6 Fakta Menarik yang Bikin Ingin Pergi ke Thailand

6 Fakta Menarik yang Bikin Ingin Pergi ke Thailand

. 5 min read

Hari libur lebaran adalah liburan yang memiliki masa liburan yang paling panjang di antara hari libur lainnya di Indonesia. Karena itulah hari lebaran adalah hari yang amat ditunggu-tunggu.

Hari libur yang panjang ini menjadi saat yang pas untuk berkumpul bersama keluarga untuk pergi berlibur ke tempat-tempat wisata baik di dalam ataupun di luar negeri. Jika ingin merasakan pengalaman berwisata ke luar negeri tapi bingung mau mulai pergi ke negara apa, Thailand adalah negara destinasi yang pas!

Berikut enam fakta menarik dari negeri gajah putih yang mungkin bisa membuat kamu semakin tertarik mengunjunginya.

1. Orang Thailand dapat Berbahasa Indonesia


Photo by Zoe Chen / Unsplash

Indonesia masuk ke dalam urutan teratas sebagai negara yang sering menghabiskan liburannya di Thailand. Maka dari itu tidak heran banyak tour guide lokal dan penjual barang di Thailand dapat berbahasa Indonesia dengan fasih.

Contohnya seperti di daerah wisata seperti Bangkok dan tempat wisata Wat Arun di Pattaya. Para penjual suvenir dan oleh-oleh di sana fasih bertransaksi menggunakan bahasa Indonesia dengan turis Indonesia. Hal ini sangat memudahkan penjual dan pembeli.

Selain itu tour guide yang sudah lama bekerja memandu turis di Indonesia juga fasih menggunakan bahasa Indonesia dalam menjelaskan tempat-tempat wisata di Thailand. Mereka mengaku belajar bahasa Indonesia langsung dari turis Indonesia sendiri yang sedang berjalan-jalan di Thailand. Selain bahasa Indonesia, bahasa mandarin juga banyak dikuasai oleh orang Thailand, sama seperti Indonesia, mereka belajar secara otodidak dari para turis yang datang ke Thailand.

Menurut pernyataan Tanes Petsuwan Deputy Governor of Marketing Communication, Tourism Authority of Thailand (TAT) dalam media briefing pembukaan Asean Tourism Forum, di Chiang Mai International Exhibition and Convention Centre (CMECC), Chiang Mai, Thailand, Rabu (24/1/ 2018). Sekitar 35 juta turis dari berbagai negara di dunia datang berlibur ke Thailand pada 2017. Tak heran jika sekarang ini Thailand adalah negara yang penghasilan terbesarnya berasal dari bidang pariwisata.

2.Keliling dunia di Kota Hua Hin

huahin
(Sumber: Google)

Jika berlibur ke Thailand, sebagian besar turis dan terutama tour travel agency pasti akan pergi dan membuat paket liburan ke tempat-tempat terkenal seperti Pattaya, Bangkok, atau Phuket. Baru-baru ini muncul destinasi baru yang wajib dikunjungi jika pergi ke Thailand.

Destinasi tersebut ada di Kota Hua Hin. Kota Hua Hin dulunya adalah kota yang tidak cukup terkenal akan pariwisatanya dan jarang sekali masuk ke dalam paket liburan Thailand. Namun, setelah dibangunnya Santorini dan The Venetian, Hua Hin menjadi semakin terdengar, terkenal, dan mulai masuk ke dalam paket liburan Thailand.

Santorini dan The Venetian adalah sebuah taman hiburan yang dibuat sedemikian rupa hingga sangat menyerupai pulau Santorini yang ada di Yunani dan Gondola di Italy. Suasana dan lingkungan di kedua objek wisatra tersebut sangat cocok menjadi tempat foto ala-ala. Selain itu, banyak juga wahana yang seru untuk dicoba.

Kota Hua Hin menjadi destinasi yang tepat jika para turis tidak menyukai keramaian. Kota Hua Hin belum seterkenal Bangkok atau kota besar lain yang sering dijadikan destinasi wisata. Maka sudah pasti Hua Hin masih belum ramai akan turis atau pengunjung.

4. Cabaret Show

IMG_9396

Selain terkenal dengan gajah putihnya, Thailand juga terkenal dengan cabaret show. Cabaret show terkenal dan paling bagus bisa kita lihat di Pattaya. Cabaret show menjadi pertunjukkan yang wajib ditonton oleh para turis, karena di dalam cabaret show kita akan melihat laki-laki yang sudah mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan yang benar-benar cantik sekali. Para turis yang berkunjung akan kebingungan membedakan mana wanita asli dan mana transgender.

Penggantian jenis kelamin di Thailand menjadi wajar karena diperbolehkan oleh negaranya. Tidak hanya laki-laki menjadi wanita, tetapi penggantian jenis kelamin dari wanita menjadi laki-laki juga sedang marak terjadi. Biaya operasi transgender dari pria menjadi wanita lebih murah dibandingkan wanita menjadi pria, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 41 jutaan dalam rupiah.

Transgender Thailand juga sudah banyak yang melakukan pernikahan. Pemerintah tidak melarang mereka untuk menikah ataupun bertransgender. Larangan yang tidak boleh dilakukan oleh para transgender hanyalah tidak boleh mengganti gender pada kartu identitas kewarganegaraan mereka.

5. Buah-buahan khas Thailand


Photo by Alice Young / Unsplash

Thailand mirip seperti Indonesia. Thailand memiliki tanah yang subur sehingga dapat menghasilkan hasil pertanian dan perkebunan yang memuaskan. Buah khas Thailand adalah mangga dan durian. Para turis dijamin akan menemukan buah tersebut di manapun mereka berada.

Mangga di Thailand berbeda dengan buah mangga di Indonesia. Jika mangga di Indonesia berwarna hijau kekuningan, mangga di Thailand berwarna kuning oranye yang sangat terang. Namun untuk rasanya, mangga di Thailand sama manisnya dengan mangga harum manis di Indonesia.

Thailand memiliki beberapa makanan khas yang terbuat dari mangga, yaitu mango sticky rice, Salad Mangga, dan juga King Mango atau Mango Tango yang merupakan jus mangga dengan campuran buah mangga dan krim kelapa. Di Indonesia jus mangga seperti King Mango dan Mango Tango ini sudah masuk dan booming di berbagai mall-mall terutama di Jakarta.

6. Meninggalnya Raja Thailand

king
(Anusak Laowilas/NurPhoto/Getty Images)

Raja Thailand belum lama meninggal dan kedudukannya digantikan oleh anaknya.

Bhumibol Adulyadej adalah raja ke-7 Thailand yang sangat dicintai seluruh masyarakat Thailand. Walaupun ia adalah seorang raja tetapi ia adalah raja yang rendah hati, menyayangi rakyatnya, dan ingin memajukan rakyat Thailand. Wafatnya Raja Bhumibol sangat menghancurkan hati rakyat thai. Sebagai penghormatan terakhir Raja, para penduduk Thailand menggunakan baju berkabung hitam selama kurang lebih seminggu, rakyat Thailand juga membagikan baju hitam untuk para penduduk yang tidak mampu atau tidak memiliki baju hitam untuk berkabung.

Rakyat Thailand melakukan penghormatan terakhir dengan datang ke acara kremasi sang raja yang diadakan selama tiga hari. Ada juga yang memotong rambut sebagai tanda penghormatan terakhir bagi sang raja. Selama masa kepemimpinannya, Raja Bhumibol memang terkenal akan kebaikan dan kerendahan hatinya. Maka, tidak heran hampir seluruh rakyat Thailand berbondong-bondong datang ke tempat kremasi sang raja di Bangkok.

Kepemimpinan Raja Bhumibol diteruskan oleh anak lelakinya bernama Vajilangkorn. Sayangnya, Vajilangkorn berbeda dengan ayahnya. Ia memang gagah dan tampan tapi juga seorang playboy. Walaupun begitu, ia terkenal sangat tegas dan dispilin. Thailand sangat menghormati raja-rajanya, sehingga tidak heran di setiap kota banyak terpampang wajah sang raja di billboard jalan.


Selain fakta-fakta di atas, Thailand juga memiliki fakta yang berkaitan dengan Indonesia, seperti suhu udara yang sama dengan Indonesia, rasa masakan dan lingkungan hidup Thailand juga hampir mirip dengan Indonesia, jadi pastinya bagi orang Indonesia akan lebih cepat untuk beradaptasi di Thailand.

Jadi, ayo ke negeri gajah putih!