Komik Volt Hadir Kembali dengan Format Baru dan Bonus Cerita Tambahan

Komik Volt Hadir Kembali dengan Format Baru dan Bonus Cerita Tambahan

. 4 min read

Komik superhero asli Indonesia mulai menunjukkan taringnya kembali! Selain ada komik dari Jagabumi yang pada awal tahun mulai melanjutkan serialnya, komik Volt karya Marcelino Lefrandt dan Aswin McSiregar lahir kembali dengan format baru dan bonus cerita tambahan.

Volt ada pahlawan super berkekuatan energi listrik dengan kostumnya yang berwarna biru, karakter pertama yang dibuat oleh Skylar Comics dan menjadikan komik perdananya. Cerita dari karakter lainnya ada dari komik Valentine, seorang wanita yang menjadi superhero jalanan, lalu ada cerita tentang sekumpulan warga biasa namun ingin menjadi superhero karena terinspirasi oleh Volt, yaitu para Jagoan Warga Indonesia (Jawara Indonesia), dan Duet Maut.

komik
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Perilisan komik cetak Volt dengan format baru ini terlahir berkat kerjasama antara sang kreator Volt, Marcelino dan Aswin, dengan penerbit Elex Media Komputindo. Sebelumnya, komik Volt sudah terbit secara self publishing sejak tahun 2012-2016 dan rampung dalam 10 volume, dimana dengan rata-rata berjumlah 12 halaman per-volumenya (Tribunnews, 17/03/21). Komik Volt juga terbit melalui digital pada platform CIAYO Comics pada tahun 2018. Saat itu karakter Volt menarik banyak perhatian publik, khususnya pada berbagai acara komunitas komik, budaya pop, maupun media massa.

komik
Sumber foto: tokokomikantik.com

Komik Volt yang terbaru ini merupakan format bind-up berisi 112 halaman full colour, dan merupakan gabungan dari cerita di volume 1-3 pada versi yang lama. Menariknya, ada tambahan dua chapter baru. Pertama, cerita ini sebelumnya masuk dalam komik Volt volume 00. Kedua, bonus origin story dan pada akhir buku terdapat cerita tambahan baru yang sebelumnya tidak pernah diterbitkan.

komik
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Secara keseluruhan, kerangka cerita masih sama dengan versi lama. Hanya saja ada beberapa susunan dialog yang berubah, susunan panel yang berbeda, dan terdapat dialog baru juga. Dan komik Volt versi baru yang berjudul “Volt 1 – Lahirnya Sang Legenda” ini hadir dengan ukuran cetak yang lebih kecil dan jenis kertasnya pun berbeda dengan versi sebelumnya.

Tonton untuk ketahui lengkap perbedaannya. SPOILER ALERT bagi yang belum tahu cerita Volt!

Volt diciptakan dengan gaya yang lebih dinamis dan sesuai dengan perkembangan zaman, maka dari itu kesan penggambarannya pun mengikuti western comic. Walaupun begitu, komik ini tetap sarat akan pendidikan dan sentuhan kebudayaan Indonesia. Marcelino berusaha untuk menciptakan karakter superhero asli Indonesia yang bisa menjadi figur atau idola anak-anak.

"Komik itu paling mudah diterima anak-anak ya, dan saya juga berharap mudah-mudahan bisa menciptakan figur-figur superhero asli Indonesia berdasarkan kebudayaan Indonesia, untuk menjadi figur idola anak-anak," ujar Marcelino pada Insertlive (24/09/20)
komik
Sumber foto: fimela.com

Ceritanya yang unik serta kuat dalam menampilkan banyak unsur budaya lokal, membuat komik Volt banyak diperbincangkan dan diikuti perkembangannya oleh pecinta komik Indonesia hingga saat ini. Daya tarik dari semua karakter yang dimunculkan, baik jagoan maupun lawan, sangat menarik dan mudah dinikmati untuk semua umur.

Puncaknya, Volt memperoleh Penghargaan MURI di tahun 2015 lewat Volt Bangkitnya Sang Legenda yang terbit secara marathon dari edisi 1 hingga 10, tanpa ada putus.

komik
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Pada tahun 2019 lalu, pihak Skylar Comics mengumumkan bahwa Volt juga akan diangkat ke layar lebar, lho! Marcelino Lefrandt ikut mengambil peran dalam film ini yang bergenre penuh aksi, petualangan, dan komedi. Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kelanjutan progress dari filmnya.

komik
Sumber foto: Dok. Elex Media Komputindo

Pihak penerbit yaitu Elex Media Komputindo telah mengonfirmasi bahwa komik ini terlahir kembali dengan sesuatu yang mengejutkan. Komik “Volt 1 – Lahirnya Sang Legenda” sangat pantas untuk kamu koleksi dan mewarnai rak bukumu!

Sinopsis “Volt 1 – Lahirnya Sang Legenda

Cerita ini berawal dari Dewa yang menurunkan kekuatannya ke Bumi, karena seorang manusia yang membangkitkan kekuatan jahat. Akhirnya kekuatan jahat berhasil dikalahkan dan disimpan di dalam batu mustika hitam. Setelah itu kekuatan pemberian dewa itu "tertidur" dan tersimpan di dalam batu mustika berwarna Putih.

Kekuatan Putih tadi hanya bisa bangun, apabila ada kekuatan jahat atau jika ia dibangunkan oleh seseorang manusia yang mempunyai hati yang murni untuk berbuat kebaikan. Kemudian muncul seorang anak laki-laki bernama Ruben yang tidak sengaja membangunkan kekuatan yang ada di batu mustika putih.

Saat itu nyawa Ruben terancam, karena ia mengetahui perbuatan jahat dari sekumpulan penjahat. Kekuatan Putih itu kemudian muncul dengan wujud Volt, yang merupakan karakter superhero yang suka digambar oleh Ruben. Volt adalah seorang superhero yang memiliki kekuatan listrik dan petir. Dengan kekuatan itu, Volt mencoba menegakkan kebenaran dan keadilan di negeri ini.

komikBeli dan Koleksi Sekarang!

Yuk, koleksi sekarang komiknya selagi ada promo diskon 25% untuk pembelian di Gramedia.com. Psst, hanya sampai 24 Maret 2021, loh. Checkout sekarang ya!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Nah, karena kamu sudah membaca artikel ini, Admin berikan voucher spesial diskon 20% untuk beli komiknya! Dapatkan voucher diskon secara cuma-cuma dengan klik gambar di bawah ini ya. 😉

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com