas, bebek sambal mangga yang terletak di pinggir Jalan Dipatiukur ini tak terlihat lebih istimewa dari warung-warung makan tenda di sekitarnya. Namun, warung makan yang buka setiap hari dari pukul 17.00-23.15 ini selalu dipenuhi pengunjung saat jam makan malam, baik oleh pengunjung yang hendak makan di tempat maupun yang memesan untuk dibawa pulang.

Seperti namanya, Bebek Sambal Mangga ini terkenal tak hanya karena bebek gorengnya yang empuk dan gurih, tetapi juga sambal mangganya yang khas—dengan rasa pedas dan asam, perpaduan antara mangga segar dan rawit.

Kobe Japanese Food

Restoran ini menyajikan berbagai masakan Jepang dan terkenal akan steam boat dan teriyaki-nya. Terletak di Jalan Cibadak, Kobe Tepanyaki juga jadi pilihan utama bagi kamu yang ingin mencari makanan halal di antara restoran-restoran lain di Cibadak yang kebanyakan menyajikan pork dan lard.

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa memesan steam boat yang berisi berbagai macam sayuran dan seafood serta ayam yang bisa kamu nikmati berdua atau bertiga. Jangan lupa juga untuk memesan menu udang tempura dan bayam gorengnya yang legendaris!

Roti Gempol

Jika kamu suka duduk-duduk di kafe untuk mencicipi roti bakar sembari minum kopi susu hangat, kamu pasti akan suka dengan Roti Gempol. Terletak di Jalan Gempol, roti yang disajikan di sini spesial karena adonannya yang dibuat sendiri oleh pemilik restoran, dengan resep yang diwariskan turun-temurun.

Di sini, kamu bisa memilih antara roti manis dengan selai pilihan coklat, susu, kacang, dan selai; atau roti asin dengan pilihan isian keju, telur, dan daging. Jika kamu ingin membeli rotinya saja, roti tawar Gempol juga dijual bungkusan dan bisa kamu beli untuk dibawa pulang. Selain roti, kamu juga perlu mencoba susu murninya yang benar-benar murni dan penuh dengan lemak mentega!

Malah Dicubo

Butuh rekomendasi masakan padang dengan rasa yang autentik di Bandung? Kamu bisa datang ke Malah Dicubo, rumah makan padang yang terletak tak jauh dari Stasiun Bandung, yaitu di Jalan Stasiun Hall Selatan No. 27. Kamu bisa mampir ke sini sesampainya kamu di Bandung, atau sebelum kamu berangkat pulang ke rumah naik kereta.

Rumah makan ini terkenal akan menu daging cincang, dendeng hijau, dan rendangnya. Ada pula menu soto padang yang diisi dengan paru yang terasa renyah. Jangan lupa pula untuk mencoba teh telurnya setelah kamu makan. Teksturnya begitu creamy dan tentunya tak terasa amis!


Mau eksplor lebih banyak pilihan kuliner Bandung? Kamu bisa beli buku Bandung Culinary dan Nongkrong Recommended di Gramedia.com.


Sumber foto header: klik di sini.