Kamu Anak IPA Tapi Bingung dengan Pelajarannya? Coba Baca Buku Ini!

Kamu Anak IPA Tapi Bingung dengan Pelajarannya? Coba Baca Buku Ini!

. 5 min read

Saat belajar di sekolah, kita akan menemukan pelajaran-pelajaran ilmu pasti, seperti matematika yang kadang sulit untuk dimengerti. Apalagi untuk kamu anak jurusan IPA, pelajaran ilmu nyata seperti fisika, biologi, kimia akan menjadi makanan sehari-hari. Mempersiapkan logika, menghafal rumus, menghitung cepat, wajib kamu kuasai. Tapi tenang dulu ya, karena pelajaran ini sebetulnya bisa kamu taklukan asal rajin berlatih, loh.

Ini saatnya kamu belajar dari buku yang diciptakan Larry Gonick. Pelajaran tersebut akan terasa lebih mudah dipahami, lebih asyik dibaca, berkat penuhnya kartun lucu dan penjelasan lewat percakapan tokoh-tokoh di dalamnya. Dialog percakapannya juga kerap disisipi humor. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengerti rumus atau konsep hanya dengan percakapan sehari-hari yang tertuang dalam buku ini.

Larry Gonick

Larry Gonick adalah kartunis asal Amerika Serikat yang juga anak lulusan Universitas Harvard dalam jurusan matematika. Ia mulai terkenal berkat karyanya pada Kartun Riwayat Peradaban, buku mengenai runtutan sejarah dunia berbentuk komik. Karena minatnya yang beragam, ia pun membuat buku panduan pada mata pelajaran lainnya.

Selain memberikan warna baru dalam mempelajari ilmu yang seringkali tidak disukai orang, Larry telah berhasil menuangkan keterampilannya untuk mengungkap misteri ilmu pengetahuan dalam karya-karyanya. Ia berhasil ‘memanusiakan’ ilmu-ilmu tersebut dengan jenaka sehingga mudah dipahami.

Ini dia buku-buku dari Larry Gonick yang bisa kamu pakai untuk belajar!

1. Kartun Kalkulus

Dahulu belajar matematika hanya melihat angka, pecahan, atau bangun ruang. Tapi semakin besar kenapa matematika jadi sarang kumpulnya angka, huruf, dan simbol-simbol lainnya jadi bersatu? Pasti kamu makin bingung menyelesaikan soalnya.

Buku ini akan menyajikan pelajaran kalkulus dari fungsi, limit, turunan, dan integral. Konsep-konsep tersebut disajikan secara menarik lewat jawaban para tokoh dalam bukunya. Lewat gambar ilustrasi dan humor yang membuat bahasanya jadi lebih ringan, kamu akan lebih mudah mengerti suatu pemahaman, konsep, serta kegunaan kalkulus.

Larry juga pernah mengajar kalkulus di Harvard, lho. Jadi, buku ini bukan hanya menjelaskan saja, tapi juga disertai banyak contoh dan latihan soal. Sangat pas untuk kamu yang ingin belajar atau sekadar ingin mencari hiburan yang berbobot.

kartunMulai Belajar Kalkulus dengan Mudah di Sini!

2. Kartun Aljabar

Jika kamu ingin memahami matematika, kamu perlu mengerti dari dasarnya. Dengan gambar kartun yang lucu, Larry Gonick akan menjelaskan operasi dasar dari tambah, kurang, kali, bagi. Dilanjutkan dengan membahas konsep persamaan dan peubah, sampai grafik dan kuadrat.

Nggak perlu takut, semua dijelaskan dengan bahasa yang asyik dan humor. Ada juga banyak contoh sehari-hari ditambah dengan latihan soal, jadi cocok banget buat kamu para pelajar. Sambil belajar, sambil dapat hiburan!

kartunMulai Belajar Aljabar dengan Mudah di Sini!

3. Kartun Fisika

Selain logika harus jalan, kamu juga harus mampu menggabungkan rumus matematika dengannya. Fisika, yang sebenarnya mengambil soal dari kehidupan sehari-hari, tapi kok rasanya rumit untuk dipahami.

Buku ini membahas teori kecepatan, percepatan, ledakan, listrik dan magnet, rangkaian, relativitas, dan banyak lagi lainnya. Tak perlu takut, karena tentunya semua itu dibahas lewat percakapan tokoh dan ilustrasi, yang mampu membuat kita membayangkan suatu hal kejadian.

Ada tokoh yang akan mengajak kita melihat kegiatan sehari-hari, namun dengan pandangan fisika. Dengan begitu kamu akan paham dari dasar dan tak sekadar menghafal rumus saja. Gambarnya akan membantu imajinasi kita terbentuk, sehingga logika pemahaman kita terhadap fisika akan tercapai.

kartunMulai Belajar Fisika dengan Mudah di Sini!

4. Kartun Kimia

Kimia juga kadang jadi momok susahnya pelajaran-pelajaran di jurusan IPA. Tabel periodik wajib dihafalkan agar tak gagal dalam praktik di laboratorium.

Mungkin kamu sering mendengar istilah-istilah kimia, seperti formalin, boraks, arsenik, antioksidan, nuktir, dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu itu bentuknya seperti apa? Asalnya dari mana? Kok bisa berpengaruh dalam hidup kita? Yup, dengan buku ini kamu tak lagi sekadar menghafal nama namun tahu dari dasarnya!

Dengan ilustrasi dan bahasa yang sederhana serta jenaka, buku ini menjelaskan sejarah dan dasar-dasar kimia, seperti teori atom, pembakaran, tarutan, stoikiometri reaksi, mot, dan entropi. Cocok bagi kamu yang mau tahu lebih dalam tentang kimia!

kartunMulai Belajar Kimia dengan Mudah di Sini!

5. Kartun Biologi

Biasanya nih, anak IPA akan datang ke laboratorium untuk membedah kodok atau mempelajari hal lain yang berkaitan dengan makhluk hidup. Bingung nggak tuh bedahnya? Hihi.. Atau kamu juga bingung bagaimana cara kerja DNA dan tubuh manusia? Bersama buku ini kamu tak sekadar belajar biologi, tapi juga dihibur oleh biologi!

Dari pembahasan mengenai cara kerja sel, keajaiban dalam gen, siklus metabolisme, hingga reproduksi, semua topiknya sangat informatif mengenai sains kehidupan. Semua konsep biologi disampaikan dengan sederhana, namun tetap informatif berkat gambar-gambar yang membantu kamu memahami kehidupan alam ini.

kartunMulai Belajar Biologi dengan Mudah di Sini!

Selain dari buku Kartun Biologi, mungkin kamu bisa tambah buku Kartun Genetika, untuk mempelajari mutasi genetik dan konsep ilmu genetika modern maupun klasik lainnya.

kartunMulai Belajar Genetika dengan Mudah di Sini!

Nah, itu dia buku-buku yang asyik banget buat kita menambah ilmu. Jangan menyerah hanya dari satu buku pelajaran sekolah saja ya Grameds. Buku-buku ini bisa kamu jadikan pilihan, agar lebih mengerti pelajaran-pelajaran yang mungkin menurutmu killer ini, hehe..

Buku ini juga bisa menjadi pelengkap dari buku bahan ajar kalian. Sangat cocok untuk kamu yang pemula dan ingin belajar, atau bagi yang sudah terjun namun pemahamannya masing ‘bolong-bolong’.

Masih ada buku lainnya dari Larry Gonick yang bisa kamu pelajari. Seperti buku Kartun (Non) Komunikasi yang cocok untuk anak-anak jurusan bahasa atau komunikasi. Buku Kartun Statistik agar kamu jago menyajikan data, mengerti probabilitas, cara mengambil sampel atau menguji hipotesis, yang cocok untuk kalian para peneliti ataupun mahasiswa.

Info tambahan! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kamu bisa nikmati dan temui banyak promo menarik yang sedang berlangsung di Gramedia.com dengan klik gambar di bawah ini. Promonya dijamin asyik-asyik!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil di beberapa toko Gramedia yang tersebar di Jabodetabek, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Selamat belajar, Grameds! Percayalah kamu akan bangga jika sudah memahami segalanya!


Sumber foto header: smamda.sch.id