Komik Jagabumi yang jadi Pengantar Jagat Bumilangit

Komik Jagabumi yang jadi Pengantar Jagat Bumilangit

. 4 min read

Bukan hanya di luar negeri saja, di Indonesia pun kita punya banyak pahlawan super! Sejak tahun 2003, Bumilangit Entertainment kembali mengumpulkan karya-karya dari komikus Indonesia sepanjang sejarah dari 60 tahun lalu. Sebanyak lebih dari 1.200 karakter pustaka diperkaya kembali kontennya dengan gaya yang lebih segar.

Seri komik Jagabumi sudah rilis volume pertamanya sejak tahun 2020 lalu. Sudah disiapkan akan terbit sebanyak 8 volume, komik ini dibagi menjadi 4 era yaitu, era Legenda, Jawara, Patriot, dan Revolusi. Rangkaian kisah pertarungan pada komik Jagabumi menjadi pengantar dalam menceritakan kisah Jagat Bumilangit.

isi
Sumber foto: instagram.com/is.yuniarto

Sudah ada 4 volume pertama yang hadir di tengah-tengah kita dan bisa kamu dapatkan. Dilansir dari detikHot (23/02/21), volume 5 sampai 7 akan segera rilis sepanjang tahun 2021. Dan yang terakhir pada volume kedelapan, akan rilis di tahun 2022.

Yang lebih menyenangkan lagi dari komik Jagabumi ini adalah sarat akan muatan sejarah Indonesia. Editor senior Bumilangit Comics, Oyasujiwo, mengatakan pada detikHot (23/02/21) bahwa komik ini terinspirasi dari linimasa sejarah Nusantara. Walaupun bercerita fiksi, tapi mereka membuat era yang dimasukkan dalam rentang waktu yang sesuai dengan lintas dan urutan sejarah Indonesia yang sebenarnya.

"Dulu kan nggak kebayang, oh Majapahit tuh sama koloni Portugis, koloni Belanda, jaraknya seberapa jauh sih. Apakah barengan atau duluan mana. Dengan adanya ini kan, oh jadi tahu lintasan sejarah dan urutannya kayak apa" Kata Oyawujiwo pada detikHot

Pada volume pertama hingga ketiga, settingnya lebih kepada era legenda. Dan di volume pertama, peristiwa letusan Danau Toba menjadi titik awal dari Jagat Bumilangit.  Selain itu, peristiwa sejarah lainnya yang masuk adalah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883, letusan Gunung Tambora, dan pembangunan jalan di Cilacap. Penasaran dengan kisah awal para pahlawan super dari Indonesia? Coba baca sekarang dari volume satunya.

Koloni Jagabumi Vol 1 – Legenda

jagabumiBeli dan Ketahui Pertarungan di Tanah Air Sekarang!

Sinopsis:

Tiga kerajaan besar yang selalu bersaing, akhirnya bersatu di bawah kendali Maza Si Penakluk. Mereka menjaga perdamaian antara tiga kerajaan dan bumi dari marabahaya. Dengan ilmu serta kekuatan yang diturunkan dari generasi ke generasi, mereka, para satria purnabakti akan meninggalkan warisan tugas untuk melindungi kedamaian di setiap zaman, di sepanjang masa. Mereka adalah… “JAGABUMI”.

Koloni Jagabumi Vol 2 – Siluman

jagabumiBeli dan Ketahui Pertarungan di Tanah Air Sekarang!

Sinopsis:

Perang antara Kerajaan Wiba dan Kerajaan Godam tak bisa dihindari. Konflik yang tersulut dari persaingan kecil kedua kerajaan tetangga ini memuncak menjadi perang besar. Ztulos dengan berapi-api menggandeng sang adik; Zitu, untuk mengalahkan kerajaan Godam. Suasana makin keruh ketika Kerajaan Godam berhasil mencuri Kristal Amaratia dari wilayah Kerajaan Wiba. Ztulos, Zitu, Gada, bertarung atas nama kerajaan masing-masing. Siapakah yang akan pulang membawa kemenangan?

Koloni Jagabumi 3 – Ksatria

jagabumiBeli dan Ketahui Pertarungan di Tanah Air Sekarang!

Sinopsis:

Perang besar antara Kerajaan Godam dan Kerajaan Wiba tak lagi bisa dihentikan. Hanya kehancuran satu pihak yang akan membuat pihak lain menarik panah terakhirnya. Namun sedikit demi sedikit rahasia dibalik perang besar tersebut terungkap. Zitu dan Gada pun berjanji akan bertemu kembali setelah perang usai untuk mengungkap siapa dalang dibalik perang itu. Akankah dua kawan berlawan kubu ini punya kesempatan melihat perang berakhir?

Volume keempat Jagabumi baru saja rilis Januari 2021 lalu. Di volume ini hingga nanti volume kelima sudah masuk ke era Jawara. Ini adalah eranya para pendekar di masa kerajaan, seperti Si Buta dan Mandala.

Oyasujiwo menjelaskan bahwa volume ke-4 mengisi kekosongan settingan tahun dari komik-komik Bumilangit Entertainment yang sudah rilis sebelumnya. Komik Si Buta dari Gua Hantu berlatar era 1800-an, komik Sri Asih pada tahun 1950-an, Gundala dan Godam pada 1970-an. Nah, volume keempat ini berlatarkan tahun 1943-1945 saat masa kemerdekaan Indonesia. Jadi ada pada masa setelah Si Buta dan sebelum Sri Asih. Pada volume 4-5 akan ada penerus Si Buta. Para penerus itu menjelajahi Nusantara dan mengumpulkan para pengikut baru yang akan melanjutkan visi dan misi dari Si Buta.

Koloni Jagabumi 4 - Iblis

jagabumiBeli dan Ketahui Pertarungan di Tanah Air Sekarang!

Sinopsis:

Perang telah usai, banyak korban jiwa yang jatuh dari dua belah pihak. Namun ancaman belum berhenti sampai di sana. Ancaman malapetaka agung akan terus ada dari zaman ke zaman, merasuki jiwa-jiwa yang rakus dan egois. Mereka akan selalu ada di setiap diri kalian, berebut maunya masing-masing, cuma buat diri sendiri atau kaum kalian sendiri. Tak ada tempat buat yang lain.

Untuk volume 5 ditunggu dulu ya. Kisah pertarungan dari para jagoan Tanah Air akan berlanjut hingga era Patriot dan Revolusi, yaitu era para jagoan yang hadir di masa kita sekarang.

Setelah komik Jagabumi ini selesai, tim Bumilangit Entertainment sudah membocorkan bahwa komik Patriot X akan datang. Dikutip dari detikHot (25/02/21), jagoan-jagoan muda yang tergabung di Patriot X ada 10 anggota. Jagoan yang disebut Dasa Patriot X itu ada Sri Asih, Gundala, Aquanus, Maza, dan Virgo. Kelima anggota sisanya sayangnya belum disampaikan kembali oleh tim.

Kita tunggu saja ya aksi para jagoan Tanah Air dalam mempersatukan Indonesia!

Nah, sebelum ketinggalan ceritanya, beli dulu komik-komiknya dari sekarang, mumpung lagi banyak cashback. Klik gambarnya untuk info lebih lanjut!😉

promoOVO

promoBAPER GoPay


Sumber foto header: bumilangit.com