Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Ketika Berpuasa

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Ketika Berpuasa

. 5 min read

Sesungguhnya menjalani puasa di bulan Ramadan selama sebulan penuh memberikan banyak manfaat, salah satunya pada kesehatan tubuh. Dari menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah darah tinggi, bahkan baik untuk kesehatan mental.

Sayangnya, sampai saat ini kita masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang secara sadar kita lakukan. Hal ini malah membuat puasa berbalik menjadi buruk pada kesehatan. Apa saja kebiasaan tersebut?

Sering Konsumsi Gorengan atau Manis-Manis untuk Berbuka

Betul, berbukalah dengan yang manis, tapi jangan terlalu sering minum atau makan yang manis banget! Kesegaran es dan rasanya yang manis, jika dikonsumsi berlebihan malah menyebabkan lonjakan gula dan bisa meningkatkan risiko diabetes.

kebiasaan
Sumber foto: Tribunnews

Bakwan, tahu, dan tempe, selalu menjadi primadona pada sajian buka puasa. Hati-hati ya, jangan sering-sering buka langsung pakai gorengan. Nikmatnya membuat kesehatanmu menurun, karena gorengan memiliki banyak lemah jenuh.

“Balas Dendam” Saat Berbuka

Seharian menahan haus dan lapar memang rasanya kepikiran mau makan ini itu saat berbuka. Makan berlebihan saat berbuka akan meningkatkan risiko masalah lambung, karena langsung memaksa perut bekerja keras setelah lebih dari 12 jam kosong.

kebiasaan
Sumber foto: Klikdokter

Dahulukan makanan ringan dahulu setelah adzan Magrib berkumandang, dan makan besar setelah salat Magrib atau tarawih. Terlalu banyak makan apalagi yang mengandung gula, akan membuatmu ngantuk dan mengganggu ibadahmu.


Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh


Langsung Tidur Setelah Sahur

Bangun pagi-pagi buat sahur rasanya masih ada rasa kantuk yang belum hilang. Jadilah bablas tidur kembali setelah sahur. Segera hindari hal ini karena akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan muncul masalah pada saluran cerna atas. Selain itu, jumlah oksigen dalam otak juga akan berkurang, dan makanan yang belum dicerna secara optimal akan berbalik ke kerongkongan.

kebiasaan
Sumber foto: Tribunnews

Dengan begitu, kamu akan rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit seperti stroke, maag, hingga refluks asam lambung (GERD). Jika kamu mau tidur kembali, selalu tunggu 2-3 jam setelah makan agar makanan yang dikonsumsi dapat dicerna tubuh dengan baik.

Minum Minuman Berkafein

Kopi dan teh menimbulkan efek diuretin yang memicu keinginan buang air kecil dan membuat cepat haus. Kafein juga membuat dinding lambung iritasi dan meningkatkan asam lambung.

kebiasaan
Sumber foto: Kompas.com

Kalau kamu masih mau konsumsi kopi atau teh, tunggu 2-3 jam setelah berbuka, boleh mengonsumsi satu gelas kopi saat sahur, dan jangan lupa seimbangi dengan perbanyak minum air putih.

Malas-Malasan

Tidak makan dan minum seharian bukan berarti kamu cuma tidur-tiduran. Selain membuat tubuh semakin lemas, malah akan membuat rasa lapar dan haus semakin besar.

kebiasaan
Sumber foto: Shutterstock

Daripada malas-malasan, coba membaca buku. Kamu bisa pilih buku sesuai genre yang kamu suka. Membaca buku banyak manfaatnya lho! Selain menambah wawasan, memperkuat daya ingat, dan meningkatkan rasa empati, baca buku apalagi mengulasnya di media sosial bisa memberikan kamu THR total Rp 4 juta!

Iya, beneran! Ikutan yuk #NgabubureadChallenge, baca bukumu dan ulas hasil bacaanmu setiap hari di media sosial bersama mimin Twitter dan Instagram Gramedia.com. Beberapa followers yang beruntung akan mendapatkan hadiah voucher Gramedia.com senilai Rp 1 juta dan Rp 500 ribu. Klik dan baca informasi selengkapnya pada gambar di bawah ini.

ArtikelKlik untuk Info Lebih Lengkap!

Admin mau kasih rekomendasi buku-buku kesehatan juga ah, biar puasa kamu jadi lebih sehat dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuhmu. Check this out!

The Complete Guide To Fasting

theBeli Sekarang!

Puasa jika dilakukan dengan tepat akan efektif memberikan hasil yang menakjubkan, apalagi untuk diet. Dokter spesialis ginjal terkenal dari Kanada, Jason Fung, bersama podcaster kesehatan, Jimmy Moore, menjelaskan tentang mengapa puasa sangat penting dan bagaimana cara berpuasa yang meningkatkan kesehatan pada buku ini.


Baca juga: 5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak


Jurus Sehat Rasulullah

jurusBeli Sekarang!

Rasulullah selalu menjaga kesehatannya secara optimal. Konsep-konsep pencegahan dan peningkatan kesehatan yang dijalankan beliau selalu berlandaskan pada wahyu Allah SWT dan membuatnya hanya dua kali mengalami sakit selama hidup. Konsep-konsep sehat itu dirangkum oleh Ustad Zaidul Akbar yang sukses memberikan info kepada banyak orang untuk memperbaiki kesehatan tubuh. Yuk, baca buku ini dan ikuti jurus Rasulullah dalam menjaga kesehatan.

Gaya Hidup Anti Virus Resep Jus, Smoothie & Minuman Rempah

gayaBeli Sekarang!

Daripada minum yang hanya memberikan efek buruk pada kesehatan, lebih baik kamu ikuti resep-resep yang dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dari buku ini. Apalagi sekarang kita masih dalam musim pandemi dan muncul berbagai virus baru. Buku ini membahas tentang cara praktis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga mudah untuk diterapkan.

Pintar Memilih Minuman Antiobesitas dan Diabetes

pintarBeli Sekarang!

Bagi yang buka puasa senangnya pakai es atau jus buah, bahkan boba milk tea, baca buku ini dulu yuk, karena akan diberi penjelasan tentang bagaimana jus dan boba bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana cara agar kamu mengerti memilih minuman, dan bisa mengantisipasi serta mencegah dampak buruk kesehatan yang mungkin muncul. Jadi, kamu bisa menikmati jus dan boba dengan lebih bijaksana deh!

Empon-Empon Penangkal Virus & Penambah Imunitas 40 Resep Wedang

emponBeli Sekarang!

Jahe, kunyit, temulawak, kencur, dan banyak lagi rimpang khas Nusantara telah terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh manusia dalam menangkal virus. Buku ini berisi 40 resep wedang empon-empon yang bahannya mudah dicari dan gampang dibuat. Yuk, lawan virus dengan minum dari resep-resep di buku ini!

Grameds, jangan lupa kalau sebulan penuh April ini, ada  flash sale setiap harinya. Langsung borong buku buruanmu!

promoKlik untuk Ikutan Flash Sale!

Dan ada yang nggak kalah spesial nih. Memasuki bulan Ramadan, Gramedia.com juga membagikan beragam diskon menarik!

GramediaKlik untuk Cek Promo Lebih Lanjut!

#BerbagiTanpaBatas


Sumber foto header: Klikdokter