Komi Can’t Communicate: Primadona Sekolah yang Sering Kikuk untuk Bicara

Komi Can’t Communicate: Primadona Sekolah yang Sering Kikuk untuk Bicara

. 4 min read

Hari pertama ajaran baru di SMA Swasta Itan, diwarnai dengan kedatangan murid cantik dan mampu membius semua orang. Semua mata memandang kagum pada siswi ini yang terlihat begitu kalem dan anggun. Tak butuh waktu lama, semua murid di sekolah itu pun menyukai kecantikannya yang bersahaja, dan langsung populer jadi primadona sekolah.

Siswi cantik itu bernama Komi Shouko. Di kelas, ia duduk di sebelah siswa biasa saja yang bernama Tadano Hitohito. Walaupun biasa saja, ia mempunyai kemampuan bisa membaca perasaan orang lain. Dan tentu saja, dibalik penampilan bishōjo alias muda dan cantik dari Komi, Tadano menyadari jika Komi kesulitan dalam berkomunikasi.

Ini dia komik wholesome yang bisa banget nenangin dan menghibur diri kamu. Komi-san wa, Komyushou desu (古見さんは、コミュ症です。) atau Komi Can’t Communicate, dan dalam rilisan bahasa Indonesia berjudul Komi Sulit Berkomunikasi, adalah sebuah seri manga shōnen yang berasal dari tangan mahir Tomohito Oda.

Dapat dibilang wholesome karena komik ini benar-benar full of positive energy banget. Setelah Tadano mengetahui kesulitan yang dialami Komi, ia bertekad di masa SMAnya ini ia akan membantu keinginan Komi untuk memiliki 100 teman.

Komi mempunyai masalah “komyusho” atau kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, dan mempunyai kecemasan yang berlebihan akan reaksi orang lain terhadapnya. Jangankan berbicara panjang, mengucapkan satu patah kata saja ia tak mampu, karena selalu tergagap dan gemetar.

Tapi yang lucunya, orang-orang malah menganggap pendiamnya Komi ini macam sikap elegan nan anggun, dan membuat orang-orang semakin menganggumi berkelasnya Komi. Seperti saat disuruh memperkenalkan diri, Komi malah lari ke papan tulis dan menuliskan namanya, dan seluruh kelas menatap kagum pada dirinya.

Tak hanya itu, dirinya yang kerap kali terlihat diam karena sulit bersosialisasi, membuat orang menganggapnya keren, punya pesona memikat, dan dimaklumi teman-temannya bahkan guru-gurunya pula. Sungguh kesalahpahaman yang begitu lucu, dan masih banyak tanggapan kocak terhadap Komi dalam komik ini.

Awalnya, Komi-san wa, Komyushou desu ini hanyalah komik one-shot yang diterbitkan Shin Sedai Sunday Grand Prix pada 2015. Karena populer, barulah dibuat serialisasinya di tahun 2016 pada majalah Weekly Shonen Sunday terbitan Shogakukan, dengan beberapa perubahan pada karakter.

Hingga Oktober 2021, sudah ada 23 volume tankōbon (buku seri dari beberapa chapter) yang sudah diterbitkan. Hingga awal tahun 2021, dari 20 volume tankōbon telah terjual sebanyak lebih dari 5,2 juta eksemplar.


Baca juga: Komik One-Shot Seru yang Harus dikoleksi


Di Indonesia sendiri melalui penerbit Elex Media Komputindo, sudah ada 10 volume yang terbit dan kerap ditunggu-tunggu volume kelanjutannya. Pada 20 Oktober 2021 lalu, volume ke-10 dari Komi Sulit Berkomunikasi sudah rilis dan sudah bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

KomiKoleksi Cerita Komi di Sini!

Komi memang sulit bersosialiasi, namun ia sangat ingin sekali mempunyai teman. Ia ingin makan siang bersama sambil membicarakan berbagai topik. Hanya saja ia selalu overthinking akan tanggapan orang lain setelah ia menyapa. Ia juga tak tahu caranya, dan tak tahu harus membicarakan apa.

Beruntungnya ia menemukan Tadano yang mampu mengetahui kelemahannya ini. Komi pun kembali percaya diri untuk mendapatkan 99 teman lainnya. Sedikit demi sedikit, tumbuh ikatan emosional di antara mereka. Bersama Tadano, mari kita ikuti petualangan kehidupan masa SMA Komi, dalam mendapatkan teman yang ternyata nggak kalah unik-unik dengan dirinya!


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Kalau kamu mau mengikuti perjuangan Komi mendapatkan teman, di Gramedia.com tersedia lengkap komiknya dari volume pertama. Nggak ada karakter jahat, semuanya menghangatkan dan menghibur hati. Baca sekarang dan dapatkan komiknya dengan klik gambar di bawah ini ya.

KomiMulai Baca Cerita Kocak Komi di Sini!

Setelah baca komiknya, mau lihat visualiasi berjalan atau versi animenya dari Komi nggak? Setelah ditunggu-tunggu penggemar, akhirnya Komi Can’t Communicate diadaptasi menjadi anime oleh Studio OLM, dan sudah rilis di Jepang sejak 6 Oktober 2021 lalu. Hal ini juga jadi jawaban atas posisi pertama yang didapat dalam jajak pendapat “Adaptasi Anime yang Sangat Dinantikan” pada Anime Japan tahun 2020 lalu.

Anime ini ditayangkan di lebih 190 negara lainnya oleh Netflix. Lengkap dengan dubbing dari 8 bahasa, 31 subtitle berbagai bahasa, dan Indonesia termasuk yang bisa menikmatinya. Kamu sudah bisa menontonnya di Netflix dan masih on-going dengan rilis mingguan tiap hari Kamis.

Animenya juga bergerak halus dari versi manganya. Kamu pun bisa melihat anggunnya pergerakan Komi saat diam mematung, lucunya ketika ia gugup, dan mukanya berubah tegang kala harus berbicara dengan orang lain. Mata terbelalaknya makin terlihat kawaii, ekspresi tatapan kosongnya juga makin memikat!

Sebelum animenya hadir, versi live-action juga sudah tayang duluan di channel NHK Jepang pada 6 September 2021, sebanyak 8 episode. Komi diperankan oleh Elaiza Ikeda yang juga menjadi Kirari pada live action Kakegurui, dan Tadano diperankan oleh Takahisa Masuda yang merupakan anggota dari idol group NEWS.

Komi Sulit Berkomunikasi bisa jadi bacaan pilihanmu yang begitu menghibur untuk mengisi waktu luang. Dan  kamu bisa dapatkan semua volumenya di Gramedia.com sambil menunggu tiap episode animenya hadir! 😉

KomiKoleksi Semua Volumenya di Sini!


Baca juga: 10 Komik Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Masih banyak promo menarik lainnya di Gramedia.com, dari diskon hingga penawaran spesial. Segera klik gambar di bawah ini untuk menuju kumpulan promonya ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Agar belanja semakin mudah dan cepat, kamu bisa gunakan layanan "Pesan Antar". Chat via WhatsApp dan tuliskan produk yang ingin kamu beli. Lalu pilih pengiriman secara instant (khusus Jabodetabek) dan paketmu akan tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: tv-tokyo.co.jp/anime/komisan/