Kunci Sukses Jack Ma Membesarkan Alibaba Hingga Jadi E-commerce Raksasa

Kunci Sukses Jack Ma Membesarkan Alibaba Hingga Jadi E-commerce Raksasa

. 2 min read

Siapa yang tak kenal Jack Ma? Pria asal Tiongkok ini adalah founder perusahaan raksasa di dunia e-commerce. Kesuksesan perusahaannya, Alibaba, telah menahtakannya sebagai orang terkaya di negeri Tirai Bambu dengan pendapatan lebih dari Rp 521 triliun.

Kesuksesan pria yang kini telah berusia setengah abad itu pastinya tidak semudah yang dibayangkan. Pengorbanan dan jatuh bangun tentu pernah ia rasakan. Apalagi saat Alibaba berdiri, China tengah dilanda krisis.

Banyak orang bertanya-tanya, seperti apa sih kunci sukses Jack Ma membesarkan Alibaba hingga mampu menjadi perusahaan e-commerce raksasa? Berikut bocorannya, catat baik-baik ya!

1. Fokus

"Stay focused."

Begitulah pesan Jack Ma. Kompetitor memang selalu ada di mana-mana, bahkan akan membuat banyak cara untuk menjegal. Namun Jack Ma tidak pernah takut. Baginya, Alibaba bisa sukses karena ia berhasil memertahankan kepercayaan para pelanggan. Dengan pelayanan terbaik, pelanggan pun akan setia.

2. Inovatif dan kreatif

"Only those people who are creative and innovative, they can survive."

Bagi Jack Ma, pesannya ini bukanlah sekadar bualan belaka. Orang-orang sukses menurutnya adalah orang-orang yang memiliki pemikiran kritis, kreatif, dan selalu menciptakan ide. Saat ide muncul, ia pun akan langsung merealisasikannya.

Salah satu inovasi yang berhasil diciptakan Jack Ma adalah menciptakan platform pembayaran sendiri yang ia namakan Alipay. Hingga kini Alipay telah sukses menjadi salah satu metode pembayaran terbesar di China.

3. Pantang menyerah

"Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine."

Sebelum menjadi miliarder seperti sekarang, kehidupan Jack Ma tak pernah lepas dari kegagalan. Sejak SD hingga SMA, ia harus menjalani tes berulang kali karena ia bukanlah orang yang pintar secara akademis. Jack Ma juga pernah gagal masuk universitas ternama yang ia incar.

Kegagalan lainnya adalah ia pernah ditolak melamar bekerja di KFC dan juga gagal mendaftar sebagai polisi. Menurutnya kegagalan adalah bagian dari perjalanan hidupnya.


Itu dia kunci-kunci kesuksesan Jack Ma hingga bisa meraih kesuksesan. Ingin tahu lebih lanjut apa saja jurus dan kunci suksesnya dalam membangun Alibaba?

BIOGRAPHY

Semuanya akan terungkap lewat buku karya Yan Qicheng yang berjudul Jack Ma & Alibaba. Tak hanya membagi kunci sukses, buku ini juga mengisahkan pengalaman hidup dan karir Jack Ma sebagai pengusaha.

Dengan berada di balik layar, sang penulis memerlihatkan bagaimana Jack Ma menumbangkan tradisi dan membangun Alibaba hingga menjadi perusahaan raksasa dunia.