Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Komik Spy x Family: Aksi Spionase dan Komedi Lucu dari Keluarga Palsu

Komik Spy x Family: Aksi Spionase dan Komedi Lucu dari Keluarga Palsu

Diberikan misi membangun keluarga dalam waktu satu minggu? Hmm, bisa nggak tuh? Hal ini tentu membuat Twilight, seorang mata-mata elite, kaget dalam menerima misi penyamarannya ini. Namun, ia pun merasa tak masalah dengan tugasnya ini, asalkan dunia tetap damai dan demi menciptakan dunia yang lebih baik.

Perjalanan Twilight dalam menjalani peran terbarunya sebagai kepala keluarga, bisa kamu temukan dalam manga shonen Spy x Family. Diciptakan oleh Tatsuya Endo, seri manga ini terbit pertama kali melalui platform digital Shonen Jump+ sejak 25 Maret 2019.

Per 17 Oktober 2023, seri manga web ini juga telah dibuat menjadi 12 volume dan sudah terjual hingga jutaan kopi! Selain sudah terbit versi bahasa Inggrisnya melalui Viz Media, Spy x Family juga sudah hadir di Indonesia melalui penerbit Elex Media Komputindo, dan sudah hadir hingga 9 volume!

spy
Sampul Manga atau Komik Spy x Family (sumber gambar: animate.co.jp)

Dalam beberapa tahun terakhir, seri Spy x Family jadi salah satu seri manga paling hits dan terbesar. Euforia ini juga sampai di Indonesia, karena juga menjadi salah satu komik yang paling ditunggu para Grameds dan selalu ludes terjual bahkan sejak masa pra pesannya.

Season 1 dari anime Spy x Family rilis di Netflix pada tanggal 9 April 2022 silam, episode perdana ini langsung dibicarakan banyak orang, karena memang penggemar sudah menunggu-nunggu seri anime ini hadir. Debut pertamanya ini pun langsung disambut hangat dengan berbagai tanggapan positif dari para penggemar.

Nah, sekarang, Season 2 sudah bisa kamu tonton di platform yang sama sejak 7 Oktober 2023. Dengan sambutan yang masih sama, Spy x Family Season 2 berhasil menuai pujian dari para penggemar yang sudah rindu dengan 'keluarga bahagia' ini.

Kabar baiknya nggak cuma itu, Spy x Family juga akan dijadikan movie dengan judul SPY X FAMILY CODE: White. Film ini dijadwalkan untuk tayang di Jepang tanggal 22 Desember 2023. Kabarnya, penayangan internasionalnya akan mulai dilakukan pada tahun 2024. Ayo absen siapa saja yang nggak sabar?🥺

Trailer film SPY X FAMILY CODE: White dan cuplikan-cuplikan lain dari tayangan Spy x Family bisa kamu tonton di channel YouTube Muse Indonesia.

Dalam animenya, kamu akan menemukan karakter yang lebih hidup dari keluarga penuh rahasia ini. Apalagi, kamu akan melihat gerak-gerik serta mimik muka Anya yang sangat kawaii! Dijamin membuat kamu tak sabar melihat kelakukan lucu Anya lainnya. 😍🥰

Nah, sambil menanti filmnya hadir, kamu bisa membaca dahulu komiknya yang sudah tersedia di Gramedia.com!

Sinopsis Spy x Family

Agen dengan sebutan nama “Twilight” atau “Senja”, yang merupakan mata-mata utama di Westalia Intelligence Services’ Eastern (W.I.S.E), hidup dengan kerap kali berganti-ganti identitas. Tugasnya itulah yang membuatnya harus melakukan berbagai kehidupan yang berbeda lewat berbagai penyamaran. Walaupun begitu, ia mendedikasikan hidupnya demi kedamaian dunia.

Alkisah telah terjadi perang dingin antara negara Westalis dan Ostania. Demi menjaga hubungan baik dari kedua negara, Twilight ditugaskan untuk menyelidiki gerakan dari ketua Partai Persatuan Nasional Ostania, Donovan Desmond, yang telah membuat rencana berbahaya untuk memperkeruh konflik dan mengancam perdamaian antar negara.

Namun, Donovan Desmond adalah orang yang sangat hati-hati. Ia penyendiri dan penuh kecurigaan, sehingga ia tak pernah menampakkan dirinya dan hanya beraksi di balik layar. Ia hanya muncul saat menghadiri acara pertemuan wali murid yang diselenggarakan sekolah elite tempat anaknya sekolah, Eden Academy. Acara itu juga jadi tempat pertemuan orang penting di dunia politik dan bisnis.

Karena harus menyusup ke dalam acara sekolah, Twilight pun harus memiliki anak dalam waktu seminggu, karena tenggat daftar sekolah yang hampir usai. Operasi yang bernama Operation Strix ini, membuatnya langsung pergi ke panti asuhan untuk mengadopsi seorang anak.

Dalam misi ini, Twilight mengambil identitas sebagai seorang psikiater bernama Loid Forger. Di panti asuhan, ia meminta anak yang pintar berusia enam tahun. Ditunjukkanlah ia pada anak perempuan bernama Anya. Ternyata, Anya mempunyai kekuatan telepati, bisa membaca pikiran orang lain karena ia lahir sebagai seorang Esper atau subjek eksperimen. Sebenarnya, Anya tidak terlalu pintar dan usianya belum menginjak umur 6 tahun, namun karena ia tahu apa yang diinginkan Loid Forger, ia pun langsung membuat Loid terkesima dan membawanya pulang.

Anya pun dibimbing oleh Loid untuk belajar dan menghafalkan jawaban untuk tes masuk ke Eden Academy. Bukan hal yang mudah, banyak kejadian yang membuat mereka di ujung tanduk, namun akhirnya Anya berhasil lolos dan masuk ke tes selanjutnya, yaitu wawancara.

Tes wawancara yang harus dihadiri kedua orang tua membuat Loid perlu menemukan ibu untuk Anya, dan tentunya pasangannya sebagai istri Loid Forger. Ia pun mencari lewat data perempuan lajang yang ada di balai kota.

Di sebuah toko pakaian, Loid Forger dan Anya tak sengaja bertemu dengan Yor Briar, pekerja kantoran berumur 27 tahun, tak pernah memiliki pasangan, dan tengah membutuhkan teman kencan untuk menghadiri pesta serta mengesankan teman-temannya.

Sebenarnya, Yor bekerja kantoran juga hanya untuk menutupi identitasnya sebagai pembunuh bayaran. Wanita cantik ini dikenal sebagai “Thorn Princess” atau “Putri Duri” karena kecakapannya dalam bertarung dan membunuh.

Dengan serba dadakan, Loid dan Yor sepakat untuk Yor hadir sebagai ibu Anya dalam wawancara, dan Loid hadir menemani sebagai pasangan Yor di pesta. Berbagai kejadian pun membuat mereka akhirnya sepakat menjadi pasangan, orang tua Anya, dan membentuk keluarga. Di sinilah petualangan mereka dimulai.

Pencapaian yang Sudah Didapatkan Spy x Family

Dikutip dari Tirto (9/4/22), pada volume pertama Spy x Family dirilis dalam bentuk digital maupun fisik, seri ini langsung diserbu dan terjual hingga 800 ribu kopi. Volume demi volume rilis dan penjualannya pun terus meningkat hingga jutaan kopi.

Sampai anime ini hadir, terhitung sudah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh Jepang! Di Indonesia sendiri, Spy x Family kerap kali masuk dalam daftar buku best seller atau paling dicari setiap bulannya.

Dalam penghargaan Tsugi ni Kuru Manga 2019, Spy x Family menduduki peringkat pertama untuk kategori manga web, memenangkan penghargaan Next Manga Award kategori Web Manga di tahun 2019, dan kategori Next Hit pada Tsutaya Comic Awards keempat di tahun 2020.

Pada guidebook Kono Manga ga Sugoi! tahun 2020, Spy x Family dikatakan sebagai seri manga terbaik untuk pembaca pria. Pada daftar Honya Club’s Nationwide Bookstore Employees’ Recommended Comics of 2020, berdasarkan survei pada sekitar seribuan pegawai toko buku profesional di Jepang, Spy x Family menduduki peringkat pertama dalam rekomendasinya.

Selain itu, Spy x Family juga dikatakan sebagai “No. 1 Popular Web Comic of 2019”, “No. 1 Popular Shonen Jump+ Work”, dan “Signature Work of Jump+”. Spy x Family juga mendapatkan nominasi untuk penghargaan Manga Taisho ke-13, Eisner Award, Harvey Award, Da Vinci 21th Annual Book of the Year, dan masih banyak yang lainnya.

Rangkuman Komik Spy x Family

1. Spy x Family Vol. 1

Keluarga Forger punya rahasia. Sang ayah adalah agen rahasia terhebat. Sang ibu adalah pembunuh. Sang anak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran. Meski mereka hanya keluarga palsu yang saling menyimpan rahasia dari satu sama lain, ternyata ada kehangatan di sana.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

2. Spy x Family Vol. 2

Ujian masuk sudah dijalani, dan Anya berhasil merangkak kembali dari jurang kegagalan untuk menjadi siswi di Akademi Eden yang elit. Tapi di sini berbagai masalah lain kembali datang menghalanginya, dan sebagai akibatnya misi Twilight juga kian terancam gagal. Tapi keluarga palsu mereka tetap bahagia. Ada ayah, ibu, lalu paman yang seram dalam berbagai artian.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

3. Spy x Family Vol. 3

Adik Yor ternyata adalah anggota polisi rahasia. Menyadari hal ini, Twilight mulai curiga pada istri palsunya. Apakah keluarga pura-pura ini bisa dia percayai? Tentu saja, seorang agen rahasia tidak boleh percaya pada siapa pun. Kemampuan Anya untuk sanggup mendapatkan 8 Stella sebelum batas waktu juga mencurigakan, bahkan mengkhawatirkan.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

4. Spy x Family Vol. 4

Para teroris ingin membuat perang kembali pecah antara timur dan barat. Untuk itu, mereka berencana untuk menggunakan bom anjing untuk membunuh Menteri dari Westalis. Tapi salah satu anjing yang mereka gunakan menarik perhatian Anya. Kenapa, anjing yang baru pertama kali bertemu itu bisa tahu keluarga Anya?

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

5. Spy x Family Vol. 5

Anggota keluarga Forger bertambah dengan Bond, si anjing yang bisa meramal masa depan. Tentu saja, pasangan suami istri Forger tidak tahu sama sekali tentang hal kecil itu. Misi tetap berlangsung seperti biasa, dan semuanya tetap bergantung pada Anya yang terus gagal, baik dalam berteman maupun berprestasi.

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Kurang dari seminggu Loid Forger akhirnya berhasil membuat keluarga palsunya. Kemampuan masing-masing anggota keluarga yang tak biasa membuat kocak perjalanan mereka dalam menjalani aksi spionase.

Hidup bersama keluarga palsu ternyata mampu membuat mereka saling memahami sebagai orang yang “awam” dengan cara berkeluarga, bahkan kesan keluarga hangat malah melekat dalam diri mereka.

Namun, apakah rahasia mereka akan saling terungkap? Apakah rencana Loid Forger akan berhasil? Dan jika mereka mengetahui latar belakang mereka masing-masing, apakah hal ini akan menghancurkan rencana Loid Forger alias Twilight?

6. Spy x Family Vol. 6

Wise mendapat informasi keberadaan dokumen peninggalan mendiang petinggi militer yang bisa mengancam perdamaian timur dan barat. Petunjuk keberadaan dokumen ini tersembunyi dalam lukisan yang dijaga ketat dalam koleksi seorang konglomerat.

Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjuarai turnamen tenis gelap. Twilight ditugaskan berpasangan dengan Nightfall, agen yang sangat terobsesi pada dirinya. Akan kah Twilight berhasil menjalani tugas bersama pasangan barunya?

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

7. Spy x Family Vol. 7

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Pertemuan nekat Twilight sebagai Loid Forger dengan sang target, Donovan Desmond, berjalan dengan menegangkan. Meskipun hasilnya masih jauh dari harapan Twilight, ini tetap menjadi satu langkah maju bagi misinya. Sementara itu, dampak pertemuan ini terhadap Damian Desmond membuatnya belajar keras gila-gilaan demi sedikit pujian dari sang ayah.

Volume ini juga menjadi aksi pertama Bond membantu Twilight dalam menuntaskan misi. Padahal, niat Bond hanya ingin dibuatkan makan malam. Di sisi lain, Yuri Briar mengerahkan tenaganya untuk menangkap seorang penulis artikel yang menulis hoax tentang Ostania. Berkat kemampuannya yang di atas rata-rata, tentu saja misi itu tuntas dengan sempurna!

Sementara keluarganya bergulat dengan misi masing-masing, Yor baru saja menerima panggilan dari sang bos untuk mengawal seorang klien penting. Misi itu akan berlangsung di sebuah kapal pesiar... yang tiketnya baru saja dimenangi oleh Anya. Keluarga itu akan naik kapal pesiar yang sama, namun dengan misi yang berbeda-beda. Kira-kira apa yang akan terjadi, ya?

8. Spy x Family Vol. 8

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Sementara Loid berusaha keras 'menunaikan tugas' untuk berlibur bersama Anya, Yor mempertaruhkan nyawa untuk menjaga istri dari keluarga mafia yang diburu oleh sekelompok pembunuh.

Selagi menjaga sang istri, Yor diliputi keraguan tentang profesinya sebagai pembunuh bayaran. Adiknya sudah hidup mapan, ia pun sudah berkeluarga. Untuk apa lagi ia harus melakoni profesi membahayakan ini?

Namun, ia tak bisa berpikir terlalu lama karena serangan tiba dari segala arah. Ketika Anya menemukan bahwa sang bunda berada dalam masalah, ia mengerahkan segala tenaganya untuk membantu secara diam-diam, selagi menjaga sang ayah agar tetap tidak tahu apa-apa.

9. Spy x Family Vol. 9

spyBaca dan Koleksi Sekarang!

Petualangan di kapal pesiar masih berlanjut! Kali ini, pembunuh bayaran yang putus asa telah menanam beberapa bom di kapal. Loid yang mendengar info ini secara tak sengaja segera menyamar untuk menjinakkan bom-bom tersebut. Anya, dengan caranya sendiri, juga turun tangan untuk menyelamatkan Yor sekaligus menemukan bom yang tersebar di seluruh kapal.

Sepulangnya dari liburan mereka, Becky berkunjung ke rumah Anya dalam semangat untuk meluluhkan hati Loid. Sayangnya, ia harus menerima kekalahannya bulat-bulat karena Yor jelas terlalu sulit untuk dikalahkan!

Kabar baik untuk kamu, Spy x Family Vol. 10 akan segera terbit terjemahannya dari Elex Media Komputindo di tanggal 25 Oktober 2023! Sambil menunggu, yuk baca dan koleksi komik-komik Spy x Family yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com!

Jangan takut untuk langsung koleksi seluruh volumenya, karena ada banyak promo spesial yang hadir di Gramedia.com.

Yuk, langsung masukkan ke keranjang belanja dan mulai ikuti perjalanan keluarga Forger!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: gamerbraves.com

Penulis: Almira R. Natasya, Puteri C. Anasta


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter