Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Keunikan Komi Sulit Berkomunikasi, Kemas Isu Social Anxiety dengan Tawa!

5 Keunikan Komi Sulit Berkomunikasi, Kemas Isu Social Anxiety dengan Tawa!

Kamu kesusahan berbicara dengan orang lain? Bisa jadi kamu mengalami masalah yang sama dengan Komi dari komik Komi Sulit Bekomunikasi!😳

Kalangan pecinta komik pasti sudah tidak asing dengan judul komik yang satu ini. Komik Komi Sulit Berkomunikasi merupakan salah satu seri komik yang populer di kalangan pembaca komik bahkan penonton setia anime. Seri ini memiliki keunikan yang tak biasa, lho! Meski dengan genre komedinya, Komi Sulit Berkomunikasi menyinggung isu social anxiety yang serius juga!🥳💫

Selain itu, terdapat beberapa keunikan lain dalam komik ini yang membuatnya semakin menarik untuk dibaca. Penasaran apa saja keunikan yang wajib kamu ketahui? Simak selengkapnya artikel ini, ya! Sebelum itu, yuk, kita kenalan dulu dengan pengarang komik Komi Sulit Berkomunikasi!🤩🫵🏻

Siapa itu Oda Tomohito?

Odo Tomohito adalah seorang mangaka asal Jepang yang namanya dikenal sebagai pencipta dari seri komik populer Komi-san wa Komyushou-desu atau Komi Sulit Berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Ia lahir pada tanggal 22 Oktober 1986 di Prefektur Aichi, Jepang.

Perjalanan kariernya sebagai mangaka dimulai pada tahun 2008 saat ia merilis komik pertamanya berjudul Koisuru Otome to Shugo no Tate atau yang dalam bahasa Inggris populer dikenal dengan judul The Code Name is Shield 9 yang diterbitkan oleh majalah Monthly Shonen Sirius.

Pada tahun 2015, Odo Tomohito memulai serialisasi Komi Sulit Berkomunikasi lewat majalah Weekly Shonen Sunday, yang menjadi karyanya yang paling terkenal hingga saat ini. Komik ini menceritakan kisah seorang gadis bernama Komi yang memiliki gangguan kecemasan sosial dan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Komi mencoba untuk memperbaiki kemampuan sosialnya dengan bantuan teman sekelasnya Tadano.

Premis cerita Komi Sulit Berkomunikasi membawa namanya menuju kesuksesan yang lebih mendunia, bahkan cerita ini sampai diangkat ke dalam bentuk animasi dan juga film!🤩👍🏻

Sejak debutnya, Odo Tomohito telah menghasilkan berbagai seri komik dan cerita pendek yang diterbitkan oleh Weekly Shonen Sunday, termasuk Double Arts dan Kitaku Tochuu de Yome to Musume ga Dekita n dakedo, Dragon datta. Namun, kesuksesan yang ia raih dengan Komi Sulit Berkomunikasi telah membuatnya semakin populer di kalangan penggemar komik secara internasional.🤝🏻

Dalam kariernya, Odo Tomohito dikenal sebagai seorang mangaka yang kreatif dan inovatif dalam membuat cerita yang menarik serta karakter-karakter yang unik dan berkesan. Karya-karyanya selalu berhasil menghadirkan nuansa yang berbeda dan membuat para pembaca terkesan. Kini, ia masih terus menerbitkan seri Komi Sulit Berkomunikasi yang belum tamat! Apalagi kian hari serial ini makin populer dan bertambah, lho, penggemarnya!🤩👍🏻

Wah, seseru apa, sih, ceritanya? Apakah kamu sudah pensaran dengan karya Oda yang satu ini? Yuk, kita simak sinopsisnya terlebih dahulu di bawah ini!🥳

Sinopsis Komi Sulit Berkomunikasi

Komi Sulit Berkomunikasi atau yang biasa dikenal dengan judul Komi Can't Communicate adalah sebuah komik Jepang yang dibuat oleh mangaka Oda Tomohito. Cerita ini berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Komi Shouko yang memiliki masalah dalam berkomunikasi dengan orang lain karena ia memiliki gangguan kecemasan sosial.

Meskipun Komi ingin sekali berteman dan berinteraksi dengan orang lain, tetapi dia merasa sangat kesulitan untuk memulai percakapan atau bahkan hanya untuk menyapa teman sekelasnya. Apalagi wajah Komi yang judes dan seram membuatnya mudah disalahpahami! 🥺

Komi Shouko

Namun, hal tersebut berubah ketika ia bertemu dengan seorang siswa bernama Tadano Hitohito, yang dengan sigap membantunya dan memperkenalkannya pada teman-teman sekelasnya.😳

Sepanjang perjalanan cerita, Komi dan Tadano mulai berteman dan membentuk hubungan yang akrab. Tadano juga membantu Komi untuk mengatasi kecemasan sosialnya dengan cara mengajaknya berbicara dan memberikan dukungan.😻

Melalui interaksi dengan Tadano dan teman-teman sekelasnya, Komi belajar untuk membuka diri, mengatasi kecemasan sosialnya, dan bahkan berbicara dengan orang lain. Dalam cerita ini, pembaca akan dibawa untuk mengenal Komi, teman-temannya, serta pengalaman-pengalaman mereka dalam menjalin hubungan sosial yang penuh warna.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Komi Sulit Berkomunikasi meraih kepopuleran yang luas bahkan hingga menyebabkan cerita ini diangkat ke dalam bentuk film dan animasi di Netflix.

Pada tahun 2021, anime ini juga diangkat ke dalam bentuk live action yang dimainkan Ikeda Elaiza! Wah, keren banget, ya? Jadi, makin penasaran gak, sih, dengan keunikan cerita Komi Sulit Berkomunikasi?

Nah, buat kamu yang penasaran! Sini Admin kasih tau 5 keunikan komik Komi Sulit Berkomunikasi yang wajib kamu ketahui sebelum baca ceritanya!

5 Keunikan Komik Komi Sulit Berkomunikasi yang Harus Kamu Ketahui!

Cerita Komi Sulit Berkomunikasi sudah terkenal sangat menghibur, menyentuh, dan penuh akan pesan moral. Tetapi, apa saja keunikan dari cerita ini? Buat kamu yang belum membaca Komi Sulit Berkomunikasi, ini dia 5 keunikan yang patut kamu ketahui dari Komi Sulit Berkomunikasi!🥳

1. Premis tentang Social Anxiety

Premis utama dalam cerita Komi Sulit Berkomunikasi adalah tentang kesulitan Komi dalam berkomunikasi dengan orang lain yang disebabkan oleh gangguan kecemasan sosialnya. Premis ini sangat menarik dan menginspirasi, karena banyak orang di dunia nyata yang mengalami masalah yang sama dan dapat memetik pelajaran dari pengalaman Komi dalam mengatasi kecemasan sosialnya.

Penggambaran kecemasan sosial dari komik ini tidak hanya menonjolkan kelemahan dan kesulitan yang dihadapi oleh Komi saja, tetapi juga memperlihatkan perjuangan dan semangat yang dimilikinya untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam kisahnya, Oda Tomohita berhasil memperlihatkan character development dari sosok Komi yang belajar untuk lebih percaya diri dan berani mengungkapkan pikiran dan perasaannya!

2. Karakter yang Menarik

Komi Shouko selaku karakter utama dalam cerita ini memiliki keunikan tersendiri karena dia sangat sulit dalam berkomunikasi dan lebih banyak mengkomunikasikan perasaannya melalui ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Karena itu, Komi sering kali dianggap sebagai sosok misterius dan menarik oleh orang-orang di sekitarnya.

Karakter Komi Sulit Berkomunikasi (Sumber Gambar: Dok. Gramedia)

Selain Komi, pembaca juga bisa melihat bagaimana Tadano, teman Komi, yang sejak awal memahami kondisi Komi dan selalu berusaha membantunya dengan penuh kesabaran dan kebaikan hati. Ada pula karakter-karakter lain yang menarik dan membuat cerita semakin kompleks dan mendalam.

3. Humor yang Menyegarkan

Selain memiliki tema yang serius, Komi Sulit Berkomunikasi juga memiliki unsur keunikan tersendiri dari elemen humor yang membalut ceritanya. Jadi, komik ini juga menghadirkan humor dan adegan yang sangat menghibur dan mampu membuat pembaca tergelak sambil belajar tentang kecemasan sosial.

Meskipun topiknya cukup serius, Oda mampu mengemasnya dengan sangat baik sehingga tidak terkesan terlalu berat atau mengganggu pembaca. Humor dalam cerita ini didasarkan pada interaksi antara karakter yang berbeda, seperti antara Komi dan Tadano atau antara Komi dan teman-teman sekelasnya.

4. Ilustrasi yang Cantik

Ilustrasi yang digambar oleh Tomohito Oda pada komik Komi Sulit Berkomunikasi sangatlah khas dan menarik. Salah satu kekuatan ilustrasi tersebut adalah bagaimana Oda mampu menggambarkan ekspresi wajah karakter dengan sangat baik, sehingga pembaca dapat merasakan perasaan dan emosi yang sedang dirasakan oleh karakter tersebut.

Selain itu, Oda juga pandai dalam menggambarkan karakter dengan desain yang unik dan menarik, terutama dalam hal kostum dan gaya rambut. Hal ini memberikan identitas visual yang kuat untuk setiap karakter di dalam cerita. Oleh karena itu, karakter dan latar dalam cerita yang diilustrasikan dalam komik ini ampuh memberikan kesan visual yang indah dan memukau bagi para pembaca.

5. Cerita yang Beragam

Keunikan lain yang harus kamu tahu dari komik ini adalah ceritanya yang beragam! Komi Sulit Berkomunikasi memiliki berbagai macam cerita pendek di dalamnya, yang tidak hanya menyorot cerita utama dari Komi tetapi juga menampilkan kisah-kisah sampingan yang menarik dan lucu. Hal ini merupakan salah satu senjata ampuh yang dibuat Oda untuk membuat pembaca merasa tidak bosan dengan ceritanya. Secara tidak langsung, cerita sampingan ini juga menambah bumbu keunikan dan variasi pada cerita utama.

Kesemua keunikan ini menjadikan Komi Sulit Berkomunikasi masuk ke dalam deretan komik paling dicari di Gramedia!


Apakah kamu sudah baca komik Komi Sulit Berkomunikasi? Kalau belum, jangan khawatir! Gramedia.com punya semua koleksi lengkapnya, loh! Terlebih, volume 15 alias volume terbarunya baru saja terbit. Wah, ini adalah saat yang tepat buat kamu membelinya karena cuma sampai dengan tanggal 29 Maret 2023 kamu bisa dapatkan special offer potongan harga dan juga bonus hadiah spesial!

komiCek Informasi Selengkapnya Disini!

Tunggu apa lagi? Buruan checkout komiknya sekarang juga! Untuk baca koleksi lengkapnya, kamu bisa klik di sini, ya!🥳💫


Sumber Header: Dok. Gramedia

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter