8 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Membawamu Jadi Orang Sukses

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Membawamu Jadi Orang Sukses

. 4 min read

Siapa sih yang tidak ingin jadi orang sukses? Sudah barang tentu semua orang ingin mengalaminya.

Namun, sukses bukan perkara instan. Banyak proses yang harus dilalui demi meraih impian. Selain harus bekerja keras, kebiasaan sehari-harimu ternyata juga bisa menjadi penentu akankah kamu sukses meraih cita-citamu ataukah tidak.

Well, setidaknya ini sudah terbukti lho pada tokoh-tokoh tersohor di dunia seperti Bill Gates, J.K. Rowling, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh ternama dunia lainnya.

Kira-kira bagaimana sih ciri orang yang nantinya akan meraih kesuksesan? Berikut rangkuman Gramedia.com tentang 8 kebiasaan sehari-sehari yang bisa membawamu menjadi orang sukses.

Apa saja ya?

1. Percaya diri

pexels-photo-1036622Source: Pexels

Salah satu sikap yang bisa jadi modal kamu untuk sukses adalah percaya diri. Dengan percaya pada diri sendiri, tak ayal orang lain juga akan percaya padamu.

Dalam wawancara dengan ABC.net, Bill Gates juga pernah membahas bahwa sikap percaya diri dapat berguna untuk menemukan passion seseorang. Melalui passion yang ditekuni dengan percaya diri inilah, kamu bisa melangkahkan kakimu untuk meraih kesuksesan.

2. Berani cari pengalaman baru

jed-villejo-647988-unsplashSource: Unsplash

Kalau merasa tidak kerasan dengan apa yang sedang kamu kerjakan sekarang, bukan berarti kamu tak konsisten. Barangkali itu bukan passion-mu.

Seorang pakar psikologi asal Amerika, Dr. Robert Cloninger, pernah berkata bahwa kesuksesan dapat diperoleh dengan mencoba hal-hal baru. Pengalaman baru itu siapa tahu bisa membantu menemukan passion kamu.

3. Tidak mudah menyerah

pexels-photo-583437Source: Pexels

Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan hingga berakhir pada kegagalan. Namun, kamu tidak perlu terpuruk begitu lama karena kesalahan itu. Seperti kata Mark Manson, “you can fall backwards and still be okay”.

Kuncinya adalah tidak langsung menyerah saat berbuat salah. Dari kesalahan itulah, seseorang harus bangkit dan belajar untuk memperbaikinya sehingga kesalahan itu tak terulang kembali.

4. Tidak takut gagal

benjamin-davies-736261-unsplashSource: Unsplash

Sepertinya, tak ada seorang pun yang tidak pernah mengalami kegagalan. Justru seseorang bisa sukses karena berangkat dari kegagalan yang membawa berbagai pelajaran berharga dalam hidup.

Lihat saja penulis J.K. Rowling. Sang penulis fenomenal ini tak langsung berhasil menerbitkan karyanya. Belasan kali tulisannya ditolak penerbit. Namun, dia tak berhenti begitu saja hingga akhirnya novel seri Harry Potter banjir penggemar di seluruh dunia.

5. Terbuka pada kritik

toa-heftiba-340859-unsplashSource: Unsplash

Kritik dari orang lain memang tidak selalu menyenangkan. Namun, kita perlu terbuka terhadap segala kritik tersebut. Walaupun ada yang memang membangun kita, ada juga yang sebenarnya semata-mata asal kritik.

Maka dari itu, dalam mendengarkan kritik, kita tetap harus pandai memilah mana yang perlu dihiraukan dan mana yang perlu dijadikan modal untukmu berubah menjadi yang lebih baik lagi.

6. Senang berinteraksi

pexels-photo-1289898Source: Unsplash

Interaksi intens yang biasa dilakukan bisa jadi memacu dirimu untuk mengenal dunia di sekitarmu secara lebih luas lagi. Baik latar belakang, pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki orang lain, dapat menjadi bahan pembelajaran buat kamu.

Di samping itu, interaksi-interaksi yang kamu lakukan juga mampu memperluas jaringan pertemananmu. Bahkan, bisa juga menjadi tambahan koneksi dan relasi untuk sesuatu yang sedang kamu dalami dan rintis.

7. Suka kepo

chase-clark-509066-unsplashSource: Unsplash

Knowing every particular object alias kepo dalam hal ini maksudnya adalah selalu ingin tahu tentang hal-hal baru yang bisa dipelajari tentunya untuk kesuksesan kamu.

Kalau kamu punya rasa ingin tahu yang tinggi, kamu bisa lebih memiliki minat dan niatan untuk belajar lagi dan lagi.

8. Rajin baca buku

iam-se7en-657490-unsplashSource: Unsplash

“Buku adalah gudang ilmu”. Ungkapan tersebut sudah tak asing lagi di benakmu bukan?

Memang banyak manfaat istimewa membaca buku dan bahkan dapat menuntun kita menuju kesuksesan.

Tengok saja orang-orang sukses seperti Bill Gates yang membaca kurang lebih 50 buku setiap tahun. Juga Warren Buffet yang membaca sekitar 500 halaman per harinya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk meraih sukses.

The Success Principles(TM) - 10th Anniversary Edition

NONFIKSI

Passion for Success

NONFIKSI

Done is Better Than Perfect

NONFIKSI


Apakah kebiasaan-kebiasaan menuju puncak kesuksesan di atas sudah kamu miliki?


Header image source: Papasemar.com