Kumpulan Cerpen dalam E-Book yang Bertahan dan Binasa Perlahan

Kumpulan Cerpen dalam E-Book yang Bertahan dan Binasa Perlahan

. 2 min read

Apakah kamu baru pertama kali membaca tulisannya Okky Madasari? Jika ingin menikmati berbagai karyanya, kamu bisa memulainya dengan kumpulan cerpennya yang kental dengan selipan pesan moral dalam setiap cerita.

Kumpulan cerita pendek dalam e-book Yang Bertahan dan Binasa Perlahan menceritakan serangkaian kisah tentang pertarungan dan daya tahan manusia. Ada yang melawan dan bertahan, ada yang lari dan menyembunyikan diri, ada yang tak punya pilihan selain binasa perlahan.

bukuDapatkan E-Booknya Disini!

“Hingga akhirnya hidup serba kekurangan sudah menjadi hal wajar dan tidak dianggap sebagai penderitaan.” – Okky Madasari, Yang Bertahan dan Binasa Perlahan halaman 15.

Yang Bertahan dan Binasa Perlahan, merupakan cerpen pembuka sekaligus pilihan judul dalam kumpulan cerpen ini. Selama 30 tahun hidupnya, inilah kali pertama Bandiman meninggalkan kampungnya. Pergi jauh, melintasi banyak kota, dan sekarang menyeberang lautan luas, menuju tanah di seberang sana.

Pulau yang konon besar, penuh hutan dan jarang dihuni orang. Di sana siapa saja bisa memiliki tanah, membangun rumah, menggarap sawah, dan punya nafkah. Di sana, di tempat yang masih belum mampu dibayangkannya itu, hidupnya dan hidup anak-istrinya akan dipertaruhkan.

Cerpen kedua, ada kisah yang diceritakan dari sudut pandang sosok Janin. Penulis menceritakan tentang bagaimana perjalanan sesosok janin yang mulai tumbuh dari seorang perempuan, yang sebenarnya tidak menginginkannya, hingga luluh dan lebur kembali dalam alam semesta.

“Udara yang kuhirup adalah racun, minuman yang kuteguk adalah limbah, dan yang bisa kumakan adalah sampah. Suara yang aku dengar adalah maki, doa untukku adalah sesal, belaian bagiku adalah guncangan-guncangan kasar.” – Okky Madasari, Janin halaman 63.

Sarap juga diceritakan dari sudut pandang yang berbeda. Tentang seorang yang dianggap memiliki keterbatasan mental. Berikut ada Pemain Topeng yang mengisahkan tentang seorang anak yang dulunya bangga memiliki bapak, yang memiliki pekerjaan bermain topeng dan membuatnya sendiri. Siapa sangka, dulu bapak yang ia banggakan, berubah menjadi bapak yang membawa petaka karena topeng-topeng buatannya itu.

Isu agama menjadi hal yang menarik selama beberapa tahun terakhir. Ada di dalam cerpen Dua Lelaki, berkisah tentang Lukas dan Amir yang berbeda agama dan bersahabat sejak remaja. Adapun Hasrat bercerita tentang seorang pemuda yang menjadi abdi negara di sebuah tempat yang lumayan pelosok, jauh dari perkotaan. Hingga cerita Partai Pengasih yang artinya orang pintar banyak dicari, demi melancarkan impian mereka duduk di kursi dewan.

“Tapi yang kutahu, yang namanya kampanye adalah orang-orang di atas motor memacetkan jalan sambil berteriak mengacungkan jari.” – Okky Madasari, Partai Pengasih halaman 118.

Baca Juga: Rekomendasi E-Book yang Paling Banyak Dibaca Tiap Bulan

Itu dia e-book Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari. Kamu bisa baca e-book nya di  Gramedia Digital 📔➡📲

Oh ya, kamu juga bisa upgrade akun Gramedia Digital kamu dengan membeli paket Premium, loh. Ini saatnya bebaskan pilihanmu dengan berbagai judul e-book, majalah, dan koran digital di Gramedia Digital.

premiumBebas Baca Semua Buku Sekarang!

Dan jangan lupa untuk follow Instagram @gramediadigital yaa, karena banyak banget info promo yang sedang berlangsung di Gramedia Digital. Selamat membaca :)


Sumber foto header: Dok. Gramedia Digital