Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

LEXA Berperan dalam Proses Transformasi Digital Asuransi Astra Buana

LEXA Berperan dalam Proses Transformasi Digital Asuransi Astra Buana

Perkembangan digital mendorong berbagai institusi untuk beralih pada pemanfaatan teknologi dan akses digital. Proses transformasi digital ini tentu tidak mudah, mengingat prosesnya yang berlangsung dengan sangat cepat dan akan terus berkembang setiap harinya, sehingga arus informasi juga mengalami percepatan.

Melihat fenomena ini, perusahaan Asuransi Astra Buana mengembangkan platform dan media yang digunakan untuk beralih ke digital. Upaya dilakukan untuk mengikuti transformasi digital agar layanan yang diberikan dapat memudahkan dan mengembangkan para karyawan. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan menggunakan layanan perpustakaan digital E-Perpus Gramedia melalui aplikasi LEXA atau Library Experience Asuransi Astra.

Emiliana Sari Intan, Learning Analyst dari Asuransi Astra Buana mengatakan, bahwa hadirnya LEXA membantu unit dalam mengakomodir kebutuhan bahan bacaan para karyawan menjadi lebih praktis. Sebelum adanya LEXA, para karyawan yang ingin meminjam buku tertentu harus melakukan permintaan pinjam buku secara manual. Sejak hadirnya LEXA, para karyawan dapat langsung mengakses buku melalui aplikasi.

Manfaat lain yang dirasakan setelah hadirnya aplikasi LEXA adalah menghemat tempat karena ribuan konten tersedia secara paperless dan tidak memerlukan rak untuk menaruh buku. Emiliana juga tertarik dengan kemudahan dalam proses pembelian e-book pada Admin Dashboard yang singkat dan langsung bisa diakses pada aplikasi dalam beberapa menit saja. Menurut Emiliana, perusahaan memilih dan mempercayakan layanan perpustakaan digital kepada E-Perpus Gramedia karena telah memiliki platform yang memadai.

LEXA juga berperan banyak dalam program orientasi karyawan baru, di mana karyawan baru diwajibkan membaca satu buku yang tersedia pada aplikasi. Selain itu, terdapat kuis dan games yang mengharuskan para karyawan membaca dua buku melalui LEXA agar mendapatkan poin. Terdapat pula program Development atau pengembangan yang mewajibkan seluruh karyawan memilih satu buku untuk dibaca di LEXA.

Perusahaan Asuransi Astra Buana cukup gencar mendorong para karyawannya untuk membaca buku dengan aplikasi LEXA. Pengelola LEXA juga rutin mengirimkan e-mail tentang e-book yang baru rilis maupun yang paling banyak dibaca di aplikasi LEXA, serta mengirim e-mail mengenai ulasan buku dari para karyawan baru setiap bulannya. Tak hanya itu, selain melalui e-mail, perusahaan juga membuat games menarik di Instagram @lifeatasuransiastra untuk menarik karyawan menggunakan LEXA dan meningkatkan literasi.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Asuransi Astra Buana

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter