Kaleidoskop Gramedia.com: 10 Buku Nonfiksi Terlaris 2019

Kaleidoskop Gramedia.com: 10 Buku Nonfiksi Terlaris 2019

. 4 min read

Menjelang berakhirnya tahun 2019, kami mengumpulkan judul buku-buku yang paling banyak dibeli selama tahun ini. Ada tiga kategori yang kami buat: nonfiksi, fiksi, dan buku anak.

Kali ini, kami mendaftar 10 buku bergenre nonfiksi terlaris selama 2019 versi Gramedia.com. Dari buku masak sampai buku pengembangan diri, inilah daftar buku-bukunya.

10. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Goodbye,
Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang karya Fumio Sasaki

Paham minimalisme sudah menjamur beberapa tahun terakhir ini. Paham ini mengajarkan para penganutnya untuk hidup sederhana. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak diperlukan seperti yang dilakukan oleh Fumio Sasaki. Ia kemudian menuangkan pengalaman dan tips minimalisnya dalam buku Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang.

9. Home Cooking Ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Home
Home Cooking Ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

Kamu percaya dengan kekuatan media sosial? Di era digital ini, media sosial seperti Instagram menjadi medium ampuh untuk menarik minat masyarakat. Salah satu yang menggunakannya adalah seorang ibu rumah tangga dengan akun Instagram @xanderskitchen. Ia menuangkan lebih dari 100 resep masakan dalam buku Home Cooking Ala Xander’s Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram.

8. Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta

Jika
Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta karya Alvi Syahrin

Buku ini jadi salah satu buku yang dicari-cari sepanjang tahun 2019 karena masuk jajaran best-seller bulanan Gramedia.com selama beberapa kali. Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta karya Alvi Syahrin ini terbit pada Desember 2018 dan sudah cetak ulang beberapa kali. Buku ini berisi kisah-kisah motivasi tentang percintaan dengan beberapa selipan ayat-ayat suci Alquran.

7. Bicara Itu Ada Seninya

Bicara
Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang

Beberapa dari kamu merasa sulit untuk berbicara dengan orang lain. Menurut Oh Su Hyang, berbicara itu ada seninya. Ia mengungkap rahasia komunikasi yang efektif melalui karyanya yang berjudul Bicara Itu Ada Seninya. Buku ini menerangkan metode-metode komunikasi yang efisien sesuai dengan tujuannya—apakah itu murni komunikasi, persuasi, atau negosiasi.

6. Filosofi Teras

Filosofi
Filosofi Teras karya Henry Manampiring

Terbit November 2018, buku karya Henry Manampiring ini menyabet penghargaan Book of the Year 2019 dari IKAPI. Filosofi Teras berisi pemahaman tentang stoisisme, sebuah ajaran yang membantu mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang Tangguh dalam menghadapi naik-turunnya kehidupan. Sepertinya, buku ini memang cocok dibaca oleh siapa saja. Kamu sudah baca?

5. Rahasia Magnet Rezeki (Edisi Revisi)

Rahasia
Rahasia Magnet Rezeki karya Nasrullah

Bagaimana caranya menarik rezeki yang baik? Buku ini sepertinya bisa menjawab pertanyaan itu secara komprehensif. Rahasia Magnet Rezeki karya Nasrullah ini memiliki pandangan bahwa segala hal adalah “energi” dan dengan bekerja keras, kita dapat menciptakan energi baik. Dari situlah magnet rezeki muncul. Buku ini akan menjabarkan caranya.

4. Cooking with Love Ala Dapur Momychaa

Cooking
Cooking with Love Ala Dapur Momychaa karya Icha Irawan

Satu lagi buku masak yang jadi masuk daftar best-seller Gramedia.com selama 2019: Cooking with Love Ala Dapur Momychaa. Buku ini berisi 110 resep masakan yang ditulis oleh ibu rumah tangga yang tinggal di Australia. Karena tertarik dengan dunia kuliner, perempuan yang memiliki akun Instagram @icha.irawan ini akhirnya membuka katering rumahan khas masakan Indonesia.

3. Mommyclopedia 567 Fakta tentang MPASI

Mommyclopedia
Mommyclopedia 567 Fakta tentang MPASI karya dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K)

Masuk tiga besar, ada buku parenting berjudul Mommyclopedia 567 Fakta tentang MPASI karya dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K). Dalam buku ini, pembaca akan diberi pengenalan tentang apa itu MPASI yang merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI dan bagaimana MPASI menjadi nutrisi yang tepat agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Mommyclopedia: Tanya-Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Mommyclopedia:
Mommyclopedia: Tanya-Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak karya dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K)

Paling laris kedua ada buku yang juga karya dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) berjudul Mommyclopedia: Tanya-Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. Buku ini merangkum tanya-jawab tentang nutrisi pada anak-anak yang kerap ditanyakan oleh para orangtua. Dibawakan dengan Bahasa singkat dan sederhana, buku ini bisa dibaca berbagai kalangan keluarga.

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Sebuah
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson

Dan, buku paling laris sepanjang tahun 2019 adalah Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson. Dari judulnya, buku ini begitu mengundang karena banyak orang overthinking terhadap segala hal. Sikap bodo amat dibutuhkan agar hidup lebih bahagia dan cara-caranya bisa didapatkan pada buku ini.