Komik Spy x Family: Aksi Spionase dan Komedi Lucu dari Keluarga Palsu

Komik Spy x Family: Aksi Spionase dan Komedi Lucu dari Keluarga Palsu

. 7 min read

Diberikan misi membangun keluarga dalam waktu satu minggu? Hmm, bisa nggak tuh? Hal ini tentu membuat Twilight, seorang mata-mata elite, kaget dalam menerima misi penyamarannya ini. Namun, ia pun merasa tak masalah dengan tugasnya ini, asalkan dunia tetap damai dan demi menciptakan dunia yang lebih baik.

Perjalanan Twilight dalam menjalani peran terbarunya sebagai kepala keluarga, bisa kamu temukan dalam manga shonen Spy x Family. Diciptakan oleh Tatsuya Endo, seri manga ini terbit pertama kali melalui platform digital Shonen Jump+ sejak 25 Maret 2019.

Per 4 April 2022, seri manga web ini juga telah dibuat menjadi 9 volume tankobon dan sudah terjual hingga jutaan kopi! Selain sudah terbit versi bahasa Inggrisnya melalui Viz Media, Spy x Family juga sudah hadir di Indonesia melalui penerbit Elex Media Komputindo, dan sudah hadir hingga 5 volume (volume ke-6 akan segera hadir!).

spy
Sampul Manga atau Komik Spy x Family (sumber gambar: animate.co.jp)

Dalam beberapa tahun terakhir, seri Spy x Family jadi salah satu seri manga paling hits dan terbesar. Tak kalah dengan di Indonesia, karena juga menjadi salah satu komik yang paling ditunggu para Grameds dan selalu ludes terjual bahkan sejak masa pra pesannya. Sama seperti komik Demon Slayer, maupun Jujutsu Kaisen.

Kini kamu sudah bisa menonton versi animenya yang rilis pada 9 April 2022 lalu. Sontak episode perdana ini langsung dibicarakan banyak orang, karena memang penggemar sudah menunggu-nunggu seri anime ini hadir. Debut pertamanya ini pun langsung disambut hangat dengan berbagai tanggapan positif dari para penggemar.

Mungkin, akhir-akhir ini kamu menikmati cerita aksi melawan iblis dengan kekuatan super tingginya. Nah, Spy x Family akan memberikan cerita aksi yang fresh, tentang spionase yang dilakukan seorang agen mata-mata terlihai, dan harus membuat keluarga dadakan, dengan balutan komedi serta kehangatan keluarga di dalamnya yang penuh rahasia.

Sinopsis Spy x Family

Agen dengan sebutan nama “Twilight” atau “Senja”, yang merupakan mata-mata utama di Westalia Intelligence Services’ Eastern (W.I.S.E), hidup dengan kerap kali berganti-ganti identitas. Tugasnya itulah yang membuatnya harus melakukan berbagai kehidupan yang berbeda lewat berbagai penyamaran. Walaupun begitu, ia mendedikasikan hidupnya demi kedamaian dunia.

Alkisah telah terjadi perang dingin antara negara Westalis dan Ostania. Demi menjaga hubungan baik dari kedua negara, Twilight ditugaskan untuk menyelidiki gerakan dari ketua Partai Persatuan Nasional Ostania, Donovan Desmond, yang telah membuat rencana berbahaya untuk memperkeruh konflik dan mengancam perdamaian antar negara.

Namun, Donovan Desmond adalah orang yang sangat hati-hati. Ia penyendiri dan penuh kecurigaan, sehingga ia tak pernah menampakkan dirinya dan hanya beraksi di balik layar. Ia hanya muncul saat menghadiri acara pertemuan wali murid yang diselenggarakan sekolah elite tempat anaknya sekolah, Eden Academy. Acara itu juga jadi tempat pertemuan orang penting di dunia politik dan bisnis.

Karena harus menyusup ke dalam acara sekolah, Twilight pun harus memiliki anak dalam waktu seminggu, karena tenggat daftar sekolah yang hampir usai. Operasi yang bernama Operation Strix ini, membuatnya langsung pergi ke panti asuhan untuk mengadopsi seorang anak.

Dalam misi ini, Twilight mengambil identitas sebagai seorang psikiater bernama Loid Forger. Di panti asuhan, ia meminta anak yang pintar berusia enam tahun. Ditunjukkanlah ia pada anak perempuan bernama Anya. Ternyata, Anya mempunyai kekuatan telepati, bisa membaca pikiran orang lain karena ia lahir sebagai seorang Esper atau subjek eksperimen. Sebenarnya, Anya tidak terlalu pintar dan usianya belum menginjak umur 6 tahun, namun karena ia tahu apa yang diinginkan Loid Forger, ia pun langsung membuat Loid terkesima dan membawanya pulang.

Anya pun dibimbing oleh Loid untuk belajar dan menghafalkan jawaban untuk tes masuk ke Eden Academy. Bukan hal yang mudah, banyak kejadian yang membuat mereka di ujung tanduk, namun akhirnya Anya berhasil lolos dan masuk ke tes selanjutnya, yaitu wawancara.

Tes wawancara yang harus dihadiri kedua orang tua membuat Loid perlu menemukan ibu untuk Anya, dan tentunya pasangannya sebagai istri Loid Forger. Ia pun mencari lewat data perempuan lajang yang ada di balai kota.

Di sebuah toko pakaian, Loid Forger dan Anya tak sengaja bertemu dengan Yor Briar, pekerja kantoran berumur 27 tahun, tak pernah memiliki pasangan, dan tengah membutuhkan teman kencan untuk menghadiri pesta serta mengesankan teman-temannya.

Sebenarnya, Yor bekerja kantoran juga hanya untuk menutupi identitasnya sebagai pembunuh bayaran. Wanita cantik ini dikenal sebagai “Thorn Princess” atau “Putri Duri” karena kecakapannya dalam bertarung dan membunuh.

Dengan serba dadakan, Loid dan Yor sepakat untuk Yor hadir sebagai ibu Anya dalam wawancara, dan Loid hadir menemani sebagai pasangan Yor di pesta. Berbagai kejadian pun membuat mereka akhirnya sepakat menjadi pasangan, orang tua Anya, dan membentuk keluarga. Di sinilah petualangan mereka dimulai.

Pencapaian yang Sudah Didapatkan Spy x Family

Dikutip dari Tirto (9/4/22), pada volume pertama Spy x Family dirilis dalam bentuk digital maupun fisik, seri ini langsung diserbu dan terjual hingga 800 ribu kopi. Volume demi volume rilis dan penjualannya pun terus meningkat hingga jutaan kopi.

Sampai anime ini hadir, terhitung sudah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh Jepang! Di Indonesia sendiri, Spy x Family kerap kali masuk dalam daftar buku best seller atau paling dicari setiap bulannya.

Dalam penghargaan Tsugi ni Kuru Manga 2019, Spy x Family menduduki peringkat pertama untuk kategori manga web, memenangkan penghargaan Next Manga Award kategori Web Manga di tahun 2019, dan kategori Next Hit pada Tsutaya Comic Awards keempat di tahun 2020.

Pada guidebook Kono Manga ga Sugoi! tahun 2020, Spy x Family dikatakan sebagai seri manga terbaik untuk pembaca pria. Pada daftar Honya Club’s Nationwide Bookstore Employees’ Recommended Comics of 2020, berdasarkan survei pada sekitar seribuan pegawai toko buku profesional di Jepang, Spy x Family menduduki peringkat pertama dalam rekomendasinya.

Selain itu, Spy x Family juga dikatakan sebagai “No. 1 Popular Web Comic of 2019”, “No. 1 Popular Shonen Jump+ Work”, dan “Signature Work of Jump+”. Spy x Family juga mendapatkan nominasi untuk penghargaan Manga Taisho ke-13, Eisner Award, Harvey Award, Da Vinci 21th Annual Book of the Year, dan masih banyak yang lainnya.

Menonton Anime Spy x Family

Anime yang mengusung genre action-comedy ini diproduksi oleh TOHO Animation serta dibantu dengan CloverWorks dan WIT Studio. Kedua studio ini sudah dikenal sebagai rumah yang menciptakan anime populer seperti Horimiya, Attack on Titan, Ranking of Kings, dan My Dress Up Darling.

Spy x Family akan tayang tiap minggunya di hari Sabtu. Kamu sudah bisa menontonnya pada Netflix, iQiyi, Vidio, Disney+, Genflix, dan Catchplay. Selain itu, kamu juga bisa menontonnya secara gratis melalui channel YouTube Muse Indonesia, yang akan hadir terbatas selama tiga jam, tiap hari Sabtu mulai jam 22.00 WIB.

Nantinya akan ada total 25 episode untuk seri anime Spy x Family. Namun, tayangan ini akan terbagi menjadi 2 split-cour, atau dibagi menjadi 2 part yang tayang di musim berbeda (Chapteria, 2022).

Dalam animenya, kamu akan menemukan karakter yang lebih hidup dari keluarga penuh rahasia ini. Apalagi, kamu akan melihat gerak-gerik serta mimik muka Anya yang sangat kawaii! Dijamin membuat kamu tak sabar melihat kelakukan lucu Anya lainnya.

Karena kamu harus menunggu animenya hadir sekali seminggu, kamu bisa membaca dahulu komiknya yang sudah tersedia di Gramedia.com!

Seri Komik Spy x Family

Spy x Family Vol. 1

Keluarga Forger punya rahasia. Sang ayah adalah agen rahasia terhebat. Sang ibu adalah pembunuh. Sang anak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran. Meski mereka hanya keluarga palsu yang saling menyimpan rahasia dari satu sama lain, ternyata ada kehangatan di sana.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 2

Ujian masuk sudah dijalani, dan Anya berhasil merangkak kembali dari jurang kegagalan untuk menjadi siswi di Akademi Eden yang elit. Tapi di sini berbagai masalah lain kembali datang menghalanginya, dan sebagai akibatnya misi Twilight juga kian terancam gagal. Tapi keluarga palsu mereka tetap bahagia. Ada ayah, ibu, lalu paman yang seram dalam berbagai artian.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 3

Adik Yor ternyata adalah anggota polisi rahasia. Menyadari hal ini, Twilight mulai curiga pada istri palsunya. Apakah keluarga pura-pura ini bisa dia percayai? Tentu saja, seorang agen rahasia tidak boleh percaya pada siapa pun. Kemampuan Anya untuk sanggup mendapatkan 8 Stella sebelum batas waktu juga mencurigakan, bahkan mengkhawatirkan.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 4

Para teroris ingin membuat perang kembali pecah antara timur dan barat. Untuk itu, mereka berencana untuk menggunakan bom anjing untuk membunuh Menteri dari Westalis. Tapi salah satu anjing yang mereka gunakan menarik perhatian Anya. Kenapa, anjing yang baru pertama kali bertemu itu bisa tahu keluarga Anya?

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 5

Anggota keluarga Forger bertambah dengan Bond, si anjing yang bisa meramal masa depan. Tentu saja, pasangan suami istri Forger tidak tahu sama sekali tentang hal kecil itu. Misi tetap berlangsung seperti biasa, dan semuanya tetap bergantung pada Anya yang terus gagal, baik dalam berteman maupun berprestasi.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Kurang dari seminggu Loid Forger akhirnya berhasil membuat keluarga palsunya. Kemampuan masing-masing anggota keluarga yang tak biasa membuat kocak perjalanan mereka dalam menjalani aksi spionase.

Hidup bersama keluarga palsu ternyata mampu membuat mereka saling memahami sebagai orang yang “awam” dengan cara berkeluarga, bahkan kesan keluarga hangat malah melekat dalam diri mereka.

Namun, apakah rahasia mereka akan saling terungkap? Apakah rencana Loid Forger akan berhasil? Dan jika mereka mengetahui latar belakang mereka masing-masing, apakah hal ini akan menghancurkan rencana Loid Forger alias Twilight?

Daripada terlalu lama menunggu jawabannya di seri anime yang baru tayang setiap hari Sabtu, yuk kita mulai jajaki komik-komik Spy x Family yang sudah bisa kamu koleksi di Gramedia.com!

Jangan takut untuk langsung koleksi seluruh volumenya, karena ada banyak promo spesial yang hadir di Gramedia.com. Yuk, langsung masukkan ke keranjang belanja dan mulai ikuti perjalanan keluarga Forger!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: gamerbraves.com