Dijamin Betah! Ini Dia 8 Kafe yang Pas untuk Menyendiri Sembari Baca Buku

Dijamin Betah! Ini Dia 8 Kafe yang Pas untuk Menyendiri Sembari Baca Buku

. 4 min read

Sekarang ini banyak kafe sudah menjamur di mana-mana, khususnya ibu kota dan daerah sekitarnya. Namun, belum tentu semuanya menawarkan ketenangan dan kenyamanan yang diinginkan pengunjung. Apalagi jika kamu sedang mencari tempat menyendiri, terlebih untuk membaca buku tanpa ada “gangguan”.

Maka dari itu, Gramedia.com sudah merangkum 8 kafe yang cocok untuk menyendiri sembari membaca buku. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Kopi Manyar

Tempat ngopi ini terletak di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan. Unik dari kafe-kafe lain di sekitarnya, Kopi Manyar memiliki desain arsitektur minimalis yang mengusung warna monokrom dan unsur kayu. Ternyata, perancang bangunannya terdiri dari empat orang arsitek yang sekaligus pemilik Kopi Manyar.

Suasana kafenya sejuk dan nyaman, harum semerbak kopinya pun menenangkan. Kopi Manyar cocok untuk kamu yang ingin santai baca buku ditemani secangkir kopi dan camilan.

Just come and visit. Order, pay, take a comfy seat then voilà!

2. One Fifteenth

Selain berlokasi di Jakarta (Gandaria, Menteng, Museum Macan, dan Kemang), One Fifteenth Coffee juga hadir di Bali. Masing-masing memiliki atmosfer yang berbeda.

Misalnya One Fifteenth Coffee di Gandaria dan Kemang bertema minimalis dengan nuansa kayu. Sementara yang di Menteng, lebih mengangkat konsep rumahan dan ada area duduk yang dikelilingi taman kecil.

Untuk kopi yang dihidangkan di One Fifteenth Coffee tak perlu ditanya lagi rasa dan kualitasnya. Pun minuman non kopi, makanan ringan ataupun makanan beratnya. Semua terasa nikmat.

Kalau kamu sedang ingin cari suasana baru untuk baca buku, boleh banget nih melipir ke One Fifteenth Coffee!

3. Kopi Praja

Satu lagi tempat ngopi yang cozy untuk bersantai di daerah Bintaro. Kopi Praja hadir dengan konsep Scandinavian yang minimalis. Warna yang digunakan dominan putih dan pastel, memperlihatkan suasana hangat dan cerah.

Berada di kedai kopi ini serasa sedang bersantai di rumah sendiri. That’s why you should come and visit Kopi Praja.

Selain kopi yang nikmat, kamu juga bisa memaksimalkan kenyamananmu dengan memesan berbagai camilan enak di sini.

4. Kopi Kalyan

“Halo, Ngopi Yuk!”, begitulah kamu disambut oleh tulisan yang mungkin bisa dibilang sebagai slogannya Kopi Kalyan. Area duduk di kafe ini terbilang lapang dan nyaman dengan pencahayaan yang baik. Kopi Kalyan tampak tepat bagi kamu yang ingin membaca buku dengan santai.

Variasi menu kopi dan hidangan ringan di Kopi Kalyan patut diacungi dua jempol, ditambah dengan harganya yang bersahabat. Buka dari jam 7 pagi, Kopi Kalyan terletak di dua lokasi, yakni Senopati dan BSD. Let’s get comfortable here!

5. BUTFIRST Coffeeshop

Tidak semua orang bisa membaca di segala macam suasana. Ada yang merasa nyaman membaca saat ambience di sekitarnya lengang. Salah satu tempat di Jakarta untuk kamu yang mencari ketenangan adalah BUTFIRST Coffeeshop.

Kedai kopi yang berada di daerah Darmawangsa ini tampak seperti rumah dengan interior yang mengusung perpaduan antara kebudayaan Jepang dan tradisional Indonesia.

Kamu bisa baca buku dalam suasana teduh sambil menyeruput kopi. Juga tersedia beberapa macam pastry sebagai teman minum kopi di sini. Yuk, mampir!

6. WINC Collaborative Space & Cafe

Kali ini, tempat cozy untuk membaca buku berada di kawasan Gading Serpong, Tangerang yang bernama WINC Space. Desain interiornya sendiri mengambil konsep modern dan minimalis. Selain berupa kafe, tempat ini juga menyediakan working space yang nyaman.

Kamu juga bisa fokus beraktivitas sambil menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan WINC Space. Memang bukan kafe dengan spesialisasi menu kopi, but you still can grab a cup of coffee here. Suasananya pun layaknya rumah sendiri. Lebih-lebih, ada area tempat duduk sofa. What a place!

7. Giyanti Coffee Roastery

Kafe ini berlokasi di daerah Menteng, tepatnya di seberang Pasar Antik Jalan Surabaya. Letaknya agak tersembunyi, kamu perlu berjalan menyusuri semacam lorong. Sesampainya di Giyanti Coffee Roastery, kamu akan disuguhi oleh desain eksterior dan interior yang bisa dibilang aesthetic.

Selain kopi dan hidangan pelengkap yang nikmat, tempat ini juga menawarkan suasana tempat tempo doeloe yang nyaman. By the way, kafenya cuma buka hari Selasa hingga Sabtu dari pukul 9.30 sampai 17.30.

So, what are you waiting for? Siapkan segera buku favoritmu untuk dibawa ke Giyanti Coffee Roastery!

8. Crematology

Last but not least, satu lagi kafe yang patut direkomendasikan adalah Crematology. Terdapat di tiga lokasi berbeda, yaitu Senopati, Puri Indah, dan Cilandak. Desain interiornya tampak bergaya industrial modern yang kental akan nuansa kayu rustic, serta padanan cahaya lampu beraksen kuning.

Atmosfer yang diciptakan kafe ini begitu teduh dan nyaman, pas untuk kamu yang sedang mencari saat tenang untuk menyendiri. Crematology juga menawarkan berbagai pilihan kopi nikmat dan makanan ringan yang enak. Rasanya bakal betah deh berlama-lama di sini.

Let’s chill with a cup of coffee and your favorite book!


Itulah 8 kafe yang pas untuk jadi referensi kamu menyendiri sembari membaca buku. Kafe yang akan kamu datangi duluan?

Oh iya, kira-kira buku apa aja nih yang akan kamu ajak ke sana? Sekiranya masih bingung, kamu bisa cari referensi bukunya di Gramedia.com.


Header image source: istock