Kekuatan-kekuatan Super Captain Marvel Berdasarkan Komiknya

Kekuatan-kekuatan Super Captain Marvel Berdasarkan Komiknya

. 4 min read

Film Captain Marvel baru saja merilis trailer pertamanya beberapa waktu lalu. Hanya dalam waktu singkat trailer film superhero terkuat di MCU (Marvel Cinematic Universe) ini pun telah ditonton oleh puluhan juta views.

Bicara tentang Captain Marvel, ia merupakan salah satu pahlawan super dalam semesta Marvel. Filmnya nanti akan mengisahkan asal-usul Carol Denvers hingga akhirnya berubah menjadi Captain Marvel dengan kekuatan super tak terkalahkan. Sosok Carol Denvers sendiri akan diperankan oleh aktris cantik peraih piala Oscar, Brie Larson.

Setelah lulus SMA, Carol Danvers menempuh pendidikan di akademi Angkatan Udara. Dia pun dijuluki sebagai murid paling handal dan akhirnya menjadi pilot tersohor. Carol kemudian bergabung dengan NASA dan diangkat sebagai kapten termuda di sana.

Saat sedang menjalani misi ke luar angkasa, Carol terjebak dalam pertempuran antara alien dari bangsa Kree dan Yon-Rogg. Akhir pertempuran itu pun menyebabkan Carol terpancar radiasi yang kuat sehingga dia memiliki berbagai macam kekuatan super.

Carol pun tak lagi berkarir di NASA karena masih sulit mengendalikan kekuatannya. Setelah sudah terbiasa dengan kekuatan super dan dan dapat mengontrolnya, dia menjadi sosok superhero yang bergabung dalam Avengers.

Lalu, apa saja kekuatan super yang dimiliki sosok Carol Danvers sebagai Captain Marvel? Berdasarkan komiknya, berikut ini 7 kekuatan super Captain Marvel yang tak terkalahkan. Konon katanya hingga bisa membuat Thanos kewalahan lho!

Captain-Marvel-Komik-7

1. Menyerap energi

Captain Marvel memang tak bisa diremehkan. Salah satu kekuatan super yang dimilikinya adalah kemampuan menyerap dan memanipulasi energi. Mungkin kamu menganggap itu biasa karena Superman dari DC universe pun bisa menyerap energi, terutama sinar matahari. Well, nyatanya Captain Marvel dapat melakukan lebih dari itu.

Selain sinar matahari, superhero yang satu ini mampu menyerap berbagai macam energi. Salah satunya adalah energi listrik. Dengan energi yang ada, Captain Marvel juga bisa menggerakkan atau memindahkan benda-benda disekitarnya tanpa harus disentuh. How cool!

2. Manipulasi energi bintang

Captain Marvel sempat diculik dan dipaksa untuk menjalani sebuah eksperimen genetik yang dilakukan oleh alien bernama the Brood. Setelahnya, Captain Marvel mampu menyerap dan memanipulasi energi yang dihasilkan oleh bintang. Bahkan, dia jadi bisa menciptakan energi yang diinginkan untuk melawan musuhnya. Mulai dari energi cahaya, panas, hingga radiasi.

Saat menggunakan kemampuan kosmik tersebut, Captain Marvel dipanggil juga dengan sebutan Binary. Dengan kekuatannya, dia sanggup mengintimidasi dan membahayakan siapa saja musuhnya, termasuk Thanos. Meski begitu, kemampuannya yang terlampau luar biasa itu tidak melulu dapat berubah menjadi Binary. But it’s still such an extremely formidable power, isn’t it?

3. Stamina tak terbatas

Kabarnya, Captain Marvel adalah pahlawan super dari Marvel yang terkuat. Captain Marvel dengan mudah mampu mengangkat beban seberat 50 ton dan mengoyakkan baja dengan tangan kosong . Bahkan, kekuatannya itu bisa berlipat ganda ketika berubah menjadi Binary.

Di setiap pertarungannya melawan musuh, Captain Marvel selalu mengeluarkan intensitas kekuatan yang luar biasa besar. Namun, hal itu ternyata tidak memengaruhi daya tahan tubuhnya. Staminanya dapat bertahan dalam periode waktu yang panjang. Dalam wujud Binary, dia bahkan dapat bertarung selama satu hari penuh tanpa jeda. Hal itu ditunjukkan dalam komik ketika Captain Marvel melawan pasukan Skrulls.

4. Mengendalikan gravitasi

Jika manusia terlalu lama berada di tempat tanpa gravitasi, maka kekuatan otot mereka akan berkurang. Namun, tentu hal ini tak menjadi masalah bagi Captain Marvel. Pahlawan super yang katanya paling kuat ini mampu bertahan lama, bahkan bertarung dengan lawannya di luar angkasa.

Ketika sedang melawan musuh di bumi pun, ternyata Captain Marvel mampu mengendalikan gravitasi bumi. Captain Marvel bisa membuat situasi disekitarnya menjadi lebih ringan sehingga dia dapat lebih mudah bergerak menghancurkan musuh. Captain Marvel juga jadi bisa menjadikan daerah sekitarnya menjadi lebih berat untuk memperlambat gerak musuh.

5. Indra ketujuh

Mirip dengan spidey-sense milik Spider-Man, Captain Marvel juga dapat memprediksi kapan bahaya datang. Entah itu berasal dari dalam bumi ataupun luar angkasa. Kemampuan ini dinamai cosmic awareness yang katanya merupakan indra ketujuh dari Captain Marvel.

Captain Marvel juga bisa mendeteksi kelemahan musuh, dia sanggup memperkirakan gerakan lawan bahkan sebelum lawannya menyerang. Makanya, Captain Marvel selalu dapat menghindari serangan musuh.

Lebih hebatnya lagi, indra ketujuh yang dimiliki Captain Marvel membuatnya mampu memperhitungkan di mana lokasinya saat sedang berada di antah-berantah.

6. Kemampuan terbang di atas rata-rata

Sebelumnya, Captain Marvel terbang dengan menggunakan alat bantu. Oleh karena itu, dirinya memiliki pengetahuan yang luas tentang mekanisme penerbangan. Namun dengan kemampuan menyerap dan memanipulasi energi, sang superhero dapat terbang tanpa alat bantuan apapun.

Misalnya saja, Captain Marvel terbang dengan menyerap energi matahari dan memanipulasi panas yang dihasilkan ke dalam gelangnya yang disebut the Nega-Bands. Kecepatan terbangnya itu bahkan diketahui lebih cepat dari laju gelombang suara. Pada titik ini, Captain Marvel bisa menembus kerak bumi untuk sampai ke luar angkasa. Wow!

Dengan kemampuan tersebut, sepertinya Captain Marvel dapat terbang lebih cepat dibandingkan dengan Falcon, Vision, ataupun Iron Man.

7. Menyembuhkan luka sendiri

Hampir serupa dengan Wolverine, Captain Marvel juga dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Saat dirinya terluka ketika bertarung, luka tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Dia dapat pulih seperti semula dalam waktu yang terbilang singkat, meskipun itu luka serius.

Kalau kamu mengikuti kisah Captain Marvel, mungkin terbesit sekilas di ingatanmu bahwa kemampuannya itu pernah dimunculkan dalam komiknya. Ya, Captain Marvel menyembuhkan dirinya sendiri dari serangan lawannya yang bertubi-tubi, bahkan dari ledakan nuklir. Super sekali!


Itu dia kekuatan-kekuatan super Captain Marvel yang sungguh menakjubkan berdasarkan komiknya. Menurutmu, kemampuan mana yang paling kuat? Film solo Captain Marvel sendiri baru akan tayang pada bulan Maret 2019 mendatang.

Untuk kamu para penggemar komik-komik Marvel, dapatkan koleksi bukunya di Gramedia.com. Selain kisah Captain Marvel, adapula komik-komik superhero Marvel lainnya seperti Thor: Ragnarok, Marvel Avengers-Heroes Of The Future, Marvel-Captain America: Civil War, dan masih banyak lagi.