Keluarga Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Sejak Dini

Keluarga Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Sejak Dini

. 3 min read

Hari Anti Narkoba Internasional jatuh setiap tanggal 26 Juni. Hari tersebut diperingati sebagai wujud kepedulian dunia terhadap permasalahan yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba dan perdagangan obat ilegal. Dilansir dari Kompas.com, Indonesia dinyatakan mengalami darurat narkoba sejak 1971. Tidak ada satu daerah pun di Indonesia yang terbebas dari narkoba.

Hal tersebut tentunya sangat memprihatinkan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan membentuk sebuah lembaga bernama Badan Narkotika Nasional (BNN), yang bertugas untuk melakukan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap psikotropika, prekursor, dan bahan adiktif lainnya kecuali tembakau dan alkohol.

Akan tetapi, upaya penanggulangan tidak bisa hanya diserahkan oleh badan itu saja. Ada banyak kemungkinan yang dapat terlewat dari pengawasan tersebut. Oleh karena itu, peran keluarga sebagai wujud kelompok masyarakat terkecil yang harus ikut andil dalam upaya tersebut, karena keluarga dapat secara efektif dalam pengendalian diri setiap anggotanya.

Berikut adalah beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan dalam keluarga untuk mendidik anggotanya agar terhindar dari penyalahgunaan pemakaian narkoba.

Komunikasi

Man and a woman having a conversation in a Bee Cave Coffee Co. shop
Photo by Christin Hume / Unsplash
Dalam keluarga komunikasi merupakan sebuah sarana yang sangat penting untuk membangun hubungan antar anggota agar semakin baik. Manfaatkan setiap waktu luang meski sekedar berkumpul bersama untuk saling bercerita. Dengan hal ini orang tua bisa mengetahui apa keluh kesah yang dialami anak untuk dapat saling memberikan support.

Dengan begitu, diharapkan setiap anggota keluarga khususnya anak merasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tua. Karena salah satu hal yang memicu anak mendekati narkoba karena kurangnya perhatian kepada mereka, sehingga mereka merasa terabaikan dan tidak berharga.

Pendidikan Hidup Sehat

A woman wearing a red sweater and sneakers walking with her hands on top of her head down a path during fall in West Sussex
Photo by Emma Simpson / Unsplash
Tanamkan upaya hidup sehat sejak dini kepada anak. Mereka perlu diberi pendidikan mengenai cara merawat tubuh mereka dengan baik, misalnya dengan menjaga kebersihan, memakan makanan yang menyehatkan, dan menghindari makanan yang berbahaya bagi tubuh. Juga tidak lupa: berolahraga.

Apabila pembelajaran di atas sudah dilakukan sejak kecil, maka kebiasaan tersebut dapat terus terbawa hingga kelak mereka dewasa, sebagaimana sebuah peribahasa “bagaikan menulis di atas batu”. Oleh karena itu, hal ini dapat secara efektif memberikan pemahaman mendasar agar anak tidak coba-coba terhadap sesuatu hal yang dapat membahayakan kesehatan atau hidupnya.

Memberi Informasi Akurat

Red-haired mother holds a baby on her lap while a young child next to her touches a tablet computer
Photo by Alexander Dummer / Unsplash
Dalam hal ini orang tua perlu belajar terkait segala hal yang berhubungan dengan permasalahan narkoba atau racun yang mungkin ada di lingkungan sekitar. Dengan pemahaman yang baik akan memudahkan mereka melakukan edukasi kepada anak terkait hal tersebut. Akan tetapi penyampaiannya pun perlu disesuaikan, yaitu dengan menggunakan bahasa yang ringan agar mudah diterima oleh sang anak dengan baik.

Anak-anak diajarkan untuk tidak sembarangan dalam meminum obat-obatan saat sakit yaitu dengan dosis yang sesuai anjuran dokter, dan mengenalkan mereka pada hewan atau tumbuhan yang beracun sehingga harus menghindarinya, serta mengajarkan kepada mereka tentang tidak boleh sembarangan dalam menerima pemberian dari seseorang yang asing, kecuali sesudah mendapat izin dari orang tua. Informasi tersebut penting agar anak dapat terhindar dari pengaruh penyebaran narkoba.

Melakukan Hal yang Bermanfaat


Photo by iam Se7en / Unsplash
Membiasakan anak untuk mengisi waktu mereka dengan hal-hal bermanfaat dapat menghindarkan mereka pada perilaku yang negatif. Misalnya dengan berolahraga, membaca buku, mengikuti komunitas peduli lingkungan, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa didekatkan dengan kelompok atau komunitas di lingkungan sekitar yang baik dan sesuai dengan minat mereka masing-masing.


Hal di atas menjadi opsi cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan anak dari penyalahgunaan narkoba. Untuk para orang tua bisa mulai melakukannya.