Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Jonatan Christie!

Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Jonatan Christie!

. 3 min read

Namanya kian melambung, puncaknya ketika menjuarai laga final badminton tunggal putra di ajang Asian Games 2018. Yap, pasti sudah tahu kan? Ia adalah Jonatan Christie. Atlet bulu tangkis ini akhirnya membawa pulang medali emas di nomor tunggal putra pada pesta olahraga Asian Games. Hal ini terjadi untuk pertama kalinya sejak terakhir kali diraih oleh Taufik Hidayat pada Asian Games tahun 2006.

Sebenarnya siapa sih Jonatan Christie? Yuk, kenalan dengan sosoknya lebih dekat!

Jonatan Christie lahir di Jakarta pada 15 September 1997. Pria yang akrab disapa Jojo ini adalah pebulu tangkis yang dibesarkan oleh PB Tangkas Jakarta. Seperti anak muda lainnya, Jojo memiliki sejumlah aktivitas yang digemari. Menilik dari akun Youtube pribadinya, ia terlihat gemar menyanyikan beberapa cover lagu bersama dengan teman-temannya. Selain itu, Jojo juga tampak menyenangi fotografi. Hasil jepretannya ia abadikan dalam highlight 'joomotret' di akun Instagram pribadinya.

Profil-Jojo-5 Source: Brilio

Menilik perjalanan karirnya, Jojo mulai terjun ke dunia bulu tangkis sejak usia 6 tahun. Awalnya ia tak begitu tertarik dengan olahraga bulu tangkis, tapi sang ayah terus memberi dorongan untuk terus fokus pada cabang olahraga ini. Tidak sia-sia, berkat kerja kerasnya, Jojo pun berhasil meraih berbagai prestasi gemilang sedari kecil.

Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Jojo sudah beberapa kali bertanding dengan pebulu tangkis senior. Pada tahun 2013, ia berhasil mengalahkan pebulu tangkis yang usianya terpaut cukup jauh, Alamsyah Yunus di ajang Indonesia International Challenge (IIC).

Tak puas sampai di situ, Jojo juga memenangkan medali perak dalam Thailand Open dan Korea Super Series di tahun 2017. Masih di tahun yang sama, Jonatan Christie mendulang popularitas berkat perolehan emas dalam Sea Games yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Nama Jojo semakin melambung dalam perhelatan Asian Games 2018 di mana Indonesia didaulat menjadi tuan rumah. Pada pertandingan final bulu tangkis beregu putra, Jojo harus berbesar hati dengan meraih medali perak. Namun, akhirnya Jojo berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada final bulu tangkis tunggal putra pada Selasa (28/8) lalu.

Profil-Jojo-2-2 Source: medanToday.com

Berbagai macam pencapaiannya tersebut membuat Jonatan Christie semakin dielu-elukan banyak orang. Ia tidak hanya mampu meraup perhatian masyarakat Indonesia saja, melainkan juga berbagai media asing. Sebut saja Channel News Asia, Reuters, ABC News, hingga Fox News.

Saat ini Jonatan Christie menjadi pebulu tangkis Indonesia tunggal putra yang menduduki posisi ke-15 dalam peringkat dunia Badminton World Federation. Meski begitu Jojo tetap down to earth, terbukti meski ia berhasil meraih medali emas di Asian Games 2018, ia tetap rendah hati. Dirinya pernah berkata, ketika turun dari podium kemenangan dirinya bukanlah siapa-siapa lagi dan perjuangannya akan kembali dimulai dari nol.

Salut! Kita doakan ya semoga perjuangan Jojo yang tak kenal lelah terus mengobarkan semangatnya di lapangan tanding.

Nah, buat kamu yang ingin meraih mimpi seperti Jonatan Christie, kamu bisa mulai dengan membaca buku-buku rekomendasi belajar olahraga di bawah ini.

Teknik Dasar Olahraga Panahan

Olahraga-Panahan

Buku Pintar Tenis Meja

Olahraga-Tenis-Meja-

Buku Pintar Pencak Silat

Olahraga-Pencak-Silat-1

Buku Pintar Tenis

Olahraga-Tenis

Buku Pintar Olahraga

Olahraga-Pintar


Header image source: Tempo.co