Kisah Cinta di Buku-Buku Ini Dijamin Bikin Nangis Bombay!

Kisah Cinta di Buku-Buku Ini Dijamin Bikin Nangis Bombay!

. 4 min read

Menuju bulan Februari nih Grameds, alias bulannya kasih sayang. Jadi enggak ada salahnya dong kalau kali ini, temanya masih akan membahas tentang cinta dan kasih sayang.

Tapi kali ini, kita tidak akan membahas cinta masa remaja yangberujung manis. Kali ini, kami akan mengajak Grameds bernostalgia dengan membaca kembali novel-novel lawas, dengan kisah cinta yang tragis namun memberikan banyak pelajaran hidup di dalamnya.

Mau tahu apa saja novel yang akan Gramedia.com bahas kali ini, langsung cek di bawah ini ya.

1. A Walk to Remember

A

Percaya atau tidak, novel ini sudah dirilis sejak 20 tahun lalu lho, tepatnya pada Oktober 1999. Karya dari penulis Nicholas Sparks ini bisa dibilang, salah satu yang kisahnya masih banyak dikenang hingga kini.

Berkisah tentang Landon Carter, pria berusia 57 yang mengenang kisah cinta di masa remajanya. Di saat usianya baru menginjak 17 tahun, dia dipertemukan dengan Jamie Sullivan, putri pendeta yang selalu membawa alkitab ke mana pun dia pergi.

Melewati banyak rintangan dan kejadian yang tidak menyenangkan, keduanya pun jatuh dalam rasa cinta. Sayangnya, kisah mereka tak berakhir baik, karena salah satu dari mereka ternyata mengidap penyakit serius hingga merenggut nyawanya.

2. Autumn in Paris

AUTUMN

Kalau yang ini, karya penulis Tanah Air, Ilana Tan. Pertama kali diterbitkan pada 2007 lalu. Yang merupakan novel kedua, dari Tetralogi Empat Musim.

Berkisah tentang Tara Dupont yang bertemu dengan Tatsuya Fujisawa. Keduanya bertolak belakang kalau sudah membahas musim gugur. Tara menyukai musim gugur, sementara Tatsuya tidak.

Namun perbedaan itu tetap saja tak berarti karena pada akhirnya mereka saling mencintai. Namun, cinta tersebut tak berjalan mulus. Kisah masa lalu, membuat keduanya tak akan pernah bisa bersatu.

3. PS, I Love You

PS

Novel ini pertama kali dirilis pada 2004 lalu, dan merupakan karya pertama dari penulis Cecelia Ahern. Buku ini langsung menjadi buku paling laris di lima negara dalam kurun waktu 19 pekan usai dirilis.

Kisahnya tentang cinta seorang pria bernama Gerry yang tak putus meski takdir mengatakan dirinya harus pergi dari dunia ini.

Gerry meninggal karena tumor otak. Sementara Holly, istri Gerry sangat terguncang atas kepergian sang suami. Namun ternyata, Gerry sudah menyiapkan banyak hal, yang bisa membuat sang istri merasa dirinya selalu ada, dan yang terpenting Gerry selalu mencintainya meski mereka telah terpisah dunia.

4. Dealova

DEALOVA

Siapa sih remaja yang enggak tahu novel ini di zamannya? Novel karya Dyan Nuranindya ini pertama kali terbit pada 2004 lalu. Langsung booming, dan setahun setelahnya novel ini diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama, Dealova.

Ceritanya tentang cinta di SMA, antara Karra dan Dira. Namun sikap Dira yang ketus dan galak membuat Karra memertanyakan kembali perasaannya untuk Dira. Di saat itu hadirlah Ibel, yang merupakan teman dari kakak Karra, Iraz.

Takdir pun berkata bahwa Dira dan Karra memang tidak bisa bersama. Kisah mereka berakhir menyedihkan, meski akhirnya kehadiran Ibel bisa mengobati kesedihan Karra.

5. The Fault in Our Stars

THE

Novel yang pertama kali dirilis pada 2012 silam ini bercerita tentang Hazel Grace Lancaster, remaja 16 tahun yang mengidap kanker tiroid dan sudah menyebar hingga paru-parunya. Dia pesimis untuk melanjutkan hidup, sampai dia menghadiri pertemuan dengan sesama pengidap kanker, untuk saling mendukung dan berbagi cerita.

Di sana dia bertemu dengan Augustus Waters, seorang remaja pria yang harus kehilangan kaki kirinya karena sakit yang dideritanya. Augustus datang untuk memberikan dukungan kepada salah satu temannya yang mengidap kanker mata. Dari pertemuan itu tumbuh cinta di antara Hazel dan Augustus.

Di saat Hazel mulai optimis menatap kemungkinan di masa depan, tiba-tiba takdir menjatuhkannya lagi. Takdir memisahkannya dari Augustus.

Membaca kisah ini benar-benar menguras emosi dan air mata. Banyak pelajaran kehidupan yang bisa diambil di dalamnya. Karena dianggap begitu menginspirasi, kisah dalam buku ini pun diangkat menjadi film layar lebar pada 2014 lalu.

6. Imaji Terindah

ANTOLOGI

Christoper Hanafiah merupakan sosok yang banyak dikagumi di sekolahnya. Banyak lelaki yang iri dengannya, karena dia selalu mendapatkan apa yang diinginkannya.

Namun tidak saat ia menginginkan Aki. Siswi perempuan yang menyihir banyak lelaki. Aki menolak baik-baik, saat Chris mengutarakan perasaannya. Pertama kalinya ditolak, membuat Chris penasaran untuk bisa menaklukan hati Aki.

Ketika usaha Chris mulai terlihat, Aki pun akhirnya membuka rahasia yang selama ini ia tutup rapat-rapat. Chris pun tak bisa melakukan apa-apa, karena pada akhirnya, kenyataan berkata jika dirinya benar-benar tidak bisa bersama dengan Aki.


Buat para milenials yang merasa belum pernah membaca buku-buku di atas, enggak ada salahnya meluangkan waktu untuk membaca kisah cinta dari novel-novel di atas. Supaya bisa ikut merasakan kegalauan remaja di masa beberapa tahun lalu.

Buat yang penasaran mau baca buku-buku di atas, langsung pesan di Gramedia.com ya!


Sumber header foto: Fanpop.com