Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Kupas Tuntas Tren Digitalisasi Perpustakaan dalam Dunia Pendidikan pada Acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital

Kupas Tuntas Tren Digitalisasi Perpustakaan dalam Dunia Pendidikan pada Acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital

Kamis tanggal 26 Januari 2023 tempo hari, Gramedia Digital menyelenggarakan event bertajuk Sekolah Bergerak, yang  bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara, gedung Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan dari 82 TK, SD, SMP, hingga SMA Sekolah Penggerak di Jakarta Timur. Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital menghadirkan Chaidir Amir, seorang Pustakawan Ahli Muda Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk menyambut edukasi penting terkait tren digitalisasi perpustakaan di dunia pendidikan.

Sambutan dari
Sambutan dari Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Satiman (Dok. Gramedia Digital)

Acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital ini merupakan acara yang menjadi kolaborasi antara Gramedia Digital, ePerpus Gramedia, Kompas Gramedia, serta Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Oleh karena itu, acara ini dipadati dengan aktivitas interaktif yang penuh dengan edukasi berguna seperti workshop tren digitalisasi perpustakaan, sosialisasi dan pengenalan ePerpus Gramedia, hingga presentasi materi ePerpus Gramedia oleh Chief of Content Gramedia Digital, yakni Bagus Adam.

Tujuan diadakannya acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital adalah untuk menyediakan sarana berbagi pengalaman, pengetahuan, saran, dan rumusan mengenai perpustakaan digital. Selain itu, di tempat ini, institusi pendidikan bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi penggerak bagi sekolah lainnya dalam mengembangkan minat baca melalui platform digital.

Di era digitalisasi yang tinggi urgensi, acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital juga bisa menjadi tempat para tenaga pendidik untuk mendapatkan perkenalan para penyedia pilihan koleksi buku digital. Selain itu, acara ini bisa memberikan fasilitas dan masukan kepada para pustakawan untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan literasi di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah dan Guru Peserta Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital (Dok. Gramedia Digital)

Secara keseluruhan, acara ini dimaksudkan untuk mewujudkan pemerataan pengadaan perpustakaan digital sekolah se-DKI Jakarta. Oleh karena itu, acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital akan menjadi rangkaian yang terus berjalan hingga ke seluruh wilayah di DKI Jakarta lainnya.

Dengan tujuan mengekspansi kesadaran tenaga pendidik dan pelaku pendidikan akan pentingnya literasi, Gramedia Digital juga hadir di sana sebagai penyedia perpustakaan digital untuk sekolah dengan ePerpus.

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital dengan konsep B2B atau business-to-business yang hadir untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan digital. Hadirnya ePerpus dapat menjadi solusi para pelaku pendidikan untuk menyediakan perpustakaan dalam genggaman jemari.

pressKunjungi Situs ePerpus Sekarang!

Dengan keamanan dan efisiensi yang terjamin, ePerpus masih bisa dikustom untuk tetap membentuk citra pendidikan yang diinginkan para pelaku pendidikan. Tidak hanya itu, ePerpus memungkinkan pengguna mendapat akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas dan tentunya terjamin legalitasnya.

Acara Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital untuk Sekolah Penggerak di wilayah Jakarta Timur 1 dan 2 merupakan pilot project atau acara pertama dari serangkaian acara yang akan diselenggarakan untuk seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta di tahun ini. Diharapkan acara ini dapat menjadi ajang pembuka inspirasi untuk kemajuan literasi bagi seluruh anak-anak terdidik di Indonesia.

Nantikan seluruh rangkaian acara lengkap Sekolah Bergerak bersama Gramedia Digital selanjutnya, ya!‚ú®


Sumber gambar header: Dok. Gramedia Digital

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus