9 Karya Haruki Murakami yang Diadaptasi ke Layar Lebar

9 Karya Haruki Murakami yang Diadaptasi ke Layar Lebar

. 3 min read

Buat kalian yang mengaku pecinta sastra, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Haruki Murakami. Penulis asal Jepang ini akan berusia tepat 70 tahun pada 12 Januari 2019 nanti.

Tak sedikit karya-karyanya yang mendunia. Sebut saja Norwegian Wood, Kafka on the Shore dan juga 1Q84.

Meski tak lagi muda, Haruki masih terus konsisten sebagai seorang penulis. Buktinya, sejak pertama kali menelorkan novel pada 1979 lalu, Haruki benar-benar memertahankan reputasi baiknya dengan terus mengumpulkan penghargaan hingga di tahun 2016 lalu.

Untuk urusan karya sastra tentunya sudah tak perlu ditanya lagi, karena judul-judul bukunya pasti sudah sangat familiar. Tapi apakah Grameds tahu, dari sekian banyak karyanya ternyata beberapa di antaranya telah diadaptasi menjadi film?

Bagi yang belum tahu, berikut Gramedia.com merangkum 9 daftar karya Haruki Murakami yang sudah dirilis menjadi sebuah film layar lebar ataupun film pendek.

1. Hear the Wind Sing

Tidak banyak yang tahu kalau Hear the Wind Sing adalah novel pertama Haruki Murakami yang rilis pada 1979. Novel ini kemudian diadaptasi menjadi film berdurasi satu jam 40 menit, disutradarai oleh Kazuki Omori pada 1981.

Buku ini adalah bagian pertama dari trilogy of the Rat diikuti oleh buku berjudul Pinball dan A Wild Sheep Chade. Buku Hear the Wind Sing bertemakan seseorang yang bertemu dengan orang-orang asing yang ternyata berpengaruh besar karena dapat mengubah pemikirannya tentang dunia.

2. Attack on the Bakery

Film ini diadaptasi dari cerita Haruki Murakami berjudul Attack on the Bakery. Bercerita tentang dua sahabat yang kelaparan dan berniat merampok toko roti dan berharap mereka bisa meredakan rasa lapar mereka.

Film pendek yang satu ini berdurasi 17 menit dan disutradarai oleh Naoto Yamakawa. Meski ada beberapa perubahan dari cerita aslinya, namun penggarapan film ini tetap menjadi sesuatu yang menarik perhatian para penggemar Haruki Murakami.

3. A Girl, She is 100%

Cerita pendek yang satu ini rilis pertama kali di tahun 1981, dan kemudian menjadi bagian dari buku kumpulan cerita berjudul The Elephant Vanishes yang rilis pada 1993 silam.

Cerita ini diadaptasi menjadi sebuah film pendek pada 1983, disutradarai Naoto Yamakawa dan berdurasi 11 menit di mana menceritakan tentang cinta yang tidak akan saling meninggalkan.

4. Tony Takitani

Setelah dipublikasikan pertama kali pada 1990 lalu, cerita pendek dengan judul Tony Takitani ini dimasukkan ke dalam dua kumpulan cerita pendek Haruki Murakami, yang pertama di The New Yorker yang rilis pada 2012 dan juga di Blind Willow, Sleeping Woman yang rilis pada 2006 lalu.

Pada 2004 sutradara Jun Ichikawa berhasil mengadaptasinya menjadi sebuah film berdurasi 75 menit. Menceritakan seorang pria yang merasa asing dengan hidupnya, karena namanya yang tak wajar bagi orang-orang di negara asalnya.

5. All God's Children Can Dance

All God's Children Can Dance pertama kali dipublikasikan pada 1999 lalu. Kemudian menjadi salah satu bagian dalam buku After the Quake yang rilis di 2002 lalu.

Cerita tersebut baru diangkat menjadi sebuah film layar lebar pada 2008 lalu dengan durasi 85 menit penayangan. Film ini disutradarai oleh Robert Logevall.

6. The Second Bakery Attack

Film pendek ini diadaptasi dari cerita pendek berjudul The Second Bakery Attack dari Haruki Murakami. Mirip dengan kisah Attack on the Bakery, namun yang ini tentang perampokan retoran cepat saji yang dilakukan oleh sepasang suami istri.

Film ini disutradarai oleh Carlos Cuaron dan dirilis pada 17 Oktober 2010 lalu di Meksiko. Meski hanya berdurasi 10 menit, film ini mendapat perhatian yang cukup besar dari penikmat film di Meksiko.

7. Norwegian wood

Norwegian Wood adalah salah satu karya Haruki yang mendunia. Buku ini pertama kali dirilis pada 1987 lalu di Jepang.

Baru pada 2010 lalu, Norwegian Wood diadaptasi menjadi sebuah film di bawah arahan sutradara Tran Anh Hung. Film berdurasi 133 menit ini mengisahkan perjalanan seorang pemuda romantis bernama Toru dan kisah-kisah pilunya semasa menjadi mahasiswa.

8. Burning

Film ini hasil adaptasi dari cerita pendek Haruki yang berjudul Barn Burning. Buku ini merupakan salah satu karya Haruki yang dipublikasikan pada 1983 silam di Jepang.

Film ini disutradarai oleh sineas asal Korea, Lee Chang Dong dan dibintangi oleh Yoo Ah In, Jeon Jong Seo dan Steven Yeun. Berkisah tentang pertemuan sepasang teman masa kecil, yang kemudian terlibat hal-hal misterius, setelah mereka bertemu dengan pria asing, yang akan menjadi kunci di cerita ini.

9. Hanalei Bay

Hanalei Bay adalah salah satu cerita pendek yang ada di dalam buku Mysteries of Tokyo, yang rilis pertama kali pada 2005 lalu. Buku ini terjual hingga 700 ribu eksemplar di negara asalnya, Jepang.

Hingga akhirnya pada 19 Oktober 2018 lalu, cerita ini resmi dirilis dalam versi filmnya. Film ini disutradari oleh Daishi Matsunaga dan dibintangi oleh artis ternama Yo Yoshida.

Ceritanya sendiri tentang seorang ibu yang harus mengalami duka setelah anak laki-lakinya meninggal dunia setelah diserang hiu saat sedang berselancar di Hanalei Bay.


Dari ke-9 film dan cerita-cerita di atas, adakah yang sudah pernah kamu baca atau saksikan? Atau jadi berminat membaca karya-karya Haruki Murakami lainnya? Yuk, langsung cek di Gramedia.com.


Sumber header foto: India Today