Liburan Simpel dengan Staycation!

Liburan Simpel dengan Staycation!

. 3 min read

Ingin liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri, tapi durasi liburan cuma sebentar? Atau ternyata budget pas-pasan? Perhaps staycation is the answer for your following vacation!

Sekilas Tentang Staycation
Bagi yang belum tahu istilah ini, mungkin kamu akan bertanya-tanya tentang “Apa itu staycation?“ atau “Memang apa bedanya sama liburan-liburan pada umumnya?”.

Staycation berasal dari gabungan kata stay dan vacation. In a nutshell, staycation adalah liburan di rumah. Namun, staycation juga bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu liburan di area sekitar tempat tinggal kita. Jadi, kita tidak harus pergi jauh-jauh ke luar kota atau ke luar negeri untuk liburan.

Fenomena ini mulai muncul ketika terjadi krisis keuangan di Amerika Serikat pada sekitar tahun 2000-an. Istilah staycation pun semakin dikenal luas sampai ke Inggris saat mata uang Poundsterling melemah pada tahun 2009. Situasi keuangan tersebut menyebabkan biaya perjalanan untuk berlibur ke tempat-tempat yang jauh menjadi lebih besar dari biasanya. Alhasil, pada saat itu waktu liburan diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti menonton TV, berenang, dan pergi ke taman hiburan terdekat.

As fun as a common vacation, staycation memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Kamu bisa lebih menghemat uang dengan staycation, terutama biaya transportasi. Ketika kamu berlibur ke luar negeri misalnya, budget sudah banyak terkuras untuk biaya pesawat pulang-pergi. Sedangkan, jalan-jalan di kota tempatmu tinggal tidak memakan biaya transportasi sebesar itu. Selain itu, kalau liburan ke luar negeri biasanya jadwal kegiatan per hari lebih padat karena menyesuaikan durasi kamu liburan di sana. Sementara dengan staycation, kamu bisa lebih santai mengeksplorasi apa yang ingin dilakukan pada hari itu. Pun tidak perlu mengurus paspor dan visa hingga menukar mata uang.

Lalu apa saja kegiatan untuk mengisi liburan dengan staycation? Berikut adalah contoh kegiatan-kegiatan selama staycation yang bisa kamu coba lakukan.

Me Time

A woman getting her nails painted by a beautician.
Photo by Kris Atomic / Unsplash

Kamu memiliki lebih banyak waktu luang selama liburan. Then, use some times for yourselves alone. Mumpung sedang liburan, kamu bisa memanjakan diri kamu setelah sekian lama sibuk dengan urusan pendidikan atau pekerjaan di kantor. Buat perempuan, kamu bisa maskeran atau luluran di rumah. Kamu juga bisa pergi ke salon kecantikan untuk creambath, ganti gaya rambut, hingga manicure-pedicure. Sedangkan, para lelaki mungkin bisa ke barbershop untuk merapihkan rambut yang sudah panjang.

Quality Time


Photo by Bewakoof.com Official / Unsplash

Setiap anggota keluarga atau sahabat memiliki kesibukannya masing-masing. Terkadang, kita jadi jarang berkomunikasi dengan mereka. Oleh karena itu, waktu libur bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri dengan keluarga tercinta atau teman-teman dekat kamu. Quality time ini bisa dilakukan dengan berbagai hal sederhana. Misalnya, voice call atau video call dengan sahabat, menginap di rumah sahabat atau sebaliknya, makan malam bersama keluarga di rumah atau restoran favorit, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Explore Your Hometown


Photo by Kokoh Nuradiyanto / Unsplash

Walaupun itu tempat kamu dilahirkan atau tempat kamu dibesarkan, belum tentu kamu sudah menjelajahi kota tersebut. Pada umumnya, kita terbiasa untuk datang ke tempat yang itu-itu saja. Nah, mungkin kamu bisa jalan-jalan keliling kota tempat kamu tinggal pada liburan kali ini. Tidak harus tempat wisata lokal, kamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Mulai dari restoran terkenal di daerahmu hingga kafe-kafe baru dengan konsep atau desain interior yang unik.

Do Whatever Your Hobbies


Photo by Fabiola Peñalba / Unsplash

Kalau sedang sibuk, sulit untuk menyisihkan waktu untuk menjalani berbagai aktivitas yang menjadi hobi kita. Dengan staycation, kamu bisa memanfaatkan waktu libur dengan menekuni apa pun hobi yang sempat tertunda untuk dilakukan. Bagi yang hobi nonton film, akhirnya kamu bisa mulai mencicil semua film yang ada di daftar must-watch movies kamu. Jika hobi memasak, kamu bisa mencoba resep-resep baru untuk dimasak atau bereksperimen dengan resep buatan kamu sendiri. Begitu pula hobi-hobi lainnya, seperti menulis, fotografi, kegiatan olahraga tertentu, dan lain sebagainya. Untuk yang hobi baca, kamu bisa membaca buku-buku baru yang belum kamu baca. Terlalu malas untuk ke toko buku? Bisa beli gramedia.com dan tunggu paket bukumu sampai!


Jadi, apa saja kegiatan yang sudah kamu rencanakan untuk staycation pada liburan kali ini?