Kesalahan Penggunaan Hand Sanitizer yang Buat Gagal Usir Kuman

Kesalahan Penggunaan Hand Sanitizer yang Buat Gagal Usir Kuman

. 3 min read

Pada masa pandemi seperti ini, kita patut mematuhi protokol kesehatan, apalagi jika kita sedang berada di luar rumah. Saat di luar, tangan kita akan memegang benda-benda sehingga banyak kuman yang tak sengaja kita pegang. Lalu tanpa sadar setelah itu kita makan, mengusap mata, menyentuh hidung atau mulut, dan potensi virus corona masuk ke tubuh jadi lebih besar.

Saat pergi keluar rumah, kadangkala kita sulit menemukan tempat mencuci tangan. Maka dari itu, penggunaan hand sanitizer kerap dijadikan penyelamat untuk memastikan tangan selalu bebas dari kuman.

Bukan sekadar disemprot atau dioleskan ke tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hand sanitizer bekerja secara efektif menghilangkan kuman. Sayangnya, masih sering ditemukan kesalahan dalam menggunakan hand sanitizer. Dikutip dari Halodoc (20/07/20), berikut kesalahan umum saat menggunakan hand sanitizer:

Penggunaan Hand Sanitizer yang Terlalu Sedikit

Hand sanitizer memang menggunakan alkohol untuk mengurangi kuman dengan cepat, tapi bukan berarti kamu menuangkan cairannya terlalu sedikit. Kamu harus memastikan bahwa cairan tersebut cukup untuk mengolesi keseluruhan permukaan tangan hingga ke sela-sela jari.

kesalahan
Sumber foto: Shutterstock

Selalu pastikan pula bahwa hand sanitizer kamu berbasis minimal 60% alkohol, karena dipercaya lebih efektif untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya di tangan.

Asal Menggosok

Jangankan hanya menggunakan hand sanitizer, penggunaan sabun dan menggosoknya sedikit, lalu langsung dibilas juga belum menghilangkan kuman secara keseluruhan. Minimal kamu harus menggosok tangan 20 detik hingga ke sela jari dan kuku agar benar-benar bebas dari kuman.

kesalahan
Sumber foto: doremi.id

Sesuai dengan yang tercantum dalam jurnal peer-review Emerging Infectious Disease dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penggunaan hand sanitizer setidaknya dilakukan selama 30 detik agar ampuh menonaktifkan virus yang menempel di tangan.

Panduan CDC menganjurkan untuk mengoleskan hand sanitizer ke salah satu tangan, lalu menggosoknya secara bersamaan pada kedua tangan, lalu gosok seluruh telapak tangan hingga sela-sela jari dan kuku, hingga semua bagian tangan terbasahi. Jangan lupa, lakukan hal ini selama 30 detik dan biarkan mengering sendiri, tanpa perlu dikeringkan dengan handuk atau tisu. Jangan menyentuh apapun dahulu sebelum hand sanitizer mengering di tangan ya.

Menggunakannya Saat Tangan Kotor

kesalahan
Sumber foto: yummy.co.id

Hand sanitizer memang bisa membunuh kuman, tapi tidak akan kembali efektif jika digunakan saat tanganmu berlumuran minyak setelah makan, atau berlumuran lumpur sehabis berkebun. Kamu harus mencuci tangan dengan air dan sabun dalam kondisi seperti itu.

Hand sanitizer memang fleksibel untuk dibawa ke mana pun. Tapi kamu tetap harus perhatikan cara penggunaannya, serta pilih produk hand sanitizer dengan benar ya, seperti Bright Clean Hand Sanitizer dari Martha Tilaar yang menjadi produk spesial di Gramedia.com.

brightBeli Sekarang!

Ada varian gel dengan kandungan alkohol 70% berukuran 100ml yang pas banget dibawa ke mana-mana dan muat dimasukkan dalam kantung atau tas. Aroma lemongrass bikin tanganmu wangi dan segar!

brightBeli Sekarang!

Selain gel, ada juga yang semprot dan dilengkapi Formula 3 Fight Agent, yaitu basil extract, alkohol 80%, dan hydrogen peroxyde H2O2. Wangi lemongrass-nya juga nggak kalah segar! Tersedia ukuran kemasan 60ml dan 100ml yang sangat praktis.

brightBeli Sekarang!

Kalau kamu butuh ukuran yang lebih besar untuk persediaan di rumah, ditaruh pada toko atau restoranmu, tersedia pula ukuran 200ml dengan aroma fantasy yang manis dan juga menyegarkan.

Semuanya sama-sama ampuh membunuh kuman serta bakteri hanya dalam waktu 30 detik! Tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu, mau pakai yang gel atau semprot, mau yang besar atau yang kecil.

Yuk, dapatkan sekarang juga produk spesial ini, selagi ada promo beli satu gratis satu hanya sampai 31 Maret 2021.

promoBeli Sekarang Sebelum Kehabisan!

Bright Clean Hand Sanitizer Martha Tilaar, eksklusif hanya di Gramedia.com!


Sumber foto header: Unsplash