5 Kreasi Unik Pohon Natal DIY Hemat Bujet

5 Kreasi Unik Pohon Natal DIY Hemat Bujet

. 3 min read

Sebentar lagi Natal tiba. Berbagai dekorasi unik sudah mulai ramai terlihat di luar sana. Mungkin kalau kamu jalan-jalan ke mal, sudah banyak juga yang menjajakan barang jualan bertema Natal. Mulai dari pohon Natal, dekorasi Natal, hingga pernak-pernik Natal lainnya.

Namun, pada umumnya harga-harga pernak-pernik Natal kurang ekonomis. Contohnya saja pohon Natal. Kalaupun harganya murah, biasanya harga dekorasinya yang mahal. Begitu pun sebaliknya.

Untuk menyiasati kegalauan ini, bagaimana kalau sekali-sekali kamu membuat pohon Natal DIY (Do It Yourself) alias bikin sendiri? Banyak cara-cara membuat pohon Natal yang sederhana, namun tetap unik, menarik, dan tentunya hemat bujet.

Berikut adalah 5 kreasi unik pohon Natal DIY yang bisa kamu coba di rumah, tentunya dengan bujet yang terjangkau. Yuk, simak cara-caranya!

1. Pohon Natal kerucut dari karton

Easy-Thrifty-DIY-Yarn-and-Feather-Mini-Christmas-Trees-1024x862Sumber: thehappyhousie.porch.com

Ternyata kamu bisa membuat pohon Natal dengan bahan dasar kertas karton, lho. Selain murah, karton juga mudah ditemukan. Misalnya saja di tempat fotokopi dekat rumahmu.

Kertas karton ini tinggal kamu gunting sesuai ukuran pohon Natal yang diinginkan. Kemudian dibentuk kerucut seperti topi ulang tahun.

Hiasannya sendiri bisa dibuat bebas dan sekreatif mungkin. Mulai dari menghias dengan tali atau lampu tumblr warna apa saja yang dililitkan mengelilingi pohon. Bisa juga diwarnai menggunakan cat akrilik atau dilumuri tempelan glitter.

2. Pohon Natal dari tumpukan buku

book_christmas_tree_croppedSumber: purewow.com

Kamu punya buku-buku yang sudah lama tak terbaca? Tumpuk saja sedemikian rupa sampai menyerupai pohon Natal! Tenang saja, cara ini tak akan merusak koleksi buku kamu ini kok.

Kumpulkan buku-buku yang ingin kamu jadikan pohon Natal terlebih dahulu, baik yang berukuran besar maupun kecil sekalipun. Lalu, tumpuk mulai dari buku yang besar di bawah. Makin ke atas, tumpuk dengan buku berukuran sedang lalu yang kecil.

Setelahnya, kamu tinggal menghiasnya dengan lampu tumblr. Kamu juga bisa bebas menggunakan hiasan lainnya.

3. Pohon Natal ranting

Asia-Miles-Photos-1-3-1-778x1167Sumber: apairandasparediy.com

Kali ini, pohon Natal DIY yang mudah dibuat dan bermodal minim terbuat dari ranting pohon. Panjang rantingnya disesuaikan saja dengan seberapa besar pohon natal yang diinginkan.

Pertama-tama, letakkan tali membentuk segitiga sesuai ukuran yang dikehendaki. Bisa menggunakan berbagai jenis tali sesuai dengan kesukaan masing-masing, seperti tali makrame dan tali rami yang dikenal juga dengan tali goni.

Susun ranting-rantingnya dari yang pendek di bagian atas sampai yang panjang di paling bawah. Lalu, ikat rantingnya dan rekatkan dengan lem tembak.

Terakhir, tinggal hias pohon Natal ranting untuk memercantik pohon Natal ranting yang sudah jadi. Bisa menggunakan lampu tumblr, tinsel, atau rumbai-rumbai pohon Natal, dan lain sebagainya.

4. Pohon Natal dari kolase foto

photo_wall_tree-13Sumber: thecraftedlife.com

Pohon Natal bisa juga dibuat dari kolase foto yang disusun membentuk segitiga. Foto apa saja bisa digunakan. Misalnya foto-foto yang diambil selama tahun 2018 ini.

Selain tidak menyita ruang besar untuk diletakkan di rumah, pohon Natal dari kolase foto ini juga bisa membawa kembali kenangan-kenangan indah masa lalu.

Biar lebih berwarna dan menarik, foto-foto yang sudah disusun dan ditempel dengan selotip atau double tape bisa dihias juga nih. Entah itu lampu tumblr, tinsel atau rumbai-rumbai pohon natal, ataupun kertas krep warna-warni.

5. Pohon Natal kaleng

Tin-Can-Christmas-Trees-BABBLE-DABBLE-DO-title-1-621x1024Sumber: babbledabbledo.com

Kalau punya sejumlah kaleng bekas di rumah, kamu bisa membuat sendiri pohon Natal dari susunan kaleng tersebut. Akan lebih baik jika ukuran kalengnya bervariasi, dari kecil, medium, dan yang besar.

Warnai dahulu kalengnya dengan pylox atau cat akrilik agar terlihat lebih menarik. Lalu, tumpuk mulai dari kaleng yang besar hingga yang kecil di paling atas. Rekatkan kaleng yang satu dengan yang lain menggunakan lem tembak agar fondasi lebih kokoh.

Terakhir, kamu bisa menghiasnya sesuka hati. Bisa menggunakan tali rami atau goni, tinsel yang berukuran kecil, lampu tumblr, pita-pita, atau hiasan lainnya.


Kira-kira mana DIY pohon natal yang akan kamu coba buat di rumah?


Sumber header foto:Pexels.com